... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ada Kegamangan Liberalisme dalam Kasus Pelarangan Cadar

Foto: Muslimah bercadar (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan adanya pelarangan cadar di kampus. Sebab, seharusnya kampus menjadi tempat beradu gagasan dan argumen, bukan represifitas.

“Kampus itu kan universitas, dan universitas itu artinya ada universalitas di situ. Kalu kemudian kita kehilangan nalar universalitas maka ini bukan universitas. Karena universitas adalah tempat pertarungan ide, pertarungan gagasan, bahkan ideologi,” katanya saat ditemui Kiblat.net pada Jumat (16/03/2018).

Terkait larangan cadar di kalangan kampus, Dahnil mengatakan yang seharusnya dilakukan adalah proses dialektika. “Jadi kalau tidak bersepakat dengan cadar, yang dilakukan adalah berdebat, berdialog, ada proses dialektika. Kalau kampus tidak terbiasa dengan cadar kuncinya bukan represifisme, tapi dialog,” tegasnya.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, itu menegaskan bahwa cadar adalah hal yang sifatnya furu’iyah. Sehingga, boleh ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Menurutnya, hal itu seharusnya menjadi perhatian pihak kampus.

Dahnil kemudian menjelaskan pandangan Muhammadiyah terkait cadar. Dia menjelaskan pemahaman fikih di kalangan Muhammadiyah tidak bersepakat dengan cadar. Tapi organisasi Islam terbesar di Indonesia itu tidak akan melarang kelompok yang punya keyakinan bahwa cadar itu wajib.

Anin, sapaan akrab Dahnil, menyebutkan bahwa pelarangan cadar di kampus adalah bukti kegamangan para penganut liberalisme. Hal itu justeru menunjukkan orang tersebut yang tidak liberal.

BACA JUGA  KPK Temukan Sejumlah Peluang Tindak Pidana Korupsi pada Kartu Prakerja

“Ada kegamangan liberalisme. Kok ngaku liberal tapi kemudian kehilangan nalar liberal. Ini saya pikir jadi masalah,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Masuk Islam Secara Kaffah, Apa Artinya?

Masuk Islam Secara Kaffah, Apa Artinya? Sebagai mukmin, Allah memerintahkan kita untuk masuk ke dalam Islam secara kaffah atau keseluruhan, tanpa pengecualian apa kedudukan dan pekerjaan kita. Bagaimana makna masuk ke dalam Islam secara kaffah itu dalam kehidupan kita? Simak penjelasannya dalam kajian ini!

Jum'at, 16/03/2018 16:55 0

Video Kajian

Tiga Cara Hadapi Godaan dalam Beragama

Tiga Cara Hadapi Godaan dalam Beragama. Tiga Cara Hadapi Godaan dalam Beragama. Banyak godaan dengan berbagai bentuk menghadang mukmin, untuk membuktikan apakah dia istiqamah dalam keimanan atau luntur seiring waktu berlalu. Bagaimana cara menghadapi semua itu? Simak khutbah Jumat berikut ini!

Jum'at, 16/03/2018 16:39 0

Foto

[Foto] Perang Suriah: 7 Tahun, 7 Foto dari Suriah

Berikut ini gambar-gambar dari tahun ke tahun yang dipilih media Al-Jazeera mewakili tahun-tahun penuh dengan dentuman bom dan kucuran darah penduduk Bumi Syam yang diberkahi.

Jum'at, 16/03/2018 14:58 0

Editorial

Editorial: 7 Tahun Suriah, Derita Tanpa Jeda

Tragedi kemanusiaan di Suriah perlu diyakini tidak akan bisa dirusak dengan upaya-upaya semacam itu. Saking banyaknya bukti, bau busuk kebohongan dengan sendirinya akan tercium. Seorang yang jujur akan mampu menyibak kabut kepalsuan dengan hati nurani, kecuali jika di dalam hati terdapat rasa iri dan benci.

Jum'at, 16/03/2018 14:31 0

Suriah

Pengusiran Warga Ghouta Timur Dimulai

Ribuan warga sipil, Kamis (15/03), berbondong-bondong mengungsi dari Kota Hamuriyah dan sekitarnya

Jum'at, 16/03/2018 14:16 0

Khutbah Jum'at

Ujian Bagi Manusia dan Rahasia Menghadapinya

Ujian Bagi Manusia dan Rahasia Menghadapinya Khutbah I الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ،...

Jum'at, 16/03/2018 14:15 0

Amerika

Tiga Pelaku Pemboman Masjid di Illinois Dibekuk Aparat

Tiga orang anggota dari sebuah komunitas di Illinois, Amerika Serikat ditangkap oleh kepolisian pada Selasa lalu (13/03/2018) atas dakwaan pemboman sebuah Masjid di kawasan Minneapolis pada 2017 lalu.

Kamis, 15/03/2018 17:13 0

Irak

Haider Al-Abadi: Korupsi Lebih Berbahaya dari Terorisme

Abadi bersumpah untuk membasmi kejahatan itu secara sistematis. "Anda akan melihat hasilnya," tambahnya meyakinkan publik.

Kamis, 15/03/2018 09:57 1

Suriah

Pasca Serangan Udara di Daraa, AS dan Rusia Bertemu di Yordania

Amerika Serikat meminta Rusia menggunakan pengaruhnya untuk menekan rezim Suriah mengehentikan serangan udara di Suriah selatan. AS dan Rusia telah menandatangani kesepakatan gencata senjata di wilayah yang dikendalikan oleh faksi-faksi dukungan Barat itu.

Kamis, 15/03/2018 07:25 0

Suara Pembaca

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

Rabu, 14/03/2018 17:55 0

Close