... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenag Buka Program Beasiswa Bagi Santri Berprestasi

Foto: Kantor Kemenag

KIBLAT.NET, Jakarta- Kementerian Agama kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Pendaftaran PBSB tahun 2018 ini mulai dibuka pada Kamis (15/03). Pendaftaran akan dibuka selama sebulan hingga 15 April 2018.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, PBSB sudah bergulir sejak tahun 2005. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah melalui Kementerian Agama untuk memperluas akses bagi santri berprestasi untuk bisa kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Program ini sudah berjalan lebih sepuluh tahun. Faktanya, para santri saat diberi kesempatan, mereka terbukti tidak kalah dengan siswa lain. Prestasi mereka di perguruan tinggi sangat gemilang. Sebagian sudah menjadi professional pada bidangnya, mulai dokter, pendidik, teknokrat, ahli gizi, dan lainnya. Sebagian sedang melanjutkan belajar di sejumlah perguruan tinggi ternama di luar negeri,” katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net.

Ia juga menjelaskan banyak jurusan yang bisa diambil melalui beasiswa ini. Yaitu ilmu kedokteran, kesehatan, farmasi, keperawatan, ilmu murni (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia), teknik industri, teknik sipil, teknik mesin, teknologi informasi, teknik perkapalan, pertanian, agribisnis, ilmu agama Islam (Islamic Studies), seni dan desain, hingga bahasa dan ilmu pengetahuan budaya.

“Dari situ, kiprah alumni pesantren dalam pembangunan di masa mendatang lebih variatif, tidak hanya pada aspek pendidikan agama dan keagamaan,” ucapnya.

“PBSB sekaligus menjadi bentuk kehadiran negara dalam mengapresiasi kontribusi pesantren dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi, pesantren sudah menjadi sumber mata air keilmuan sejak abad 14, sebelum Belanda menjajah,” sambungnya.

BACA JUGA  Soal Materi Jihad, KH Luthfi Bashori Minta Menag Lebih Bijak

Sejak 2005, lanjut Kamaruddin, total sudah ada 4.276 santri penerima beasiswa PBSB. Sebanyak 3.428 santri sudah lulusan sarjana dan berhidmat pada beragam profesi, sedang 848 santri lainnya, masih menjalani kuliah.

“Para santri PBSB diharapkan menjadi generasi tangguh, tonggak keberlanjutan pesantren. Mereka diharapkan menjadi ilmuwan-santri moderat yang kelak akan menempati posisi-posisi penting di negeri ini. PBSB juga sejalan dengan upaya menjadikan Indonesia sebagai destinasi pendidikan Islam dunia,” tutur Kamaruddin.

Sementara itu, syarat untuk mengikuti beasiswa ini adalah, santri merupakan lulusan Madrasah Aliyah swasta milik pondok pesantren, atau pondok pesantren muadalah, atau pondok pesantren salafiyah. Kemudian Santri telah mukim (tinggal.red) di pesantren minimal selama 3 tahun terakhir. Dan yang ketiga Santri telah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan pondok pesantren.

Reporter: Taufiq Ishaq

Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Haider Al-Abadi: Korupsi Lebih Berbahaya dari Terorisme

Abadi bersumpah untuk membasmi kejahatan itu secara sistematis. "Anda akan melihat hasilnya," tambahnya meyakinkan publik.

Kamis, 15/03/2018 09:57 1

Suriah

Pasca Serangan Udara di Daraa, AS dan Rusia Bertemu di Yordania

Amerika Serikat meminta Rusia menggunakan pengaruhnya untuk menekan rezim Suriah mengehentikan serangan udara di Suriah selatan. AS dan Rusia telah menandatangani kesepakatan gencata senjata di wilayah yang dikendalikan oleh faksi-faksi dukungan Barat itu.

Kamis, 15/03/2018 07:25 0

Suara Pembaca

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

RBC Sinergi Foundation Segera Bangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak

Rabu, 14/03/2018 17:55 0

Palestina

Hamas Bantah Terlibat Serangan terhadap PM Otoritas Palestina

Harakah Muqawamah Al Islamiyah (Hamas) membantah terlibat dalam serangan yang menargetkan rombongan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah. Sebaliknya, Hamas mengutuk serangan tersebut.

Rabu, 14/03/2018 14:23 0

Palestina

PM Otoritas Palestina Diserang, Fatah Salahkan Hamas

Sebuah ledakan terjadi, menyasar rombongan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah saat akan mengunjungi Jalur Gaza. Sejumlah pasukan pengamanan dikabarkan terluka, sedangkan Rami Hamdallah dikabarkan selamat.

Rabu, 14/03/2018 13:48 0

Suriah

Turki: Afrin Sudah Terkepung

Lembaga yang bermarkas di Inggris itu menunjukkan, sekitar 700 ribu orang masih tinggal di kota tersebut.

Rabu, 14/03/2018 10:32 0

Video Kajian

Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik

KIBLAT.NET – Kiblat Review: Umat Islam Hadapi Tahun Politik. Masyarakat Indonesia, pada tahun 2018 dan...

Rabu, 14/03/2018 10:19 0

Suriah

Serangan Udara Suriah Melebar ke Daraa

Wilayah Suriah selatan yang meliputi Daraa dan Suwaida dikuasai oleh faksi-faksi dukungan Barat. AS dan sekutunya mengendalikan faksi oposisi melalui perbatasan Yordania. AS juga memiliki pangkalan militer di wilayah tersebut.

Rabu, 14/03/2018 09:09 0

Afghanistan

Analis Rekomendasikan AS Siapkan Skenario Kekalahan di Afghanistan

Mereka memiliki data konkrit mengenahi banyaknya wilayah yang lepas dari kontrol pasukan militer Afghan yang didukung oleh Amerika.

Rabu, 14/03/2018 07:52 0

Palestina

Berkunjung Gaza, Konvoi PM Palestina Terkena Bom

Di sisi lain, pemerintahan Palestina yang berpusat di Ramallah menyalahkan Hamas atas insiden tersebut.

Rabu, 14/03/2018 07:26 0

Close