... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

KID ABA Luncurkan ‘Hidayah Autism Centre’

Foto: Peluncuran Hidayah Autism Centre (HAC)

KIBLAT.NET, Balikpapan – Klinik Intervensi Dini Applied Behaviour Analysis (KID ABA) Centre Kota Bekasi bekerjasama dengan Pendidikan Integral Lukman al-Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Karangbugis, Kota Balikpapan meluncurkan Hidayah Autism Centre (HAC) di Aula Pesantren Hidayatullah Karangbugis, pada Sabtu (10/3/2018) pekan kemarin.

KID ABA Bekasi merupakan sebuah klinik terapi khusus untuk penyandang autisme. Metode terapi yang digunakan adalah Smart ABA dan BIT, yang telah terbukti efektif dan efisien bisa menyembuhkan secara total anak-anak autis.

Peluncuran HAC ini secara resmi dilakukan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Sayid Muhdar. Dia didampingi oleh Owner KID ABA Bekasi serta Konsultan Smart ABA dan BIT, dr. Rudy Sutadi bersama Direktur Sekolah Integral Terpadu Pondok Pesantren Hidayatullah Karangbugis, Kota Balikpapan, Ustadz Muzakkir.

Dalam sambutannya mewakili walikota Balikpapan yang berhalangan hadir, Sayid Muhdar mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran HAC. Ia berharap dengan adanya HAC ini bisa mendukung perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus, terutama pendertia autis, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana anak-anak pada umumnya.

“Anak merupakan anugerah dari Allah. Kita tidak bisa memilih bagaimana rupa dan kondisi anak yang diamanahkan oleh Allah SWT. Tak semua anak terlahir dengan kondisi sempurna. Dan terkadang ada orangtua yang dikarunia anak-anak berkebutuhan khusus. Salah satunya adalah autis,” jelasnya.

Karena itu, Sayid mengajak para orangtua yang dikarunia anak-anak autis agar tidak merasa minder. Katanya, orangtua harus sanggup serta tetap semangat mempersiapkan anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus supaya mampu berkarya seperti anak pada umumnya.

“Tanpa stigma negatif dari masyarakat dan memperoleh penanganan yang tepat, sehingga mereka mampu berprestasi,” tegasnya mengimbau.

Ustadz Muzakkir mengungkapkan, sekolah integral terpadu (PG, TK, SD dan MTs) Lukman al-Hakim Pesantren Hidayatullah Karangbugis mendedikasikan pendidikan untuk segala macam latar belakang termasuk beragam murid berkebutuhan khusus seperti autis, down syndrom, celebral palsy, speed delay dan lain sebagainya.

“Karena menerima murid dari semua latar belakang itu, kami berupaya proporsional dengan pengelolaan yang insya Allah profesional. Makanya, kita hadirkan Hidayah Autism Centre ini dengan langsung menghadirkan dokter Rudy sebagai Pakar Autisme di Indonesia,” ujarnya.

Sementara, dr. Rudy Sutadi menjelaskan, autisme adalah suatu gangguan nerobiologis berat dengan gejala gangguan pada interaksi sosial, komunikasi verbal dan non-verbal serta minat dan perilaku yang terbatas, juga berulang-ulang.

“Gejala terlihat jelas sebelum usia 3 tahun. Dan akan terus berlanjut selama hidupnya kalau tidak diintervensi sejak dini,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa dokter Rudy ini pun berbagi tips bagaimana mendiagnosis apakah anak kita menderita autis atau tidak. Yakni dengan melalui 3 pertanyaan. Pertama, apakah pada usia 18 bulan anak kita memandang dan menunjuk saat ia ingin menunjukkan sesuatu? Kedua, apakah anak melihat ketika kita menunjukkan sesuatu? Dan ketiga, apakah anak bisa menggunakan imajinasi pada permainan pura-pura?

“Kalau ketiga pertanyaan ini gagal atau tidak bisa dilakukan anak kita, kemungkinan besar anak kita menderita autis. Kalau dua pertanyaan gagal, kemungkinan autis. Kalau satu gagal, masih mungkin autis. Dan kalau ketiganya lulus, kemungkinan bukan autis,” jelasnya.

Sumber: Humas Hidayatullah
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Setelah Dibakar, Desa Rohingya Dijadikan Markas Militer

Rakhine Stated telah berganti wajah. Menurut penjelasan Amnesty Internasional, kawasan yang dulunya merupakan perkampungan etnis Muslim Rohingya, kini diubah menjadi basis-basis militer.

Senin, 12/03/2018 18:08 0

Indonesia

Rombak Kepengurusan, GNPF Ulama Konsisten Soroti Isu Keumatan

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama berencana menyelenggarakan Kongres umat Islam pada April 2018 mendatang di Jakarta.

Senin, 12/03/2018 17:15 0

Suriah

Warga Ghouta Timur Tak Lihat Cahaya Matahari Tiga Pekan

Mereka berlindung di ruang bawa tanah rumah masing-masing untuk menghindari gempuran pasukan rezim

Senin, 12/03/2018 16:35 0

Indonesia

Partai Aceh Tegas Tolak Investasi BPKH di Tanah Wakaf Baitul Asyi Mekah

Partai Aceh (PA) menolak tegas rencana BPKH RI untuk mengambil alih pengelolaan Tanah Waqaf Aceh di Arab Saudi

Senin, 12/03/2018 16:17 0

Video Kajian

Dengki Kaum Yahudi Terhadap Umat Islam

KIBLAT.NET – Dengki Kaum Yahudi Terhadap Umat Islam. Dengki adalah rasa tidak sedang terhadap pihak...

Senin, 12/03/2018 15:57 0

Indonesia

Penyebab Negara Bangkrut dan Banyak Utang Karena Hilangnya Keimanan

Dai yang akrab disapa UBN itu menyebutkan ada beberapa pendidikan keimanan yang bisa diterapkan di masyarakat.

Senin, 12/03/2018 15:47 0

Eropa

Sekelompok Pria Bertopeng Bakar Masjid di Jerman

Serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah masjid lain yang dikunjungi oleh masyarakat Turki di Jerman diserang pada hari Jumat.

Senin, 12/03/2018 14:51 0

Video News

Editorial: Tebang Pilih Kasus Hoaks

KIBLAT.NET – Editorial: Tebang Pilih Kasus Hoaks. Sejak Februari hingga awal Maret, kepolisian telah menangkap...

Senin, 12/03/2018 14:47 0

Indonesia

Di Babel, MIUMI Tegaskan Visi dan Misi Persatuan Umat

MIUMI berharap dapat menyatukan ghirah yang ada di daerah-daerah dan satu komando untuk kemajuan Islam khususnya di Indonesia.

Senin, 12/03/2018 13:40 0

Opini

Ekonomi Islam di Indonesia, Kini dan Nanti

Seiring dengan itu, maka dirasa perlu bagi kita untuk memetakan faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut, pertama, masih minimnya peran ulama dalam mengimplementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam kajian di masjid.

Senin, 12/03/2018 12:04 0

Close