... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pushami: Larangan Cadar di UIN Jogja Tabrak Instruksi Menristek Dikti

Foto: Veil banning.

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Pengkajian Kebijakan Strategis Pusat HAM Islam Indonesia (PUSHAMI), Jaka Setiawan, mengatakan bahwa Surat Keputusan (SK) pelarangan cadar di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta bertentangan dengan intruksi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Intruksi itu melarang adanya kebijakan diskriminasi di dalam Perguruan Tinggi (PT).

“SK nomor B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang Larangan Cadar di UIN SaKa, SK itu bertentangan dengan istruksi Menristek Dikti bahwa kebijakan PT tidak boleh diskriminatif,” ungkapnya kepada Kiblat.net, Selasa (06/03/2018).

Jaka juga mengungkapkan Rektor UIN Saka, Yudian Wahyudi, perlu dites ke psikolog, karena menurutnya, SK yang dikeluarkan tersebut adalah bentuk ekspresi Islamophobia personal yang diturunkan ke dalam kebijakan kampus yang diskriminatif.

“Jadi yang perlu dibina adalah rektornya, karena diduga mengidap Islamphobia. Masa iya, di kampus Islam khazanah Islam mau dibredel, aneh. Kalau overdosis deradikalisai kebablasan, ya ujungnya bakal Islamphobia,” ungkapnya.

Terlebih lagi, lanjut Jaka, Cadar urusan khilafiyah atau masih dalam perdebatan ulama. Karenanya, kapasitas Yudian sebagai rektor patut dipertanyakan karena SK tersebut dinilai tidak arif bahkan diskriminatif.

Jaka menyebut bahwa pembinaan terhadap mahasiswi bercadar yang dilakukan pihak universitas jangan sampai jadi riset terselubung yang ujung-ujungnya adalah anggaran.

“Mahasiwi yang dibina jangan dijadikan responden terselubung. Mudah-mudahan kabar ini tidak benar. Ini moral hazard rektor wajib dicopot. karena prinsip penelitian harus transparan dan akuntable,” ungkapnya.

BACA JUGA  DPR: Impor Beras Akan Mematikan Petani Indonesia

Lalu, terkait mahasiswi yang memilih untuk mempertahankan pendiriannya dan enggan mundur dari universitas, Jaka menyarankan para mahasiswi ini untuk melapor ke Komnas HAM dan Protes ke Kemenristek Dikti, maupun ke Ombusdman.

“Jika yang dirugikan bersedia, Pushami siap advokasi sampai selesai, Free, Kita probono. Kadang-kadang korban ini tidak berani. Karenanya Komnas HAM dan RistekDikti harus nya lebih persuasif, pejabat-pejabat ini harus jemput bola soal diskriminasi ini apapagi mereka dibiayai negara, tapi faktanya mereka pasif,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Pesawat Pengangkut Antonov-26 Rusia Jatuh di Suriah, 32 Tewas

Kementerian pertahanan membentuk sebuah komisi penyelidikan untuk mengidentifikasi penyebab jatuhnya pesawat.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Rektor UIN Kalijaga Larang Cadar, KAMMI: Ini Bukti Belum Ada Kebebasan

Bagian Pengkajian Strategis Komunitas Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) IAIN Surakarta, Wawan Triyono menyayangkan kebijakan rektor UIN Sunan Kalijaga yang melarang mahasiswi bercadar. Karena menurutnya, penggunaan cadar bagi mahasiswa adalah hak kebebasan bagi individu.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Larang Mahasiswi Bercadar, UIN Kalijaga Ikuti Keinginan Kemenag

Menurut Yudian, alasan dibuatnya surat edaran tersebut karena Kementrian Agama ingin menyebarkan Islam yang moderat

Selasa, 06/03/2018 21:24 0

News

KH. Ma’ruf Amin: Cadar Secara Islam Boleh, Kenapa UIN Kalijaga Melarang?

Pelarangan cadar di UIN Sunan Kalijaga turut menjadi sorotan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin. Ia menegaskan bahwa secara Islam, cadar diperbolehkan.

Selasa, 06/03/2018 19:11 0

Suriah

Konvoi Bantuan PBB Tinggalkan Ghouta Sebelum Bongkar Muatan

Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan tim. Rombongan balik saat sembilan truk dalam proses bongkar muatan.

Selasa, 06/03/2018 18:10 0

Syam

Pentagon Umumkan Libur Perang Lawan ISIS, Kenapa?

Meskipun nampaknya tidak mungkin bagi AS untuk mengubah rencana & strategi militernya di Suriah, pada hari Senin (05/03/2018) Pentagon mengumumkan untuk menghentikan sementara operasi militer dalam kampanye perang melawan ISIS di Suriah.

Selasa, 06/03/2018 16:03 0

Amerika

Survei: Keluarga Militer AS Alami Kesulitan Finansial

Survei menunjukkan bahwa 60 persen responden mengatakan tidak memiliki cukup tabungan untuk menutupi biaya hidup selama tiga bulan.

Selasa, 06/03/2018 14:34 0

Somalia

Lagi, Operasi Al-Syabab Makan Korban Tentara Uni Afrika

Kelompok jihadis al-Syabaab cabang al-Qaidah di Somalia dan Afrika Timur mengumumkan bertanggung jawab atas sejumlah serangan terhadap tentara nasional Somalia dan pasukan Uni Afrika.

Selasa, 06/03/2018 07:53 0

Pakistan

Nikahi Pria Pakistan, Puluhan Muslimah Xinjiang Ditahan Cina

Cina diduga telah menahan puluhan wanita Muslimah dari provinsi Xinjiang karena menikahi pria dari wilayah perbatasan utara Pakistan. Penangkapan dilakukan sejak setahun lalu ketika mereka mudik dan berkunjung ke kampung halamannya.

Senin, 05/03/2018 21:31 0

Suara Pembaca

Koma 4 Hari Akibat Kecelakaan, Ustadz Ini Butuh Uluran Tangan

Ayo bantu, keluarkan bantuan terbaik Anda untuk ustadz Kholis!

Senin, 05/03/2018 19:24 0

Close