... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Galeri

Editorial: Tebang Pilih Kasus Hoaks

KIBLAT.NET – Editorial: Tebang Pilih Kasus Hoaks. Sejak Februari hingga awal Maret, kepolisian telah menangkap enam orang terkait kasus penyebaran hoaks atau berita bohong dan ujaran kebencian. Mereka ditangkap di lokasi berbeda dan segera ditetapkan sebagai tersangka.

Polisi menyatakan keenam orang itu tergabung dalam kelompok Muslim Cyber Army (MCA), dan masuk di grup WhatApp bernama The Family MCA.

Polisi menyebut grup itu bukan satu-satunya grup WhatsApp yang memakai nama MCA atau menyerupainya, dimana para tersangka ikut bergabung di dalamnya.

Isu tentang hoaks dan dikaitkan dengan Muslim Cyber Army (MCA) itu seketika menjadi bahan berita utama media-media nasional. Keterangan polisi hanya menjadi satu-satunya rujukan dan sumber berita.

Bahkan, saking pentingnya isu soal MCA sampai-sampai Presiden Jokowi mengobarkan perang melawan hoaks. Padahal saat bersamaan banyak kasus hoaks lain diabaikan. Mengapa demikian? Simak editorial selengkapnya di sini!

Redaktur: Salem


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Di Babel, MIUMI Tegaskan Visi dan Misi Persatuan Umat

MIUMI berharap dapat menyatukan ghirah yang ada di daerah-daerah dan satu komando untuk kemajuan Islam khususnya di Indonesia.

Senin, 12/03/2018 13:40 0

Opini

Ekonomi Islam di Indonesia, Kini dan Nanti

Seiring dengan itu, maka dirasa perlu bagi kita untuk memetakan faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut, pertama, masih minimnya peran ulama dalam mengimplementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam kajian di masjid.

Senin, 12/03/2018 12:04 0

Indonesia

Mendagri Minta Kepala Daerah di 14 Provinsi Awasi Mantan Napi Terorisme

Ia pun akan menginstruksikan kepada kepala daerah yang tersebar di 14 provinsi dimana para mantan napi terorisme tersebut tinggal untuk memantau dan melakukan pembinaan kepada mereka.

Senin, 12/03/2018 11:15 0

Indonesia

Rencana Investasi BPKH Pakai Tanah Wakaf Rakyat Aceh di Mekah Ditentang

Komite Persatuan Pemuda Aceh (KOPPA) menentang rencana investasi BPKH di tanah wakaf rakyat Aceh di Mekah

Senin, 12/03/2018 10:21 0

Suriah

Gempuran Tak Henti, Warga Ghouta Tak Sempat Gelar Pemakaman

Jenazah yang sudah dikafani dengan kain seadanya itu dikumpulkan di sebuah ruangan karena serangan udara yang terus terjadi.

Senin, 12/03/2018 10:05 0

Artikel

War On Hoax: Kritis Tanpa Hoax

Di Amerika Serikat pula, Hoax yang dampaknya sangat massif dan dibuat oleh penguasa atau pemerintah. Hal ini terjadi pada masa pemerintahan George W. Bush. Ketika pada pada tahun 2002 menuduh pemeritah Irak di bawah Saddam Hussein memiliki senjata pemusnah massal.

Senin, 12/03/2018 09:00 0

Suriah

Al-Jazeera: Militer Suriah Pecah Wilayah Ghouta Timur

Kondisi itu terjadi setelah militer Suriah dan sekutunya merebut kota Mudira yang terletak di sektor pusat Ghouta Timur. Sebelumnya, mereka merebut kota Beit Siwa dan Misraba.

Senin, 12/03/2018 07:57 0

Artikel

Ketika Polisi Jadi Santri Instan di Ngruki

Hanya yang masih ganjil bagi saya, dan juga sebagian kawan-kawan alumni, kok belajarnya cuma dua hari? Bagi kami para alumni yang berpengalaman nyantri 4 hingga 6 tahun, bisa mengukur kira-kira dapat apa kalau cuma belajar agama hanya dua hari saja.

Senin, 12/03/2018 07:01 0

Indonesia

Info Kebocoran NIK, Kemkominfo Salahkan MCA

Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto mengatakan ada penyerangan info terkait kebocoran data NIK dan KK dalam registrasi kartu prabayar.

Ahad, 11/03/2018 21:43 0

Afghanistan

Taliban Serang Pasukan Khusus Afghan di Provinsi Farah

Pejabat-pejabat pemerintah mengatakan situasi keamanan di Farah terus memburuk selama dua tahun terakhir sejak Taliban mengkonsentrasikan operasi-operasi militer mereka ke provinsi bagian barat negara itu.

Ahad, 11/03/2018 21:30 0

Close