... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Ujian Bagi Manusia dan Rahasia Menghadapinya

Ujian Bagi Manusia dan Rahasia Menghadapinya

Khutbah I

الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ، فهدى القلبَ الحائرَ إلى طريقِ أولي البصائرِ، وأشهدُ أَنْ لا إلهَ إلا اللهُ وحدَه لا شريكَ له، وأشهدُ أن سيِّدَنا ونبينا محمداً عبدُ اللهِ ورسولُه، أنقى العالمينَ سريرةً وأزكاهم سيرةً، (وعلى آله وصحبِه ومَنْ سارَ على هديهِ إلى يومِ الدينِ.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang sampai saat ini, masih memberikan kita beragam anugerah dan kenikmatan untuk melangkahkan kaki kita dalam rangka sama-sama melaksanakan perintah-perintah-Nya. Salah satunya, shalat Jumat.

Shalawat dan salam, semoga senantiasa dicurahkan kepada nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabat, demikian juga dengan seluruh umatnya yang mengikuti jejak langkah beliau.

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Tema kita pada kesempatan khutbah Jumat ini adalah berkaitan dengan ujian menurut Al-Quran. Kita hidup di dunia yang merupakan darul bala’ atau darul ibtila’. Dunia merupakan negeri ujian.
Di dalam Al-Qur’an, ujian diungkapkan dengan kata bala’. Kata ini memiliki dua penafsiran.

Pertama adalah ujian dalam bentuk kekurangan. Bentuknya bermacam-macam, bisa kesehatan yang berkurang atau sakit, harta yang sempit, kedudukan dan jabatan yang hilang, dan meninggalnya orang-orang yang dicintai.

Dalam Al-Baqarah 155, Allah berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 155)

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Allah dalam ayat tersebut menyebutkan bermacam-macam ujian bagi orang beriman. Untuk menghadapi semua ujian tersebut, perintah Allah hanya satu! Allah memerintah kita agar bersabar. Karena orang-orang yang bersabar akan mendapatkan kabar gembira.

Sabar diungkapkan dalam ucapan bahwa semua adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya:

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ

“(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)”. (Al-Baqarah: 156)

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Prinsip yang harus kita pegang, bahwa ketika kita diuji dengan kekurangan apa pun, itu tidak berarti Allah sedang menghinakan atau merendahkan kita. Sebaliknya, kita harus yakin bahwa ujian tersebut adalah bukti cinta Allah SWT kepada kita. Nabi kita menyatakan:

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُمْ

“Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji” (HR. Ath-Thabrani)

Contoh bagi kita dalam hal ini adalah Nabi Ayub. Beliau diuji oleh Allah dengan kemiskinan dan kesunyian dari anak-anak. Sebelumnya dia banyak harta, kebun dan buah-buahan. Namun kemudian semua itu lenyap, juga anak-anaknya meninggal dunia, mendahuluinya. Tidak cukup di situ, istri yang beliau cintai harus menjadi seorang pembantu dalam rangka mengais rezeki untuk menghidupi keluarganya.

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Kita bayangkan sosok yang tadinya kaya raya dan bahagia bersama dengan anak-anak yang dicintainya kemudian sosok istri yang juga taat patuh, semuanya hilang. Beliau sendiri menderita sakit tahunan. Sebagian ulama menyatakan sakit beliau sekitar enam belas tahun. Seluruh tubuhnya dipenuhi oleh luka dan borok. Hanya bibirnya saja yang tidak terkena, sehingga beliau tetap bisa berzikir kepada Allah.

Pertanyanya, apakah Allah sedang menghinakan nabi Ayub? Tentu saja tidak! Beliau sedang diuji oleh Allah SWT. Nabi kita Muhammad SAW bersabda:

أَشَدُّ النَّاسِ بَلاَءً الأَنْبِيَاءُ، ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ، يُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ، فَإِنْ كَانَ دِيْنُهُ صَلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِيْ دِيْنِهِ رِقَّةٌ اُبْتُلِيَ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ، فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِي عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ.

“Orang yang paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian yang semisal dengan mereka dan yang seperti mereka. Seseorang diuji berdasarkan kadar agamanya, jika agamanya kuat maka semakin keras ujiannya, dan jika agamanya lemah maka ia diuji berdasarkan kadar agamanya tersebut. Dan ujian senantiasa menimpa seorang hamba hingga meninggalkannya berjalan di atas bumi tanpa ada sebuah dosa sedikitpun”. (HR. Ahmad, al-Bukhari, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan yang lainnya)

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Kedua:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمِّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ؛ عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، فَاتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Bentuk ujian yang kedua, yang disebutkan dalam Al Quran, adalah ujian berupa kelebihan. Allah memberikan kelebihan kepada seseorang. Allah memberikannya kepada hamba yang dipilihnya, baik dengan ilmunya baik, jabatan yang tinggi, harta yang melimpah, maupun keturunan yang banyak.

