... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

UEA Bangun Pangkalan Militer Ilegal di Somalia

Foto: Militer UEA

KIBLAT.NET, Washington – Duta Besar PBB untuk Somalia, Abukar Osman, Selasa (27/03), menyesalkan pelanggaran Uni Emirat Arab (UEA) atas resolusi Dewan Keamanan Somalia, yang didokumentasikan dalam laporan komite khusus negaranya.

Osman meminta delegasi Somalia menyeru Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan khusus untuk membahas perkembangan terakhir di Somalia sehingga menghasilkan langkah-langkah yang tepat untuk menghentikan pelanggaran UEA.

Dia menjelaskan bahwa UEA telah membangun pangkalan militer ilegal di Somalia. Pelanggaran itu bermula dua tahun lalu saat UEA meneken kesepakatan dengan pemerintah lokal Somalia untuk membangung pangkalan militer di Berbera. Kesepakatan ini tidak meminta persetujuan Pemerintah Federal Somalia.

Kelompok Ahli dari Komite Sanksi untuk Somalia dan Eritrea menegaskan dalam laporan tahunan terakhirnya bahwa pembangunan pangkalan itu berlanjut. Pembangunan pangkalan yang pasti berlanjut pada penempatan peralatan militer dan pasukan akan melanggar embargo senjata yang dialami Somalia.

Delegasi Somalia itu menambahkan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh UEA di Somalia adalah pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional, Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan aturan hubungan internasional serta kerjasama internasional. Oleh karena itu, Pemerintah Federal Somalia menyerukan kepada Dewan Keamanan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, sesuai dengan mandatnya untuk menjaga perdamaian dan keamanan.

Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri Somalia, Ahmed Awad, mengatakan dalam sebuah pernyataan eksklusif kepada Al-Jazeera bahwa setiap perjanjian dengan pihak lain selain pemerintah federal adalah pelanggaran terhadap kedaulatan Somalia.

BACA JUGA  Mali Buka Saluran Komunikasi dengan Kelompok-kelompok Jihadis

“(Kesepakatan tersebut) ilegal. Itu sama saja mencederai kedaulatan dan integritas Somalia,” pungkasnya.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Saksi Joko Sugito Tak Tahu Aman Abdurrahman Amir JAD

"JAD yang saya tau diketuai oleh Zainal Anshori, dan saya ditunjuk menjadi Amir JAD Kalimantan Timur, seusai acara daurah Dai di Malang pada tahun 2015. Dalam pelantikan itu, Aman tidak ada di sana. Saya pun sebenarnya tidak tau apa itu JAD, dan datang ke Malang karena ada undangan dari Zainal dalam rangka Daurah da'i," jelas Joko.

Rabu, 28/03/2018 06:58 0

Indonesia

Bank Wakaf Mikro Diharapkan Mampu Kurangi Kemiskinan

Niken memaparkan, dalam tiga tahun terakhir, kemiskinan telah menurun meski hanya 0,9 %. Dia berharap, dengan hadirnya BWM tersebut bisa semakin menurunkan kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia.

Selasa, 27/03/2018 22:30 0

Indonesia

Mantan Napi Terorisme: Menjelekkan Pemerintah Ciri Wahabi

Mantan Narapidana Terorisme, Sufyan Tsauri menyebutkan beberapa sifat yang menginikasikan kelompok wahabi. Ia menyebutkan bahwa salah satu ciri pemahaman wahabi adalah jika tidak mengkafirkan orang kafir dan ragu atas kekafirannya maka ia juga termasuk orang kafir .

Selasa, 27/03/2018 22:17 4

Indonesia

MUI Jatim: Ahlussunnah di Suriah Harus Bersatu Lawan Assad

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH. Abdussomad Buchori memberikan tanggapan terkait konflik Suriah yang telah berlangsung selama tujuh tahun.

Selasa, 27/03/2018 18:10 0

Indonesia

Baru Terbit, Peraturan Menteri Agama Larang Biro Umroh Pakai Sistem Ponzi

Peraturan Menteri Agama melarang penerapan paket umrah dengan sistem Ponzi, sistem berjenjang, investasi bodong dan sejenisnya

Selasa, 27/03/2018 17:00 0

Indonesia

MUI Jatim: Jika Condong ke Syiah, Buku 57 Khutbah Jumat Harus Diwaspadai

Kajian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jember menyebut buku berjudul 57 Khutbah Jumat condong kepada ajaran Syiah

Selasa, 27/03/2018 16:34 0

Indonesia

Advokat GNPF Sudah Prediksi PK Ahok Bakal Ditolak

Ahok melalui penasihat hukumnya mengajukan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung atas kasus penodaan agama yang dilakukannya.

Selasa, 27/03/2018 15:15 0

Indonesia

Disponsori Baintelkam Polri, Diskusi Terorisme di Paramadina Dikritik

Diskusi bertema Membentengi Pemuda dari Paham Radikalisme dan Terorisme digelar PIEC bekerja sama dengan Yayasan Jalin Perdamaian dan Badan Intelejen Keamanan (Baintelkam) Polri

Selasa, 27/03/2018 14:41 2

Indonesia

Bibel Ajarkan Orang Masuk Islam, Ini Penjelasan Pakar Kristologi

"Intinya di ayat 21, kalimat sederhananya adalah perkataan Yesus sendiri bahwa 'Kalau kalian panggil aku sebagai Tuhan, maka kalian tidak akan masuk surga'," katanya.

Selasa, 27/03/2018 13:46 0

Indonesia

BEM UR: Premium Langka Ketika Harga Pertalite Naik

Rinaldi mengatakan bahwa masyarakat terpaksa menggunakan Pertalite, karena Premium sangat sulit ditemukan di seluruh SPBU yang ada di Provinsi Riau.

Selasa, 27/03/2018 11:41 0

Close