... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Investasi BPKH di Tanah Wakaf Rakyat Aceh, MUI: Kalau Ditolak Berarti Nggak Boleh

Foto: Katua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin

KIBLAT.NET, Jakarta – Rakyat Aceh menolak rencana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI yang akan berinvestasi di atas tanah wakaf Aceh atau Baitul Asyi di Arab Saudi. Menanggapi hal ini, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin menegaskan bahwa jika ada penolakan dalam kebijakan tersebut, maka tidak bisa dilanjutkan.

“Kalau ditolak dan mereka (rakyat Aceh.red) nggak mau, berarti nggak boleh. Harus ada kesepakatan,” katanya kepada Kiblat.net di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (13/03/2018).

Kiai Ma’ruf menjelaskan bahwa selain harus ada kesepakatan, sebuah investasi juga harus ada kejelasan. Selain kejelasan terkait bentuk investasi, harus ada juga kejelasan bentuk pengembalian nantinya.

“Bentuknya apa nanti, nah yang penting itu. Dana itu nanti bisa kembali, kembalinya seperti apa. Saya kira kerjasamanya dengan siapa, saya kira nggak ada masalah kalau kita melakukan investasi. Namun, bagaimana perencanannya itu harus matang lah,” ucapnya.

Ketua MUI mengatakan kerjasama dalam investasi boleh-boleh saja sepanjang menguntungkan. “Tetapi kan harus ada kesepatakan antara pemerintah dan pemilik tanah wakaf dan izin pemerintah sana,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyatakan berencana akan melakukan investasi di atas tanah wakaf milik rakyat Aceh di Mekah. Rencana investasi tersebut disampaikan anggota BPKH Anggito Abimanyu saat bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia menyebutkan bahwa investasi BPKH berupa pembangunan hotel di tanah wakaf milik pemerintah Aceh di tanah suci.

BACA JUGA  DPR Belum Setujui Usulan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

“Kami akan melakukan kerja sama dengan IDB dan juga akan bertemu dengan beberapa pihak investor di Arab Saudi, untuk melakukan administrasi yang paling dekat adalah dengan tanah wakafnya Aceh di Mekah kemudian ada beberapa kesempatan-kesempatan investasi Arab Saudi yang lain,” ujar Anggito.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Australia

Cegah Spionase, Dephan Australia Larang Penggunaan Aplikasi Chatting Buatan Cina

Departemen Pertahanan Australia melarang penggunaan aplikasi berbagi pesan buatan Cina, WeChat

Selasa, 13/03/2018 17:18 0

Kolom

Manusia, Komputer, dan Cadar

Bukan bermaksud mengolok-olok, tetapi saya justru semakin tak mengerti ketika larangan tersebut dicabut. Ketika melihat alasan pencabutannya adalah demi menjaga iklim akademik yang kondusif.

Selasa, 13/03/2018 17:12 0

Info Event

Ikutilah! Kajian Pranikah Bersama Ustadz Tri Asmoro di Jakarta

KIBLAT.NET – Akhir-akhir ini tema nikah muda mencuat dimana-mana. Sungguh ini adalah sebuah kemajuan yang bagus....

Selasa, 13/03/2018 16:58 0

Suriah

SOHR: 5 Juta Orang Lebih Tewas Selama 7 Tahun Krisis Suriah

Tanggal 15 Maret 2011 menjadi permulaan krisis setelah rezim Bashar Assad bertindak represif terhadap rakyatnya yang berdemo.

Selasa, 13/03/2018 11:48 0

Video Kajian

Masalah Janda Muda yang Tak Mau Nikah Lagi

Masalah Janda Muda yang Tak Mau Nikah Lagi. Bagaimana makna “mencintai” yang bisa menjadi modal masuk surga itu? Bagaimana pula dengan seorang janda muda yang tidak mau menikah lagi karena berharap menjadi suami yang dicintainya, yang telah meninggal? Benarkah keyakinan demikian?

Selasa, 13/03/2018 10:28 0

Artikel

Milad ke-6 JITU: Perjuangan dan Harapan untuk Jurnalis Muslim

"Kode etik ini cukup berat dijalani, salah satunya dilarang menerima amplop sebab hal itu selalu melekat dengan wartawan. Akan tetapi bagi saya dengan menjalankan kode etik itu, justru menumbuhkan semangat wartawan untuk tidak memilah-milih dalam liputan atau narasumber. Senjata besar kita adalah semangat keimanan dan jiwa spiritual," tuturnya.

Selasa, 13/03/2018 09:14 0

Suriah

Jaisyul Islam Komunikasi dengan Rusia, Evakuasi Korban dari Ghouta Timur

militer Rusia mengatakan pihaknya telah mengevakuasi sedikitnya 52 sipil, termasuk di antaranya 26 anak-anak, dari Ghouta Timur. Evakuasi ini berlangsung setelah berdiskusi dengan pemerintahan setempat.

Selasa, 13/03/2018 08:27 0

Profil

Kisah Romantis Aminah Qutb dan Kamal As-Sananiri

Hancurlah hati Aminah Qutb. Suaminya yang ia tunggu hingga 19 tahun lamanya kembali meninggalkannya selama-lamanya di dunia. Kesedihannya yang begitu mendalam ia tuangkan dalam sebuah syair yang begitu syahdu dan dikenal banyak orang saat ini.

Selasa, 13/03/2018 05:11 3

Suara Pembaca

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

Senin, 12/03/2018 18:11 0

Myanmar

Setelah Dibakar, Desa Rohingya Dijadikan Markas Militer

Rakhine Stated telah berganti wajah. Menurut penjelasan Amnesty Internasional, kawasan yang dulunya merupakan perkampungan etnis Muslim Rohingya, kini diubah menjadi basis-basis militer.

Senin, 12/03/2018 18:08 0

Close