... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Afrin Jatuh ke Tangan Turki dan FSA

Foto: Letak kota Afrin berbatasan langsung dengan Turki. Sebelumnya kota ini dikontrol milisi Kurdi Suriah

KIBLAT.NET, Aleppo – Pasukan oposisi Suriah mengumumkan, Ahad (18/03), berhasil merebut seluruh kota Afrin dari tangan milisi Kurdi YPG. Kemenangan ini diraih setelah oposisi dukungan Turki itu masuk dari sisi timur dan barat kota, yang diiringi gempuran udara pasukan Turki.

Jaringan berita Suriah, Shaam Network, mengutip dari sumber di lapangan, mengatakan bahwa faksi-faksi Free Syria Army (FSA) dan tentara Turki berhasil mengendalikan seluruh kota Afrin di utara Aleppo. Kemenangan itu dipastikan setelah milisi Kurdi YPG melarikan diri menuju wilayah kontrol rezim.

Mereka juga mengutip sumber yang mengatakan bahwa milisi YPG mencoba menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia dengan mencegah mereka meninggalkan Afrin ke daerah yang aman. Namun, posisi pasukan FSA yang sudah mengepung pusat kota itu sehingga tak ada pilihan lagi bagi mereka kecuali mundur.

Di sisi lain, juru bicara unit Kurdi di Afrin, Broussak Hasaka, mengatakan bahwa tentara Turki melancarkan pemboman udara dan artileri bersamaan dengan upaya pasukan FSA menyerbu kota Afrin dari darat.

Sebelumnya, pasukan FSA dilaporkan menyerang pusat Afrin dari sisi timur dan barat pada Ahad pagi. FSA merebut kawasan-kawasan pusat pemerintahan setelah terlibat pertempuran sengit. Serangan ini terjadi beberapa saat setelah komandan FSA, Saif Abu Bakar, mengatakan bahwa pertempuran mengusir milisi YPG dari Afrin akan diluncurkan beberapa jam ke depan.

BACA JUGA  Patroli Gabungan AS-Turki di Suriah Dimulai

Pernyataan Abu Bakar itu dibarengi dengan laporan bahwa posisi pasuan FSA dengan pusat kota Afrin hanya 200 meter. Afrin sudah terisolasi menyusul direbutkan 13 desa yang berada di sekitarnya.

Militer Turki sendiri menambah kekuatan seiring semakin dekatnya pertempuran di pusat Afrin. Pasukan tambahan ini untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan gagalnya pertempuan di kota itu.

Menurut sumber militer mengatakan bahwa bala bantuan tiba di negara bagian Hatai di Turki selatan dari berbagai unit militer di negara tersebut. Dia menjelaskan bahwa bala bantuan termasuk mekanisme militer untuk memperkuat unit militer yang ditempatkan di perbatasan dengan Suriah.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Larangan Azan di Papua Picu Ketegangan antar Agama

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas memberikan komentar soal imbauan Persekutuan Gereja-gereja Jayapura yang melarang azan ke keluar masjid. Menurutnya, larangan tersebut bisa memancing ketegangan antar umat beragama.

Ahad, 18/03/2018 22:49 0

Indonesia

Azan Dipermasalahkan, Sekjen MUI: Lonceng Memangnya Nggak Ganggu?

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas tidak setuju bila Persekutuan Gereja-gereja Jayapura (PGGJ) melarang azan karena dianggap tidak toleransi kepada umat agama lain. Sebab, ia menilai bunyi lonceng gereja juga mengganggu.

Ahad, 18/03/2018 22:39 0

Indonesia

Sekjen MUI Minta Pemerintah Tindak Tegas PGGJ

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menekankan supaya pemerintah harus menindak tegas Persekutuan Gereja-gereja Jayapura (PGGJ) yang melarang syiar-syiar Islam di Jayapura, Papua.

Ahad, 18/03/2018 22:29 1

Indonesia

PGGJ Larang Azan, Sekjen MUI: Jangan Salahkan Umat Islam Bergerak

Sekjen Majelis Ulama Indonsia (MUI), Anwar Abbas memepertanyakan alasan Persekutuan Gereja-gereja Jayapura (PGGJ) yang melarang syiar Islam di Jayapura, Papua.

Ahad, 18/03/2018 22:26 0

Indonesia

FMDKI Gelar Temu Aktivis Dakwah Nasional

Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) akan menggelar Temu Aktivis Dakwah Kampus Nasional (TADKN). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darut Tauhid, Jalan Geger Kalong No 67 Geger Kalong kota Bandung, 17–18 Maret 2018.

Ahad, 18/03/2018 20:21 0

Indonesia

Panglima TNI: Waspadai Potensi Ancaman Melalui Perbatasan Negara

Letak geografis wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain, sangat berpotensi masuknya berbagai ancaman antar lintas negara, seperti Narkoba, Terorisme dan penyelundupan barang ilegal.

Ahad, 18/03/2018 14:14 0

Suara Pembaca

Mari Berdonasi Melalui Gerakan 1.000 Orang Tua Asuh Yatim Dhuafa

Bantu Keluarga Muslim (BKM) menawarkan program untuk meringankan beban anak yatim dan dhuafa dengan menjadi orang tua asuh mereka.  Program itu ialah "Gerakan 1000 Orang Tua Asuh Yatim Dhuafa."

Ahad, 18/03/2018 12:02 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Gaji Dipotong Zakat Profesi, Bolehkah?

KIBLAT.NET – Jadi Tahu: Gaji Dipotong Zakat Profesi, Bolehkah? Pemerintah berencana memotong gaji PNS Muslim...

Ahad, 18/03/2018 11:38 0

Video Kajian

JITU: Diskusi dan Deklarasi War on Hoax

JITU: Diskusi dan Deklarasi War on Hoax. Pemerintah telah memberdayakan berbagai lapisan masyarakat dan perangkat negara untuk memerangi hoaks. Namun dalam praktiknya, tidak menunggu lama, langsung terasa ada ketidakadilan; tebang pilih dalam memberantas hoaks.

Ahad, 18/03/2018 11:05 0

Indonesia

Bawa Senapan, Dua Wanita AS Lecehkan Masjid di Arizona

Tahnee Gonzales (32) dan Elizabeth Dauenhauer (51) juga dicurigai melakukan perampokan setelah melakukan pencurian dan perusakan di sebuah masjid di Islamic Center Tempe.

Ahad, 18/03/2018 08:36 0

Close