... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

947 Bibit Bambu Ditanam Sebagai Ikhtiar Hijaukan Bumi

Foto: Penanaman bambu oleh Sinergi Foundation

KIBLAT.NET, Garut – Sebanyak 947 bibit bambu ditanam dalam Aksi Penanaman Pohon oleh Sinergi Foundation di Gunung Pabeasan Desa Putrajawa Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Rabu (28/03/2017). Menurut CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia, acara ini merupakan ikhtiar memelihara bumi yang digerakkan melalui integrasi program Lumbung Desa, Green Kurban, dan Green Akikah.

Green Kurban dan Green Akikah sendiri merupakan sebuah program, di mana setiap kurban atau akikah yang dikeluarkan, sekaligus pula ditanam 1 pohon. Ima memaparkan, penanaman ini adalah untuk menyalurkan amanah para donatur yang tergabung dalam program tersebut. Sinergi Foundation sengaja memilih bambu, sebab tanaman tersebut salah satu alternatif menyelamatkan bumi.

“Bambu mampu mencegah erosi tanah, yang menyebabkan bencana alam. Bambu juga sangat bermanfaat sebagai filter air ketika sebagai tanaman hidup maupun ketika bambu dibuat arang untuk memfilter air menjadi jernih,” kata Ima.

Sementara itu, arsitek sekaligus pakar bambu Ir. Pon Purajatnika berharap aksi penanaman bibit bambu ini bisa mewujudkan ketahanan air, dan bisa menampung air meski kemarau tiba. Pon menerangkan, Selaawi memiliki tanah yang begitu hijau, namun saat musim kemarau tiba, ada sejumlah titik yang tak memiliki sumber mata air.

“Nah penanaman bambu ini semoga menjadi solusi. Kita tak bisa sendiri, harus saling bahu membahu agar hasilnya bisa berbuah manfaat, semoga Allah meridhai langkah kita,” kata Pon yang sekaligus diamini para pendengarnya.

BACA JUGA  Baleg DPR Targetkan 150 UU Rampung di Periode 2019-2024

Namun, Sinergi Foundation sendiri mengaku tak ingin berhenti sampai di sana. Diakui Ima Rachmalia ingin budidaya bambu ini menjadi sumber pendapatan warga sekitar dengan konsep pemberdayaan.

“Setelah penanaman ini, pengolahan bambu harus terus dikembangkan, agar masyarakat bisa merasakan nilai tambah dari bambu. Mereka bisa membuat produk dari bambu seperti aneka produk souvenir, kerajinan tangan, bungkus makanan, bahkan pangan rebung di rumah makan,” pungkasnya.

Sumber: Sinergi Foundation
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “947 Bibit Bambu Ditanam Sebagai Ikhtiar Hijaukan Bumi”

  1. hendra

    bagus itu. tapi kalau di tanam buah2an yang sesuai peruntukan sepertinya lebih bermanfaat lagi.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Nasib Jaisyul Islam di Ghouta Timur Belum Jelas

Jaisyul Islam mengirim surat kepada negara-negara Dewan Keamanan menginformasikan isi proposal mereka kepada Rusia. Proposal itu sebagai solusi terbaik menurut Jaisyul Islam untuk Ghouta Timur.

Kamis, 29/03/2018 09:06 0

Amerika

Al-Qaidah: Musuh Utama Kami Masih Amerika Serikat

“(Secara tidak langsung) kebijakan-kebijakan Amerika dan pemimpin pasukan salib mereka yang culas, tidak diragukan lagi merupakan klarifikasi bahwa cara paling efektif dalam menghadapi agresi mereka adalah dengan jalan dakwah dan jihad,” kata adz-Dzawahiri.

Kamis, 29/03/2018 06:24 0

Analisis

Invasi Pimpinan Amerika Tak Hasilkan Apapun Kecuali Bencana

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya 15 tahun lalu meluncurkan pembukaan kampanye militer untuk menghancurkan Iraq dengan mimpi mengubah wajah Timur Tengah selamanya.

Rabu, 28/03/2018 15:30 0

Video Kajian

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah (2)

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah

Rabu, 28/03/2018 14:55 0

Palestina

Infeksi Pernafasan, PM Israel Netanyahu Dilarikan ke Rumah Sakit

Serangkaian tes menunjukkan pria berusia 68 tahun itu menderita infeksi virus minor pada saluran pernapasan bagian atas.

Rabu, 28/03/2018 14:34 0

Manhaj

Siyasah Syariyyah: Jujur dan Tepat dalam Mengukur Mudharat

Menjelang musim Pemilu, kata “mudharat” yang secara mudahnya berarti “bahaya,” menjadi titik silang perdebatan antara kelompok cobloser dan golputer

Rabu, 28/03/2018 13:00 0

Rusia

Heboh Pengusiran Diplomat Oleh AS dan UE, Rusia Siapkan Aksi Balasan

AS mengumumkan serangkaian tindakan yang mengejutkan, yaitu pengusiran terhadap para diplomat Rusia. Tindakan Washington ini oleh Duta Besar Jon Huntsman digambarkan sebagai yang terbesar dalam sejarah.

Rabu, 28/03/2018 11:50 0

Asia

Hindari Riba, Sebuah Lembaga Islam di India Beri Pinjaman Tanpa Bunga

The Islamic Welfare Society Bhatkal memberikan pinjaman tanpa bunga kepada mereka yang membutuhkan. Uang yang dipinjamkan berasal dari dana masjid.

Rabu, 28/03/2018 11:14 0

Suriah

Kloter Ketiga Rombongan Pejuang dan Sipil Tinggalkan Ghouta Timur

Kloter ketiga ini, menurut jaringan berita oposisi Shaam Network, terdiri dari 105 bis. Bis-bis itu membawa sekitar 7000 orang, 1620 di antaranya pejuang bersenjata. Konvoi ini dikawal tujuh mobil ambulan.

Rabu, 28/03/2018 08:57 0

Afrika

UEA Bangun Pangkalan Militer Ilegal di Somalia

Osman meminta delegasi Somalia menyeru Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan khusus untuk membahas perkembangan terakhir di Somalia sehingga menghasilkan langkah-langkah yang tepat untuk menghentikan pelanggaran UEA.

Rabu, 28/03/2018 07:38 0

Close