Jaisyul Islam Bantah Sepakati Tinggalkan Ghouta Timur

KIBLAT.NET, Damaskus – Jaisyul Islam, Senin (26/03), membantah telah menjalin kesepakatan dengan Rusia untuk meninggalkan Ghouta Timur. Faksi berideologi “salafi” itu merupakan faksi terakhir yang masih bertahan di Ghouta, tepatnya di kota Duma.

Dalam wawancara dengan Al-Jazeera, Ketua Kantor Politik Jaisyul Islam, Muhammad Allous, mengatakan, pernyataan Rusia bahwa kami sepakat menyerahkan senjata dan meninggalkan Ghouta Timur merupakan perang psikologis. Sementara pasukan Suriah terus membombardir lingkungan pemukiman di kota Duma di Ghouta timur di pedesaan Damaskus.

Stanislav Mahmidov, wakil kepala departemen operasi Rusia di Suriah, mengumumkan kesiapan militan di kota Duma, Suriah, sepakat meletakkan senjata dan meninggalkan kota itu secepat mungkin.

Sebelumnya, Jaisyul Islam mengatakan bahwa para pejuangnya tidak akan meninggalkan kota Doma, yang dikendalikannya. Komandan Jaisyul Islam, Essam Bouhayani, mengatakan dalam rekaman suara yang disiarkan di Internet bahwa faksi-nya “tetap” dan tidak akan keluar, mengingat bahwa kehadiran pejuang dekat Damaskus adalah kemenangan bagi revolusi Suriah, dan bahwa kekuatan ini harus dipertahankan.

Pada bagiannya, juru bicara Komite Staf Jaisyul Islam, Hamzah Bairaqdy, dalam pernyataan audio mengatakan bahwa saat ini tengah berlangsung negosiasi dengan Rusia bertujuan untuk tetap di Duma, bukan keluar dari kota. Ia juga menuduh rezim berupaya mengubah demografi Ghouta Timur dengan mengusir warga untuk diganti penduduk baru.

Patut dicatat, Jaisyul Islam merupakan organisasi militer Suriah oposisi yang dibentuk selama revolusi Suriah. Mereka termasuk faksi terbesar oposisi Suriah bersenjata. Jaisyul Islam juga terlibat dalam sejumlah negosiasi internasional dan gerakan politik oposisi.

BACA JUGA  Banjir Terjang Ratusan Tenda Pengungsi Suriah di Idlib

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat