... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Indonesia Promosikan Konsep Kerjasama Indo Pasifik

Foto: Acara Diplomatic Forum dengan tema Indo-Pasifik

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintahan Indonesia tengah mempromosikan konsep Indo Pasifik ke berbagai negara Asia Pasifik. Konsep hubungan antar negara lintas kawasan itu selalu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam setiap kunjungan internasionalnya.

Jokowi telah memperkenalkan konsep Indo Pasifik saat berkunjung ke Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan pada Januari lalu. Hal itu juga disampaikannya pada saat pertemuan ASEAN-Australia pekan lalu.

Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Andre Omer Siregar mengatakan konsep Indo Pasifik ini adalah terobosan Indonesia untuk meningkatkan perekonomian negara Asia Pasifik. Kerjasama itu melibatkan peran negara-negara yang tergabung di ASEAN utamanya, dan negara maju lainnya Amerika, Rusia, China dan Australia.

“Konsep kerjasama ini juga diharapkan menjadikan lebih adilnya pembangunan arsitektur kawasan, serta terbuka dan transparan bagi terciptanya kawasan yang damai, stabil dan sejahtera,” kata Andre dalam acara Diplomatic Forum di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Dia menjelaskan Indo Pasifik menjadi perhatian yang sangat besar bagi Indonesia di Tahun 2018 ini. Andre mengaku banyak kalangan mempertanyakan manfaat Indo Pasifik bagi Indonesia. “Keuntungan kita dengan konsep Indo Pasifik ini adalah perdamaian, keamanan dan tentunya kemakmuran,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Pengawas dan Pengkaji Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri Siswo Pramono menuturkan konsep Indo Pasifik yang digalang Indonesia sudah lama dibuat, tepatnya pada 2012 silam. Dalam perjalanannya, saat ini Indonesia tidak akan megambil keuntungan sendiri, melainkan akan berbagi dengan ASEAN. Karenanya diharapkan ASEAN akan bersatu dan memperkuat pemahaman mengenai konsep Indo Pasifik usulan Indonesia.

BACA JUGA  Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

Sementara, Direktur Program INDEF, Berly Martawardaya menilai ide Indo Pasifik tersbeut merupakan upaya mempersatukan kerjasama antara tiga kekuatan, yaitu negara-negara kawasan ASEAN, Pasifik dan Hindia. “Sehingga dengan kerjasama gabungan ini akan memperkuat segala hubungan politik luar negeri antar negara, baik di bidang ekonomi, pendidikan, budaya dan lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ahli Sebut UU Ormas Lebih Mundur dari Orde Baru, Ini Alasannya

Indra juga menyoroti kalimat "Dan lain-lain" yang tercantum dalam UU Ormas. Dia menyebut kalimat itu sebagai mandat kosong yang haram digunakan dalam perumusan undang-undang.

Selasa, 20/03/2018 16:50 0

Indonesia

KontraS: Ironis, Jokowi Beri Tempat Strategis kepada Penjahat HAM Masa Lalu

Jokowi yang menempatkan aktor-aktor penjahat hak asasi manusia (HAM) masa lalu pada posisi strategis di pemerintahan

Selasa, 20/03/2018 16:14 0

Indonesia

Romo Magnis Sebut Larangan Azan di Papua Karena Sentimen Anti-Pendatang

Budayawan Franz Magnis Suseno menyebut sikap Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura (PGGJ) yang melarang azan dan syiar Islam lainnya karena sentimen terhadap pendatang.

Selasa, 20/03/2018 14:29 0

Indonesia

Wacana Kredit Pendidikan Munculkan Kekhawatiran di Masyarakat

Mustolih Siradj, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta memandang wacana student loan atau kredit pendidikan memunculkan kekhawatiran di masyarakat.

Selasa, 20/03/2018 13:53 0

Opini

Direktur Baru CIA, Intel Berdarah Dingin?

Dunia dan Amerika dikejutkan dengan keputusan Donald Trump menunjuk Gina Haspel sebagai direktur baru CIA menggantikan Mike Pompeo yang saat ini menduduki jabatan sebagai menteri luar negeri. Hal ini menimbulkan reakasi di kalangan senator AS.

Selasa, 20/03/2018 10:46 0

Indonesia

Anshor Kendal Imbau Warga Serahkan Kasus Pembacokan Kiai Zainuri ke Polisi

"Kami menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa korban," katanya kepada kiblat.net pada Senin (19/3/18).

Selasa, 20/03/2018 09:46 0

Indonesia

Bantu Polisi, Anshor Bentuk Tim Investigasi Kasus Penganiayaan Kiai Zainuri

"Harapannya, kasus ini dapat diungkap seterang-terangnya sehingga tidak menjadi opini di masyarakat yang dapat menganggu kerukunan," terangnya.

Selasa, 20/03/2018 09:08 0

Indonesia

Kasus Siyono Belum Tuntas, Densus Seperti Dapat Proteksi Paripurna

"Karena makin lama, bau amisnya ini kan tidak akan bisa ditahan lagi," ungkapnya.

Selasa, 20/03/2018 08:32 0

Indonesia

KontraS Kecam Larangan Cadar di Lembaga Pendidikan

"Membatasi seorang perempuan dalam berpakaian itu sikap yang melanggar HAM, dan itu sikap yang akhirnya berdampak pada hak asasi mahasiswa untuk berpendidikan," ungkapnya.

Selasa, 20/03/2018 07:45 0

Indonesia

Kondisi Kiai Zainuri Membaik, Namun Masih Lemas

"Alhamdulillah kondisi sekarang beliau sudah membaik, cuma KH Zaenury itu menghabiskan banyak darah di lengannya," ujarnya kepada kiblat.net pada Senin (19/3/18).

Selasa, 20/03/2018 07:24 0

Close