... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lagi-lagi, Larangan Mahasiswi Bercadar Muncul di IAIN Bukittinggi

Foto: IAIN Bukittinggi (foto: Instagram @iainbukittinggi)

KIBLAT.NET, Bukittinggi – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sjech M. Djamil Djambek atau yang dikenal IAIN Bukittinggi, melarang mahasiswinya untuk mengenakan cadar di dalam kampus. Pihak IAIN Bukittinggi mengkatagorikan cadar sebagai salah-satu pelanggaran kode etik berpakaian.

Dalam surat edaran tertanggal 20 Februari 2018, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Nunu Burhanuddin menyatakan bahwa bagi mahasiswi dilarang untuk mengenakan cadar, masker dan penutup wajah.

“Bagi yang tidak mematuhi tidak diberikan pelayanan akademik,” ungkapnya.

Surat edaran larangan bercadar di IAIN Bukittinggi

Seorang mahasiswi IAIN Bukittinggi yang enggan disebut namanya membenarkan surat tersebut. Ia mengaku sering mendapatkan tekanan dari pihak kampus lantaran menggunakan cadar.

“Kami dipanggil sama bapak Dekan karena memakai cadar. Setelah berbincang, akhirnya ada kesepakatan memakai masker saja. Tapi setelah itu, malah dapat kabar kalau ada dosen yang memakai cadar juga dikasih surat teguran dan disidang. Sekarang beliau dinonaktifkan,” ujar mahasiswi kepada Kiblat.net pada Selasa (13/03/2018)

Kebijakan itu tak hanya berimbas ke mahasiswi saja. Salah seorang tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi bernama Nur Hayati Syafri turut dinonaktifkan pihak kampus karena bercadar.

“Kampus menonaktifkan dosen tanpa surat resmi. Ia tidak boleh mengajar dan tidak boleh melakukan kegiatan akademik,” tandasnya.

Berdasarkan keterangannya, di IAIN Bukittinggi setidaknya terdapat 12 mahasiswi bercadar. Dua mahasiswi semester enam, dua lagi semester dua dan selebihnya menginjak semester empat.

BACA JUGA  Momen Idul Adha, Jokowi Selamati Raja Salman Via Telepon

Reporter: Syafi’i Iskandar
Redaktur: Jon Muhammad


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Lagi-lagi, Larangan Mahasiswi Bercadar Muncul di IAIN Bukittinggi”

  1. Maria Sitompul

    Terlalu….

  2. Marya

    Innalilahiwainnailahirojiun, kalau pelarangan itu oleh perguruan tinggi umum, masih dimengerti, tapi pelarangan cadar oleh PT Agama Islam, sungguh diluar nalar sehat, dan tidak berdasar syariat agama islam. Apakah ada pihak luar yg mendorong pelarangan ini? Untuk mendegradasi kekuatan islam?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

SOHR: 5 Juta Orang Lebih Tewas Selama 7 Tahun Krisis Suriah

Tanggal 15 Maret 2011 menjadi permulaan krisis setelah rezim Bashar Assad bertindak represif terhadap rakyatnya yang berdemo.

Selasa, 13/03/2018 11:48 0

Video Kajian

Masalah Janda Muda yang Tak Mau Nikah Lagi

Masalah Janda Muda yang Tak Mau Nikah Lagi. Bagaimana makna “mencintai” yang bisa menjadi modal masuk surga itu? Bagaimana pula dengan seorang janda muda yang tidak mau menikah lagi karena berharap menjadi suami yang dicintainya, yang telah meninggal? Benarkah keyakinan demikian?

Selasa, 13/03/2018 10:28 0

Artikel

Milad ke-6 JITU: Perjuangan dan Harapan untuk Jurnalis Muslim

"Kode etik ini cukup berat dijalani, salah satunya dilarang menerima amplop sebab hal itu selalu melekat dengan wartawan. Akan tetapi bagi saya dengan menjalankan kode etik itu, justru menumbuhkan semangat wartawan untuk tidak memilah-milih dalam liputan atau narasumber. Senjata besar kita adalah semangat keimanan dan jiwa spiritual," tuturnya.

Selasa, 13/03/2018 09:14 0

Suriah

Jaisyul Islam Komunikasi dengan Rusia, Evakuasi Korban dari Ghouta Timur

militer Rusia mengatakan pihaknya telah mengevakuasi sedikitnya 52 sipil, termasuk di antaranya 26 anak-anak, dari Ghouta Timur. Evakuasi ini berlangsung setelah berdiskusi dengan pemerintahan setempat.

Selasa, 13/03/2018 08:27 0

Profil

Kisah Romantis Aminah Qutb dan Kamal As-Sananiri

Hancurlah hati Aminah Qutb. Suaminya yang ia tunggu hingga 19 tahun lamanya kembali meninggalkannya selama-lamanya di dunia. Kesedihannya yang begitu mendalam ia tuangkan dalam sebuah syair yang begitu syahdu dan dikenal banyak orang saat ini.

Selasa, 13/03/2018 05:11 3

Suara Pembaca

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

Senin, 12/03/2018 18:11 0

Myanmar

Setelah Dibakar, Desa Rohingya Dijadikan Markas Militer

Rakhine Stated telah berganti wajah. Menurut penjelasan Amnesty Internasional, kawasan yang dulunya merupakan perkampungan etnis Muslim Rohingya, kini diubah menjadi basis-basis militer.

Senin, 12/03/2018 18:08 0

Suriah

Warga Ghouta Timur Tak Lihat Cahaya Matahari Tiga Pekan

Mereka berlindung di ruang bawa tanah rumah masing-masing untuk menghindari gempuran pasukan rezim

Senin, 12/03/2018 16:35 0

Video Kajian

Dengki Kaum Yahudi Terhadap Umat Islam

KIBLAT.NET – Dengki Kaum Yahudi Terhadap Umat Islam. Dengki adalah rasa tidak sedang terhadap pihak...

Senin, 12/03/2018 15:57 0

Eropa

Sekelompok Pria Bertopeng Bakar Masjid di Jerman

Serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah masjid lain yang dikunjungi oleh masyarakat Turki di Jerman diserang pada hari Jumat.

Senin, 12/03/2018 14:51 0

Close