... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kiai Cholil: Islam Menjadi Rahmatan Lil Alamin Ketika Diterapkan

Foto: KH Cholil Ridwan

KIBLAT.NET, Jakarta – Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Cholil Ridwan, mengkritik pihak-pihak yang kerap menyuarakan “Islam rahmatan lil alamin” namun tidak mengetahui maknanya. Ia menegaskan, Islam menjadi rahmat bagi semesta alam ketika Islam diterapkan.

“Saya sering dengar pejabat ngomong Islam rahmatan lil alamin. Mereka ngomong, jangan-jangan nggak tau artinya, dikira pantun. Sebab, Islam menjadi rahmatan lil alamin itu ketika Islam diterapkan,” katanya di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Rabu (21/03/2018).

Ia mencontohkan, Islam sebagai rahmat saat umat Islam melakukan haji atau umroh. Menurutnya, umat Islam yang melakukan haji atau umroh dilarang membunuh tumbuhan atau binatang.

Nggak usah masalah hukum, masalah ibadah saja. Ketika ihram, kita nggak boleh bunuh tumbuhan. Dan rahmat Islam bukan untuk orang Islam, tapi untuk seluruh manusia,” jelasnya.

Kiai Cholil, demikian ia akrab disapa, menceritakan bahwa suatu ketika dia sedang bersama Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab. Ketika itu, Habib Rizieq mengungkapkan bahwa dirinya pernah ditelepon oleh seorang istri orang kafir yang berada di Aceh.

Istri tersebut mengatakan kepada Habib Rizieq bahwa sang suami dari istri selalu pulang sore ketika penerapan hukum Islam di Aceh.

“Kata istri tersebut, suaminya dulu suka pulang malam, uang habis buat judi, dan mulutnya bau alkohol. Sekarang sebaliknya. Jadi yang merasakan rahmat Islam juga pada orang kafir,” tukasnya.

BACA JUGA  Kemenag Berharap Jamaah dari Indonesia Bisa Berangkat Umrah

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Kiai Cholil: Islam Menjadi Rahmatan Lil Alamin Ketika Diterapkan”

  1. Khalid R

    Benar sekali Ustadh…bagaiman bisa “Islam menjadi rahmatan lil alamin” kalau/kapan dibawah ‘Pancasila’?!

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Boleh Memperbanyak Puasa di Bulan Rajab, Asalkan…

Hadits ini –kalaupun shahih- menunjukkan dianjurkannya berpuasa pada bulan-bulan Haram. Maka, barangsiapa berpuasa di bulan Rajab ini, lalu dia juga berpuasa di bulan-bulan Haram lainnya, maka hal itu tidak mengapa. Sedangkan jika dikhusukan berpuasa pada bulan Rajab, maka tidak dibenarkan dalam syariat.

Rabu, 21/03/2018 17:45 0

Amerika

Dianggap Tak Efektif, Senat AS Evaluasi Teknik Interogasi CIA

Interogator CIA mengintimidasi para tahanan dengan ancaman akan menyakiti keluarga mereka. Termasuk ancaman untuk menyakiti anak-anak mereka, ancaman pelecehan seksual terhadap ibu mereka, dan ancaman untuk menggorok seorang ibu tahanan.

Rabu, 21/03/2018 17:07 0

Amerika

Paket Bom Secara Berkala Hantui Texas, Pelaku Masih Diselidiki

Sebuah paket berisi bom meledak di pusat layanan kurir FedEx yang mencederai satu pekerja di dekat San Antonio, Texas pada Selasa (20/03/2018). Sebelumnya, serangkaian ledakan juga terjadi di ibu kota Austin bulan ini.

Rabu, 21/03/2018 14:34 0

Iran

Iran Bantah Tuduhan Pangeran Salman, Sembunyikan Hamzah bin Ladin

Pangeran Mohammad mengatakan dalam sebuah wawancara dengan televisi CBS bahwa Iran melindungi operasi Al-Qaeda, termasuk beberapa kerabat Osama bin Laden.

Rabu, 21/03/2018 09:30 0

Amerika

Senat AS Tolak Cabut Dukungan terhadap Saudi dalam Konflik Yaman

Hasil pemungutan suara di Senat menunjukkan mayoritas anggota menolak resolusi dengan jumlah suara 55 anggota. Sementara anggota yang mendukung lebih sedikit, hanya 44 suara.

Rabu, 21/03/2018 07:58 0

Suriah

Lagi, Pejuang Ghouta Timur Serang Balik Militer Suriah

Pejuang saat ini juga hampir menyatukan kembali wilayah kontrol di Kota Harasta dan Duma. Dua kota yang dikendalikan pejuang itu terpisah sepekan lalu setelah rezim meluncurkan serangan sengit, yang dikawal kekuatan udara.

Rabu, 21/03/2018 07:07 0

Amerika

Tak Ada Putusan DK PBB yang Lindungi HAM di Suriah

"Konflik Suriah dicirikan oleh pengabaian mutlak terhadap prinsip dan hukum yang paling dasar," kata Pangeran Zeid.

Selasa, 20/03/2018 17:30 0

News

Indonesia Promosikan Konsep Kerjasama Indo Pasifik

Konsep Indo Pasifik selalu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam setiap kunjungan internasionalnya

Selasa, 20/03/2018 16:52 0

Suriah

Berlindung di Gedung Sekolah, Belasan Anak Ghouta Jadi Korban Jet Rusia

gedung sekolah itu dihantam dengan tiga misil. Lantai paling dasar dijadikan warga tempat berlindung dari serangan udara.

Selasa, 20/03/2018 15:55 0

Opini

Direktur Baru CIA, Intel Berdarah Dingin?

Dunia dan Amerika dikejutkan dengan keputusan Donald Trump menunjuk Gina Haspel sebagai direktur baru CIA menggantikan Mike Pompeo yang saat ini menduduki jabatan sebagai menteri luar negeri. Hal ini menimbulkan reakasi di kalangan senator AS.

Selasa, 20/03/2018 10:46 0

Close
CLOSE
CLOSE