... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Berkunjung Gaza, Konvoi PM Palestina Terkena Bom

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Gaza – Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengecam pelaku penyerangan konvoi Perdana Menteri Palestina, Rami al-Hamdallah, di Jalur Gaza pada Selasa pagi (13/03). Di sisi lain, pemerintahan Palestina yang berpusat di Ramallah menyalahkan Hamas atas insiden tersebut.

Sebuah bom yang dipasang di pinggir jalan meledak saat rombongan al-Hamdallah memasuki Jalur Gaza pada hari Selasa pagi. Tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan kecil yang dialami beberapa mobil dalam konvoi tersebut.

Juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa yang terjadi “merupakan bagian dari upaya-upaya merusak keamanan Jalur Gaza dan menghancurkan usaha mencapai persatuan dan rekonsiliasi.”

Dia menegaskan bahwa Hamas meyakini bahwa penyerang adalah orang sama yang membunuh Mazen Fakha (komandan Hamas yang dibunuh di Lebanon) dan mencoba membunuh Mayor Jenderal Tawfiq Abu Naim.

Hamas mengkritik keras pernyataan pemerintahan Palestina yang meminta Hamas harus bertanggung jawab. Barhoum menekankan bahwa tudingan pemerintah telah memuluskan tujuan penyerang, menciptakan permusuhan sesama rakyat Palestina. Ia pun meminta keamanan menggelar penyelidikan segera dan cepat untuk mengungkap pelaku yang kemudian mengadilinya.

Sebelumnya, juru bicara kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeineh, mengatakan bahwa al-Hamdallah dan delegasi yang menyertainya lolos dari “percobaan pembunuhan yang disengaja.” Dia menggambarkan serangan tersebut sebagai serangan terhadap kesatuan rakyat Palestina. Pemerintah menyalahkan Hamas yang masih memegang keamanan di Jalur Gaza.

BACA JUGA  Tingkat Kecanduan Narkoba Warga Israel di Dekat Gaza Meningkat

Sebagian Pelaku Berhasil Diamankan

Anggota komite pusat gerakan Fatah, Hussein al-Sheikh, mengatakan bahwa Hamas harus bertanggung jawab atas penyerangan rombongan Hamadallah dan kepala Intelijen Umum Palestina Mayjen Majid Faraj. Ia menggambarkan bahwa penyerangan itu merupakan tindakan kriminal yang besar dan akan menjadi preseden sangat berbahaya.

Di sisi lain, juru bicara Kementerian Dalam Negeri di Jalur Gaza, Iyad al-Bazm, mengatakan dalam sambungan telepon dengan Al-Jazeera bahwa dinas keamanan Gaza telah menangkap sejumlah tersangka. Dia menandaskan bahwa tudingan-tudingan siapa yang bertungg jawab adalah politik. Dia menegaskan bahwa keamanan di Gaza melakukan semua prosedur yang diperlukan untuk menjamin kunjungan Hamdallah.

Kementerian Dalam Negeri di Gaza mengatakan bahwa ledakan tersebut terjadi saat konvoi al-Hamdallah melintasi utara Jalur Gaza setelah melewati persimpangan Beit Hanoun. Ditegaskan tidak ada korban dan keamanan Gaza tengah menggelar penyelidikan.

Konvoi tersebut terus berjalan. Hamdallah tiba seperti yang direncanakan. Dia dan rombongan ke Gaza untuk berpartisipasi dalam acara peresmian proyek pabrik pemurnian air di sebelah timur Jabalia di Jalur Gaza.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pernyataan Wiranto dan Zulkifli Hasan Dinilai Lemahkan KPK

Wiranto meminta KPK menunda penyelidikan dugaan suap terhadap para calon pemimpin daerah itu. Ia meminta KPK tidak melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) selama Pilkada berlangsung.

Rabu, 14/03/2018 06:36 0

Indonesia

Habib Rizieq Apresiasi Kinerja UBN dalam GNPF-Ulama

KIBLAT.NET, Jakarta – Habib Muhammad Rizieq Syihab turut mengapresiasi kinerja GNPF-MUI yang kini telah berganti...

Selasa, 13/03/2018 21:38 0

Indonesia

Bangun Instalasi Sterilisasi Air minum di Asmat, Baznas Diapresiasi Pemerintah

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah membangun instalasi sterilisasi air minum di Asmat, Papua. Menurut Direktur Pendistribusian Zakat Nasional (Baznas), Mohd. Nasir Tajang, program ini pun mendapat apresiasi dari pemerintah setempat.Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah membangun instalasi sterilisasi air minum di Asmat, Papua. Menurut Direktur Pendistribusian Zakat Nasional (Baznas), Mohd. Nasir Tajang, program ini pun mendapat apresiasi dari pemerintah setempat.

Selasa, 13/03/2018 21:25 0

Indonesia

Bercadar di IAIN Bukittinggi, Dosen Ini Dinonaktifkan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sjeh M. Djamil Djambek atau IAIN Bukittinggi memutuskan untuk menonaktifkan dosen bernama Hayati Safri.

Selasa, 13/03/2018 19:51 1

Indonesia

Habib Rizieq Bantah Adanya Perselisihan di GNPF Ulama

Habib Rizieq Shihab menyebut kabar perselisihan di Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama sebagai hoaks

Selasa, 13/03/2018 19:04 0

Indonesia

Soal Investasi BPKH di Tanah Wakaf Rakyat Aceh, MUI: Kalau Ditolak Berarti Nggak Boleh

Harus ada kesepakatan investasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI di atas tanah wakaf Aceh atau Baitul Asyi di Arab Saudi

Selasa, 13/03/2018 17:48 0

Kolom

Manusia, Komputer, dan Cadar

Bukan bermaksud mengolok-olok, tetapi saya justru semakin tak mengerti ketika larangan tersebut dicabut. Ketika melihat alasan pencabutannya adalah demi menjaga iklim akademik yang kondusif.

Selasa, 13/03/2018 17:12 0

Info Event

Ikutilah! Kajian Pranikah Bersama Ustadz Tri Asmoro di Jakarta

KIBLAT.NET – Akhir-akhir ini tema nikah muda mencuat dimana-mana. Sungguh ini adalah sebuah kemajuan yang bagus....

Selasa, 13/03/2018 16:58 0

Indonesia

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1439 H Jatuh pada 17 Mei 2018

Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan dan 1 Syawal 1439 H

Selasa, 13/03/2018 15:22 0

Indonesia

Lagi-lagi, Larangan Mahasiswi Bercadar Muncul di IAIN Bukittinggi

Institut Agama Islam Negeri IAIN Sjech M. Djamil Djambek atau dikenal IAIN Bukittinggi, melarang mahasiswinya untuk mengenakan cadar di dalam kampus. Pihak IAIN Bukittinggi mengkatagorikan cadar sebagai salah-satu pelanggaran kode etik berpakaian.

Selasa, 13/03/2018 13:52 2

Close