... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jaisyul Islam Komunikasi dengan Rusia, Evakuasi Korban dari Ghouta Timur

Foto: Korban serangan rezim Suriah dirawat di salah satu rumah sakit lapangan di Douma, Ghouta Timur

KIBLAT.NET, Damaskus – Salah satu faksi terbesar di Ghouta Timur, Jaisyul Islam, Senin (12/03), mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kesepkatan dengan Rusia melalui perantara PBB untuk mengevakuasi korban luka-luka dari Ghouta Timur.

“Dalam upaya untuk menghentikan kampanye biadab barbar di Ghouta Timur … Perserikatan Bangsa-Bangsa telah berkomunikasi dengan pihak Rusia dan dalam konteks upaya kemanusiaan, kami telah menyimpulkan evakuasi orang-orang yang terluka melalui kloter-kloter… mengingat kondisi perang dan pengepungan serta pencegahan masuknya obat-obatan sejak enam tahun lalu sementara rumah sakit dan tempat medis terus menjadi sasaran,” kata faksi berideologi “salafi” itu dalam pernyatannya.

Sehari sebelumnya, militer Rusia mengatakan pihaknya telah mengevakuasi sedikitnya 52 sipil, termasuk di antaranya 26 anak-anak, dari Ghouta Timur. Evakuasi ini berlangsung setelah berdiskusi dengan pemerintahan setempat.

Ghouta Timur saat ini terpecah menjadi tiga bagian. Wilayah utara, yang dikontrol Jaisyul Islam dan Ahrar Al-Syam, terbagi dua sementara wilayah selatan masih di bawah kendali Faylaq Ar-Rahman.

Jaisyul Islam dan Faylaq Ar-Rahman menegaskan menolak segala upaya memindahkan warga Ghouta Timur. Namun kondisi di Ghouta semakin hari kian memperihatinkan. Warga tak bisa beraktivitas. Makanan pokok dan obat-obatan pun semakin menipis.

Pelang Merah Internasional menggambarkan bahwa mayoritas warga Ghouta tak melihat cahaya selama tiga pekan, sejak kampanye militer dimulai. Sepanjang hari mereka berlindung di ruang bawah tanah rumah masing-masing. Tempat itu dianggap perlindungan paling aman dari serangan udara. Tak ada penerangan dan makanan semakin menipis.

BACA JUGA  Oposisi Suriah Luncurkan Tiga Operasi Ofensif di Pedesaan Idlib

Sumber: Reuters Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Saksi Pelapor Yakin Pendeta Saifuddin Terbukti Nistakan Islam

"Kami menegaskan bahwa Abraham kami laporkan karena tindakannya jelas telah berpotensi mengancam kebhinekaan, membahayakan persatuan bangsa, dan mengundang gejolak di masyarakat," tukasnya.

Selasa, 13/03/2018 06:59 0

Indonesia

Bang Japar Solo Bantu Renovasi Rumah Keluarga Kurang Mampu

"Pak Joko sehari- hari bekerja sebagai penjual bakso kojek dari sekolah ke sekolah lainnya. Dengan penghasilan yang tidak mencukupi," ujar Devisi Humas Bang Japar Solo Raya, Abdul Kadir Djamalillei, kepada Kiblat.net pada Senin (12/3/18).

Selasa, 13/03/2018 06:22 0

Profil

Kisah Romantis Aminah Qutb dan Kamal As-Sananiri

Hancurlah hati Aminah Qutb. Suaminya yang ia tunggu hingga 19 tahun lamanya kembali meninggalkannya selama-lamanya di dunia. Kesedihannya yang begitu mendalam ia tuangkan dalam sebuah syair yang begitu syahdu dan dikenal banyak orang saat ini.

Selasa, 13/03/2018 05:11 3

Indonesia

Faktor ini Jadi Alasan Kenaikan Biaya Haji

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong mengungkapkan bahwa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini meningkat. Ia menjelaskan, ada beberapa alasan yang menyebabkan naiknya BPIH tahun ini.

Senin, 12/03/2018 21:50 0

Indonesia

DPR dan Pemerintah Sepakati Kenaikan Biaya Haji

Kementrian Agama bersama Komisi VIII DPR RI telah sepakat untuk menaikkan biaya haji pada tahun 2018 kali ini. Menurut Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong, biaya haji tahun ini naik sebesar Rp. 345.290.

Senin, 12/03/2018 21:21 0

Indonesia

KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia Digelar di Bogor Mei Mendatang

Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia di Bogor akan menghadirkan sekitar 50 tokoh

Senin, 12/03/2018 20:09 0

Indonesia

Ganti Pengurus, Ini Ketua GNPF Ulama Pengganti Ustadz Bachtiar Nasir

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama baru saja melakukan perombakan kepengurusan

Senin, 12/03/2018 18:22 1

Suara Pembaca

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

Senin, 12/03/2018 18:11 0

Indonesia

Rombak Kepengurusan, GNPF Ulama Konsisten Soroti Isu Keumatan

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama berencana menyelenggarakan Kongres umat Islam pada April 2018 mendatang di Jakarta.

Senin, 12/03/2018 17:15 0

Indonesia

Partai Aceh Tegas Tolak Investasi BPKH di Tanah Wakaf Baitul Asyi Mekah

Partai Aceh (PA) menolak tegas rencana BPKH RI untuk mengambil alih pengelolaan Tanah Waqaf Aceh di Arab Saudi

Senin, 12/03/2018 16:17 0

Close