... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saksi Joko Sugito Tak Tahu Aman Abdurrahman Amir JAD

Foto: Suasana persidangan Aman Abdurrahman

KIBLAT.NET, Jakarta – Terpidana Kasus Bom Thamrin, Aman Abdurrahman, kembali menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (27/03). Sidang kali ini menghadirkan saksi Amir Jamaah Anshorud Daulah (JAD) Kalimantan Timur, Joko Sugito alias Abu Adam.

Setelah disumpah dan ditanyai perihal biodatanya, Majelis Hakim menanyai Joko yang sudah divonis tujuh tahun penjara atas kasus pelemparan bom gereja di Samarinda ini mengenai hubungan dan perkenalannya dengan Aman Abdurrahman.

“Pertama kali mengenal ustadz (Aman) pada saat beliau mengisi dauroh atau pengajian di Balikpapan pada tahun 2010. Ustadz memberikan materi Tauhid dengan buku karangannya bernama ‘Seri Tauhid’ sebagai panduan,” ungkap Joko.

Lebih lanjut, hakim ketua bertanya terkait hubungannya dengan Jama’ah Anshorud Daulah (JAD), yang disebut diketuai oleh Aman Abdurrahman.

“JAD yang saya tau diketuai oleh Zainal Anshori, dan saya ditunjuk menjadi Amir JAD Kalimantan Timur, seusai acara daurah Dai di Malang pada tahun 2015. Dalam pelantikan itu, Aman tidak ada di sana. Saya pun sebenarnya tidak tau apa itu JAD, dan datang ke Malang karena ada undangan dari Zainal dalam rangka Daurah da’i,” jelas Joko.

Joko menegaskan bahwa daurah di Malang pada awalnya bertujuan membahas materi tentang Tauhid dan tidak membahas masalah peperangan atau kekerasan. Namun di akhir acara, digelar acara pelantikan pengurusan JAD. Zainal Anshori dilantik sebagi ketua umum dan saya, kata Joko, ditunjuk sebagai Amir JAD Kalimantan Timur.

BACA JUGA  Ahmad Riza Patria Terpilih Menjadi Wagub DKI Jakarta

“Dalam pelantikan pengurus JAD, saya tidak merespon dan tidak bertanya lebih lanjut. Dan ketika kembali ke Kaltim, JAD ini tidak saya bawa pulang, tidak aktif, dan tidak pernah ada komunikasi lagi,” aku Joko.

Zainal Ansori sendiri telah divonis tujuh tahun penjara karena terlibat penyerangan pos polisi di Tuban.

Hakim kembali menanyai saksi perihal keterlibatan Aman Abdurrahman dalam pelantikan itu, apakah terdakwa menyampaikan pesan suara, rekaman, atau bahkan video pendek tentang dirinya.

“Tidak ada Aman, yang melantik adalah Zainal Anshori. Di kepengurusan yang dibacakan juga tidak ada nama Aman Abdurrahman,” tukasnya.

Sebelumnya, Aman didakwa mengarsiteki Bom Gereja Oikumene di Samarinda tahun 2016, Bom Thamrin (2016) dan Bom Kampung Melayu (2017) di Jakarta, serta dua kasus penembakan polisi di Medan dan Bima (2017).

“Dia aktor intelektual di semua teror itu peristiwa yang mengakibatkan korban meninggal,” kata Jaksa Anita Dewayani usai sidang di PN Jakarta Selatan, Kamis (15/02).

Dalam dakwaan, Jaksa menyebut ceramah dan ‘kajian’ keagaman Aman Abdurrahman mempengaruhi sejumlah orang yang kemudian menjadi para pelaku teror yang menjadikan polisi dan tentara sebagai sasaran serangan.

Perlu dicatat, kasus-kasus yang didakwakan itu terjadi saat Aman mendekam di lapas Nusakambangan. Dia didakwa mengendalikan aksi-aksi itu di dalam sel. Lapas Nusakambangan sendiri dikenal penjara dengan pengamanan super ketat.

