... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Larangan Cadar, IAIN Bukittinggi Abaikan Peringatan MUI

Foto: Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar (foto: facebook Buya Gusrizal Gazahar)

KIBLAT.NET, Bukittinggi – IAIN Sjech M Djamil Djambek belakangan menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, kampus yang terletak di Bukittinggi ini menerapkan larangan bercadar bagi mahasiswa dan dosen perempuan.

Rupanya, kebijakan yang disampaikan melalui surat edaran tertanggal 20 Februari itu telah mendapatkan teguran dari MUI Sumatera Barat. Hal itu disampaikan oleh Buya Gusrizal Gazahar selaku ketua MUI Sumbar yang juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi.

Awalnya, Buya Gusrizal menyampaikan masukan agar larangan ini dicabut melalui pesan singkat atas nama pribadi kepada pimpinan kampus. Sayangnya, masukkan itu tidak menjadi pertimbangan oleh pihak kampus.

“Sudah saya Ingatkan. Saya melihat tidak ada alasan. Semuanya mengatakan ini peraturan, ini kewenangan, ini adalah kode etik kampus tetapi saya tidak melihat kemana rujukan,” tegasnya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (15/03/2018).

Buya Gusrizal melihat bahwa larangan bercadar itu tidak memiliki rujukan baik aturan yang berlaku di Indonesia maupun atas dasar syariat. Sebaliknya larangan bercadar ini justru akan memperburuk nama institusi Islam.

“Karena tidak bisa diingatkan dengan begitu ya sudah saya bikin statement atas nama Majelis Ulama. Nah semoga mereka bisa sadar. Kalau tidak, itu bisa memperburuk citra IAIN sendiri di mata masyarakat dan umat di Sumatera Barat,” jelasnya.

Oleh sebab itu, aturan larangan bercadar di IAIN Bukittinggi dipandang merupakan kebijakan yang arogan. Padahal dari sisi fiqih, Buya Gusrizal menegaskan bahwa bercadar merupakan perkara khilafiah. Namun tak satupun ulama yang melarangnya, bahkan justru ada yang menganjurkan.

BACA JUGA  Umat Islam Kerap Salah Pahami Kekuasaan Sebatas Masalah Politik

“Khilafiah bercadar itu pada kekuatan perintahnya. Apakah itu sampai ke tingkat wajib atau sampai ke tingkat sunnah atau mubah. Jadi ikhtilafnya di sana. Tidak ada ulama satupun yang menyatakan bahwa bercadar itu haram. jadi berdasarkan kajian fiqihnya, IAIN tidak jelas juga itu landasannya. Saya sudah katakan,” tutupnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Tiga Pelaku Pemboman Masjid di Illinois Dibekuk Aparat

Tiga orang anggota dari sebuah komunitas di Illinois, Amerika Serikat ditangkap oleh kepolisian pada Selasa lalu (13/03/2018) atas dakwaan pemboman sebuah Masjid di kawasan Minneapolis pada 2017 lalu.

Kamis, 15/03/2018 17:13 0

Irak

Haider Al-Abadi: Korupsi Lebih Berbahaya dari Terorisme

Abadi bersumpah untuk membasmi kejahatan itu secara sistematis. "Anda akan melihat hasilnya," tambahnya meyakinkan publik.

Kamis, 15/03/2018 09:57 1

Suriah

Pasca Serangan Udara di Daraa, AS dan Rusia Bertemu di Yordania

Amerika Serikat meminta Rusia menggunakan pengaruhnya untuk menekan rezim Suriah mengehentikan serangan udara di Suriah selatan. AS dan Rusia telah menandatangani kesepakatan gencata senjata di wilayah yang dikendalikan oleh faksi-faksi dukungan Barat itu.

Kamis, 15/03/2018 07:25 0

Suara Pembaca

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

Rabu, 14/03/2018 17:55 0

Palestina

Hamas Bantah Terlibat Serangan terhadap PM Otoritas Palestina

Harakah Muqawamah Al Islamiyah (Hamas) membantah terlibat dalam serangan yang menargetkan rombongan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah. Sebaliknya, Hamas mengutuk serangan tersebut.

Rabu, 14/03/2018 14:23 0

Palestina

PM Otoritas Palestina Diserang, Fatah Salahkan Hamas

Sebuah ledakan terjadi, menyasar rombongan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah saat akan mengunjungi Jalur Gaza. Sejumlah pasukan pengamanan dikabarkan terluka, sedangkan Rami Hamdallah dikabarkan selamat.

Rabu, 14/03/2018 13:48 0

Suriah

Turki: Afrin Sudah Terkepung

Lembaga yang bermarkas di Inggris itu menunjukkan, sekitar 700 ribu orang masih tinggal di kota tersebut.

Rabu, 14/03/2018 10:32 0

Video Kajian

Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik

KIBLAT.NET – Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik. Masyarakat Indonesia, pada tahun 2018 dan...

Rabu, 14/03/2018 10:19 0

Suriah

Serangan Udara Suriah Melebar ke Daraa

Wilayah Suriah selatan yang meliputi Daraa dan Suwaida dikuasai oleh faksi-faksi dukungan Barat. AS dan sekutunya mengendalikan faksi oposisi melalui perbatasan Yordania. AS juga memiliki pangkalan militer di wilayah tersebut.

Rabu, 14/03/2018 09:09 0

Afghanistan

Analis Rekomendasikan AS Siapkan Skenario Kekalahan di Afghanistan

Mereka memiliki data konkrit mengenahi banyaknya wilayah yang lepas dari kontrol pasukan militer Afghan yang didukung oleh Amerika.

Rabu, 14/03/2018 07:52 0

Close