... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Klaim Bunuh Musa Abu Dawud, Petinggi AQIM di Libya

KIBLAT.NET, Tripoli – Amerika Serikat mengumumkan kematian tokoh Al Qaidah di Libya, Musa Abu Dawud dalam serangan udara akhir pekan lalu. Serangan tersebut terjadi di daerah dekat perbatasan Aljazair, Niger dan Chad.

US Africa Command (AFRICOM) pada Rabu (28/03/2018) mengumumkan bahwa Dawud tewas dalam serangan udara 24 Maret di Ubari atau daerah yang dikenal dengan Awbari. “Saat ini laporan operasional dan dampak kerusakan pertempuran sudah selesai sepenuhnya. AFRICOM dapat mengkonfirmasi kematian Dawud,” demikian keterangan yang dikutip oleh The Long War Journal.

Departemen Luar Negeri AS secara resmi menambahkan Dawud ke daftar Teroris Global pada Mei 2016. Menurut informasi AS, Dawud mulai terlibat jihad pada tahun 1992 dalam gerakan jihad di Aljazair. Pada tahun 2007, ia bergabung dengan Al Qaidah cabang Afrika atau yang saat ini dikenal Al Qaeda in The Islamic Maghreb (AQIM).

“Peran Dawud memberikan dukungan logistik, pendanaan dan senjata kepada AQIM,” lanjut AFRICOM.

Menurut USAF Mayor Karl Wiest dikutip dari AFIRCOM Media Relations, serangan yang menewaskan Dawud adalah yang kedua yang dilakukan di Libya pada tahun 2018. Sedangkan menurut data yang dihimpun oleh The Long War Journal, pada tahun lalu terdapat 12 kali serangan AS di Libya.

Puncaknya terjadi pada tahun 2016. Di mana AS melancarkan 497 serangan di Libya. Sebagian besar serangan itu terjadi di Sirte. Sejak akhir operasi itu, serangan terus bergerak ke arah selatan. Pada November 2017, pasukan AS pernah melakukan dua serangan terpisah di Fuqaha, sekitar 500 km di selatan Sirte.

Serangan terhadap Dawud, sejauh ini merupakan kawasan paling selatan yang diincar oleh AS. Pada Juni 2015, pesawat tempur AS menargetkan pertemuan yang diadakan oleh Ansar Al Sharia Libya, kelompok Al Qaidah. Sementara laporan pers mengklaim bahwa Mokhtar Belmokhtar, seorang veteran jihadis dan pemimpin puncak di AQIM, terbunuh. Namun AQIM dan Al Murabitoon membantah laporan tersebut. Ansar al Sharia mengumumkan bahwa beberapa anggotanya tewas.

Sumber: The Long War Journal
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Maklumat Lengkap MUI Sumbar terkait Larangan Cadar

Maklumat itu dikeluarkan setelah timbul indikasi untuk mengkaitkan bercadar dengan paham radikalisme.

Kamis, 29/03/2018 16:21 0

Indonesia

Bebaskan Lahan, AQL Islamic Center Gelar Sujud Syukur

Arrohman Qur'anic Learning (AQL) Islamic Center baru saja membebaskan lahan yang selama ini menjadi markas mereka dengan nilai Rp26 miliar

Kamis, 29/03/2018 16:19 0

Indonesia

Dari Medan hingga Makassar, KAMMI Gelar Demo Kenaikan BBM

Kenaikan harga BBM menggerakkan para mahasiswa menggelar aksi demo di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang menggelar demo sejak dua hari lalu.

Kamis, 29/03/2018 12:56 0

Indonesia

947 Bibit Bambu Ditanam Sebagai Ikhtiar Hijaukan Bumi

Pakar bambu Ir. Pon Purajatnika berharap aksi penanaman bibit bambu ini bisa mewujudkan ketahanan air, dan bisa menampung air meski kemarau tiba.

Kamis, 29/03/2018 11:39 1

Indonesia

Mahasiswa Riau Demo Pertamina, Ajukan Dua Tuntutan

Dua kesepakatan ini kemudian ditulis dalam selembar kertas dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Surat tersebut juga termuat materai 6000.

Kamis, 29/03/2018 11:11 0

Indonesia

Penjelasan Yusril Kenapa Alfian Tanjung Tak Layak Dipidana

Alfian Tanjung didakwa ke pengadilan dengan tuduhan melakukan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kamis, 29/03/2018 10:31 0

Indonesia

Kemenag Kembangkan Layanan Haji dan Umroh Berbasis Elektronik

Ia menjelaskan, prinsip kerja SIPATUH memberi ruang bagi jamaah untuk dapat memantau rencana perjalanan ibadah umrahnya. Semuanya dapat dipantau sejak mendaftar di biro haji hingga kembali ke tanah air.

Kamis, 29/03/2018 07:39 0

Indonesia

Jaringan Mahasiswa Indonesia Desak Jokowi Copot Puan dan Pramono

"Mendesak KPK untuk tangkap dan adili Puan Maharani dan Pramono Anung yang terindikasi menerima anggaran Proyek E-KTP, masing-masing sebesar USD 500 ribu dari orang kepercayaan Setiya Novanto yaitu Made Oka Masagung dari pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong," katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Rabu (28/03/2018).

Kamis, 29/03/2018 07:29 0

Indonesia

Banyak Penipuan, Penyelenggara Umrah Diwajibkan Terapkan Sistem Syariah

"Misalnya penjualan dengan skema Ponzi, penggunaan dana talangan yang berpontensi menjerat jamaah dan lainnya," katanya.

Kamis, 29/03/2018 06:47 0

Indonesia

Kasus Dugaan Gratifikasi Uang Duka Cita Keluarga Siyono akan Terus Ditagih

Kasus Dugaan Gratifikasi Uang Duka Cita Keluarga Siyono akan Terus Ditagih

Rabu, 28/03/2018 23:09 0

Close
CLOSE
CLOSE