BACA JUGA  Kemensos: Ahli Waris Korban Covid-19 Terima Santunan 15 Juta

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Kritik Internasional, Aktivis Suriah Buat Video “Eksekusi” Ala ISIS

“Eksekusi terhadap jurnalis dan sipil sebelumnya telah mendorong mereka membentuk koalisi internasional untuk memukul organisasi ini (ISIS), akan tetapi kejahatan yang dilakukan Rusia, Hizbullah, Iran dan rezim Assad terhadap sipil, yang sampai pada taraf kejahatan kemanusiaan, masyarakat internasional tidak bergerak sama sekali,” ungkapnya

Selasa, 27/03/2018 20:22 0

Yaman

Bunuh Rabbi Israel, Keberanian Pejuang Hamas Dipuji Al-Qaidah Yaman

AQAP menyebut Jarrar sebagai pewaris syuhada dan ikon para jihadis. Jarrar juga disebut menjadi teladan bagi orang Palestina dalam memerangi Israel.

Selasa, 27/03/2018 17:38 0

Yaman

Pemberontak Hutsi Serang Masjid dan Sekolah di Heis

Pemberontak Syiah Hutsi meluncurkan rudal yang menargetkan kawasan pemukiman, masjid dan sekolah di Distrik Heis, Al-Hudaydah.

Selasa, 27/03/2018 11:15 0

Amerika

Penembak 6 Jamaah Masjid Quebec Merasa Tak Bersalah

Seorang pria Kanada menyatakan tidak bersalah setelah membunuh enam jamaah Muslim di sebuah masjid di Quebec City pada 2017. Ia menolak semua dakwaan jaksa, menurut laporan BBC pada Selasa (27/03/2018).

Selasa, 27/03/2018 10:45 0

Video Kajian

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah (1)

KIBLAT.NET – Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah. Krisis Suriah belum memperlihatkan titik terang sampai...

Selasa, 27/03/2018 10:10 0

Arab Saudi

Pasca Serangan Rudal Balistik Hutsi, Saudi Ancam Iran

Maliki mengatakan bahwa rudal-rudal yang diluncurkan oleh Hutsi ke beberapa kota Saudi, di antaranya jenis Qiyam, Zalzal dan Syiyad. Seluruh jenis rudal itu merupakan buatan Iran.

Selasa, 27/03/2018 09:11 0

Video Kajian

Mengapa Kita Diperintah Untuk Bersama Orang yang Siddiq?

Mengapa Kita Diperintah Untuk Bersama Orang yang Siddiq? Pertanyaan sederhana bagi hamba-Nya darai At-Taubah: 119 itu adalah apa dan siapa orang-orang yang benar (siddiq) itu? Sehingga kita diperintah oleh-Nya untuk bersama mereka? Simak ulasannya berikut ini!

Selasa, 27/03/2018 09:00 0

Video Kajian

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Ghouta Suriah?

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Ghouta Suriah? Ada sejatinya yang terjadi terhadap kaum muslimin di Ghouta, Suriah? Apa motif di balik serangan rezim? Simak ulasannya dalam kajian berikut ini!

Selasa, 27/03/2018 08:49 0

Suriah

Jaisyul Islam Bantah Sepakati Tinggalkan Ghouta Timur

saat ini tengah berlangsung negosiasi dengan Rusia bertujuan untuk tetap di Duma, bukan keluar dari kota. Ia juga menuduh rezim berupaya mengubah demografi Ghouta Timur dengan mengusir warga untuk diganti penduduk baru.

Selasa, 27/03/2018 07:06 0

Tarbiyah Jihadiyah

Syair “Akhi Anta Hurrun”, Teladan Keteguhan dari Sayyid Qutb

Salah satu syair yang begitu dalam maknanya adalah karya Sayyid Qutb rahimahullah. Sebuah syair yang mengajarkan keteguhan dan makna perjuangan.

Selasa, 27/03/2018 05:02 0

Close