... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Konsep Kerjasama Indo Pasifik Tak Bertujuan Rusak Ekonomi Cina dan AS

Foto: Siswo Pramono saat berbincang dengan awak media

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Badan Pengawas dan Pengkaji Kebijakan (BPPK) Kemenlu, Siswo Pramono, menuturkan bahwa konsep Indo Pasifik sebagai politik luar negeri Indonesia akan mengangkat konteks Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal itu sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri East Asia Summits, tahun 2014.

“Sehingga dalam perkembangan selama empat tahun itu penting bagi Indonesia meluaskan politik luar negeri hingga Asia Pasifik dan Samudra Hindia. Maka kita perlu mempromosikan pilar poros maritim Indonesia ini,” katanya usai acara Diplomatic Forum, Gedung RRI, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Siswo menjelaskan, visi Indo Pasifik harus inklusif (menyeluruh) menyatukan kekuatan yang berada di dua wilayah itu. Utama kekuatan yang berperan adalah ASEAN, lantaran ASEAN menjadi Soko guru politik luar negeri Indonesia. Selanjutnya, baru ada kekuatan Amerika, Rusia, Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, India dan Newzeland.

“Kita promosikan pilar maritim Indonesia ini kepada mereka, baik dari pengembangan budaya maritim, ekonomi maritim dan pertahanan maritim. Sehingga tugas kita adalah mengelola kekayaan lautan bukan lagi darat,” ujarnya.

Siswo menilai, potensi pertumbuhan ekonomi melalui Indo Pasifik sangatlah besar. “Setidaknya potensi ekonomi dari seluruh negara itu ditotal mencapai 43,5 triliun dan akan terus berkembang.”

Dia menjelaskan perkembangan itu dilihat lantaran pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia mencapai 5-10% . Begitu juga Asia menjadi pusat perekonomian dunia. Permasalahannya adanya kekuatan negara-negara adidaya dengan kepentingan masing-masing seperti Amerika dan Cina.

BACA JUGA  Puan Jadi Ketua DPR, Pengamat Politik: Terpilih Belum Tentu Terbaik

“Potensi konflik selalu ada, di mana Cina sedang melaju pesat di sisi lain ada Amerika pemain lama. Sehingga belum tentu ada kerukunan antar negara adidaya, maka peran kita adalah merukunkan mereka agar membangun kawasan perekonomian,” tuturnya.

Siswo menjelaskan kerukunan itu dibangun melalui persatuan forum bisnis yang sudah terbangun antara dua wilayah itu. Sehingga konsep Indo Pasifik ini bukan justru untuk merusak perekonomian Cina atau Amerika.

“Melalui Indo Pasifik ini kita cocokkan ke dua kekuatan itu dengan kerukunan maka akan terbangun kawasan perekonomian yang besar bahkan melebihi Uni Eropa di mana Asia Pasifik dan Hindia kaya akan bonus alam,” pungkasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Iran Bantah Tuduhan Pangeran Salman, Sembunyikan Hamzah bin Ladin

Pangeran Mohammad mengatakan dalam sebuah wawancara dengan televisi CBS bahwa Iran melindungi operasi Al-Qaeda, termasuk beberapa kerabat Osama bin Laden.

Rabu, 21/03/2018 09:30 0

Amerika

Senat AS Tolak Cabut Dukungan terhadap Saudi dalam Konflik Yaman

Hasil pemungutan suara di Senat menunjukkan mayoritas anggota menolak resolusi dengan jumlah suara 55 anggota. Sementara anggota yang mendukung lebih sedikit, hanya 44 suara.

Rabu, 21/03/2018 07:58 0

Suriah

Lagi, Pejuang Ghouta Timur Serang Balik Militer Suriah

Pejuang saat ini juga hampir menyatukan kembali wilayah kontrol di Kota Harasta dan Duma. Dua kota yang dikendalikan pejuang itu terpisah sepekan lalu setelah rezim meluncurkan serangan sengit, yang dikawal kekuatan udara.

Rabu, 21/03/2018 07:07 0

Amerika

Tak Ada Putusan DK PBB yang Lindungi HAM di Suriah

"Konflik Suriah dicirikan oleh pengabaian mutlak terhadap prinsip dan hukum yang paling dasar," kata Pangeran Zeid.

Selasa, 20/03/2018 17:30 0

Suriah

Berlindung di Gedung Sekolah, Belasan Anak Ghouta Jadi Korban Jet Rusia

gedung sekolah itu dihantam dengan tiga misil. Lantai paling dasar dijadikan warga tempat berlindung dari serangan udara.

Selasa, 20/03/2018 15:55 0

Opini

Direktur Baru CIA, Intel Berdarah Dingin?

Dunia dan Amerika dikejutkan dengan keputusan Donald Trump menunjuk Gina Haspel sebagai direktur baru CIA menggantikan Mike Pompeo yang saat ini menduduki jabatan sebagai menteri luar negeri. Hal ini menimbulkan reakasi di kalangan senator AS.

Selasa, 20/03/2018 10:46 0

Afghanistan

Berdalih Targetkan Taliban, Militer Afghan Tewaskan 7 Warga Sipil

Penduduk setempat menolak klaim Gresback bahwa pejuang Taliban terbunuh dalam serangan tersebut. Ketika mereka berdemonstrasi, polisi justru menembaki mereka sehingga menewaskan satu dan melukai dua pengunjuk rasa.

Selasa, 20/03/2018 09:46 0

Suriah

Rezim Jatuhkan Bom Klaster, Pejuang Suriah Tolak Menyerah di Ghouta Timur

Penduduk setempat dilaporkan mengungsi dengan cara apa saja yang bisa mereka lakukan. Tetapi sebagian warga ada juga yang terjebak di tengah pertempuran dan berada pada situasi yang berisiko tinggi.

Senin, 19/03/2018 18:20 1

Suriah

Ini Peta Konflik Suriah Terkini

Sejak tahun 2011, konflik Suriah telah memakan korban hingga 465.000 jiwa, lebih dari satu juta orang mengalami luka, dan sekitar 12 juta jiwa mengungsi - setara dengan pupalasi penduduk Suriah menjelang pecahnya konflik.

Senin, 19/03/2018 17:38 0

Suriah

Kejinya Rezim Assad, Gunakan Kekerasan Seksual Sebagai Senjata Perang

“Kekerasan seksual terhadap perempuan dan laki-laki digunakan untuk memaksa korban membuat pengakuan, mengorek informasi, menghukum, dan meneror warga sipil pendukung oposisi,” kata laporan tersebut.

Senin, 19/03/2018 15:50 0

Close