Itu semua merupakan ujian juga. Cara menghadapi ujian ini adalah dengan senintiasa ingat, tidak luba bahwa itu semua karunia Allah. Wujudnya adalah dengan bersyukur atas semua itu, baik dalam ucapan maupun tindakan. Allah berfirman:

“Jika kamu bersyukur niscaya Aku akan tambah ni’mat kepada kamu dan jika kamu kufur ingkar sesungguhnya azabKu amatlah pedih. (Ibrahim: 7).

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Contoh bagi kita dalam hal ini adalah Nabi Sulaiman. Beliau diberi kelebihan harta, kerajaan, dan ditundukannya jin dan binatang di bawah kekuasaannya. Maka yang beliau ucapkan adalah:

هَذَا مِن فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ

“Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya).” (Al-Naml: 40)

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Semoga kita bisa menghadapi setiap bentuk ujian dari Allah dengan keyakinan, ucapan, dan perbuatan yang benar.

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.
اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْماً.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَاناً صَادِقاً ذَاكِراً، وَقَلْباً خَاشِعاً مُنِيْباً، وَعَمَلاً صَالِحاً زَاكِياً، وَعِلْماً نَافِعاً رَافِعاً، وَإِيْمَاناً رَاسِخاً ثَابِتاً، وَيَقِيْناً صَادِقاً خَالِصاً، وَرِزْقاً حَلاَلاً طَيِّباً وَاسِعاً، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجمع كلمتهم عَلَى الحق، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظالمين، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعَبادك أجمعين.
اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ.
اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ :
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

 

Naskah ditranskrip oleh Qari’, dari khotbah Ust. Dr. Anung Al-Hamat.
Editor: Salem


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Larangan Cadar, IAIN Bukittinggi Abaikan Peringatan MUI

Awalnya, Buya Gusrizal menyampaikan masukan agar larangan ini dicabut melalui pesan singkat atas nama pribadi kepada pimpinan kampus. Sayangnya, masukkan itu tidak menjadi pertimbangan oleh pihak kampus.

Jum'at, 16/03/2018 13:28 0

Indonesia

Romo: Statement Kapolri Tak Hapus Dugaan Teror Orang Gila Dikoordinir

"Dipastikan itu ada yang mengkoordinir tetapi kita tidak bisa mengatakan Kapolri bohong, bahwa dia belum menemukan, bisa saja. Tetapi bahwa statemen Kapolri belum menemukan itu tidak menafikan bahwa penyerahan ulama ini dikoordinir," ungkapnya

Jum'at, 16/03/2018 06:30 0

Indonesia

Datangi UNHCR, PKS Bahas Pengungsi dan Korban Konflik

Sejumlah politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambangi kantor UNHCR-PBB di Jenewa, Swiss. Kedatangan Delegasi PKS ini membawa isu seputar para pengungsi dan korban konflik dunia.

Kamis, 15/03/2018 18:39 0

Indonesia

Budi Waseso Desak Pemerintah Tegas Tangani Narkotika

Menyikapi darurat narkoba yang melanda Indonesia, mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengimbau pada pemerintah agar lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat terhadap bahaya narkotika.

Kamis, 15/03/2018 18:03 0

Amerika

Tiga Pelaku Pemboman Masjid di Illinois Dibekuk Aparat

Tiga orang anggota dari sebuah komunitas di Illinois, Amerika Serikat ditangkap oleh kepolisian pada Selasa lalu (13/03/2018) atas dakwaan pemboman sebuah Masjid di kawasan Minneapolis pada 2017 lalu.

Kamis, 15/03/2018 17:13 0

Indonesia

UU Dinilai Lemah, Fahira Idris Himbau Masyarakat Lawan Mafia Narkoba

Kejahatan narkotika di Indonesia sudah mencapai tahap yang membahayakan bagi eksistensi Indonesia sebagai sebuah bangsa.

Kamis, 15/03/2018 16:32 0

Indonesia

BI dan OJK Akui Suku Bunga Pinjaman Tinggi Rusak Stabilitas Keuangan Negara

bunga pinjaman yang terlalu tinggi berisiko menimbulkan gagal bayar. "Kami berkaca pada rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) seperti apa? Saya khawatirkan peer to peer lending ini dampaknya ke ekonomi," kata dia.

Kamis, 15/03/2018 13:20 0

Indonesia

LKM Syariah Diminta Inovatif Tumbuhkan Inklusi Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap Lembaga Keuangan Mikro (LKM) syariah di pesantren dapat berkembang. Perkembangannya bukan hanya di lingkungan pesantren namun juga di kalangan masyarakat pada umumnya, sehingga membantu menumbuhkan inklusi keuangan.

Kamis, 15/03/2018 13:01 0

Indonesia

Kemenag Buka Program Beasiswa Bagi Santri Berprestasi

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, PBSB sudah bergulir sejak tahun 2005. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah melalui Kementerian Agama untuk memperluas akses bagi santri berprestasi untuk bisa kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Kamis, 15/03/2018 12:38 0

Irak

Haider Al-Abadi: Korupsi Lebih Berbahaya dari Terorisme

Abadi bersumpah untuk membasmi kejahatan itu secara sistematis. "Anda akan melihat hasilnya," tambahnya meyakinkan publik.

Kamis, 15/03/2018 09:57 1

Close