... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenag Minta Perguruan Tinggi Agama Bijak Soal Cadar

Foto: Muslimah Bercadar (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama (Kemenag), Kamaruddin Kamin, menjelaskan bahwa jika larangan cadar hanya karena mengganggu pelajaran, alasan tersebut tidak cukup. Sebab harus ada alasan yang lebih detail seperti apa mengganggunya.

“Mungkin alasannya bisa mengganggu proses belajar mengajar misalnya, ini juga harus dipastikan. Kalau mengganggu proses belajar mengajar, bagaimana mengganggunya harus dijelaskan,” katanya kepada Kiblat.net di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta pada Rabu (14/03/2018).

“Harus betul dijelaskan secara spesifik, searif mungkin. Karena mereka adalah dosen kita, mahasiswa kita, bagian dari kita, sehingga harus bersama-sama melakukan komunikasi,” sambungnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia untuk lebih bijak dalam memberikan kebijakan terkait cadar. Sebab, cadar merupakan ekspresi seorang Muslimah menjalankan agama.

“Jadi pesan kami kepada seluruh perguruan tinggi keagamaan di Indonesia untuk sebijak mungkin, searif mungkin, sesabar mungkin melakukan komunikasi dan dialog agar suasana keberagamaan terjaga,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa menurut undang-undang pemerintah nomor 4 tahun 2014 dan undang-undang 12 tahun 2012 memang perguruan tinggi berhak memberikan aturan di lingkungan kampus untuk mengatur akademil dan non akademik. Jadi bukan di kementrian.

“Kita hanya bisa memberi arahan agar betul-betul memperhatikan banyak faktor terkait dengan cadar,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pasca Serangan Udara di Daraa, AS dan Rusia Bertemu di Yordania

Amerika Serikat meminta Rusia menggunakan pengaruhnya untuk menekan rezim Suriah mengehentikan serangan udara di Suriah selatan. AS dan Rusia telah menandatangani kesepakatan gencata senjata di wilayah yang dikendalikan oleh faksi-faksi dukungan Barat itu.

Kamis, 15/03/2018 07:25 0

Suara Pembaca

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

Rabu, 14/03/2018 17:55 0

Palestina

Hamas Bantah Terlibat Serangan terhadap PM Otoritas Palestina

Harakah Muqawamah Al Islamiyah (Hamas) membantah terlibat dalam serangan yang menargetkan rombongan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah. Sebaliknya, Hamas mengutuk serangan tersebut.

Rabu, 14/03/2018 14:23 0

Palestina

PM Otoritas Palestina Diserang, Fatah Salahkan Hamas

Sebuah ledakan terjadi, menyasar rombongan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah saat akan mengunjungi Jalur Gaza. Sejumlah pasukan pengamanan dikabarkan terluka, sedangkan Rami Hamdallah dikabarkan selamat.

Rabu, 14/03/2018 13:48 0

Suriah

Turki: Afrin Sudah Terkepung

Lembaga yang bermarkas di Inggris itu menunjukkan, sekitar 700 ribu orang masih tinggal di kota tersebut.

Rabu, 14/03/2018 10:32 0

Video Kajian

Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik

KIBLAT.NET – Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik. Masyarakat Indonesia, pada tahun 2018 dan...

Rabu, 14/03/2018 10:19 0

Suriah

Serangan Udara Suriah Melebar ke Daraa

Wilayah Suriah selatan yang meliputi Daraa dan Suwaida dikuasai oleh faksi-faksi dukungan Barat. AS dan sekutunya mengendalikan faksi oposisi melalui perbatasan Yordania. AS juga memiliki pangkalan militer di wilayah tersebut.

Rabu, 14/03/2018 09:09 0

Afghanistan

Analis Rekomendasikan AS Siapkan Skenario Kekalahan di Afghanistan

Mereka memiliki data konkrit mengenahi banyaknya wilayah yang lepas dari kontrol pasukan militer Afghan yang didukung oleh Amerika.

Rabu, 14/03/2018 07:52 0

Palestina

Berkunjung Gaza, Konvoi PM Palestina Terkena Bom

Di sisi lain, pemerintahan Palestina yang berpusat di Ramallah menyalahkan Hamas atas insiden tersebut.

Rabu, 14/03/2018 07:26 0

Turki

Turki Ulitimatum Jerman Soal Serangan Terhadap Masjid

Bozdag menambahkan bahwa Turki akan terus memantau perkembangan di Jerman. Dia juga meminta pihak berwenang Jerman untuk segera melakukan upaya melawan serangan teroris yang menargetkan komunitas Turki.

Selasa, 13/03/2018 18:37 0

Close