... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua MUI Bandung Ajak Masyarakat Ikut Gerakan Wakaf Dana Abadi

Foto: Ketua MUI Bandung Prof Miftah Faridl

KIBLAT.NET, Bandung – Ketua MUI Bandung yang juga Ketua Dewan Pembina Sinergi Foundation, Prof. Dr. KH Miftah Faridl mengimbau masyarakat untuk turut dalam Gerakan Wakaf Dana Abadi. Ini disampaikan dalam Launching Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation di Masjid Ansharullah, Jl. Cibiru Beet, Rt 003 Rw 015, Desa Cileunyi Wetan Kec Cileunyi, Bandung, Sabtu (03/02/2018).

“Gerakan wakaf ini bisa dilakukan secara berjamaah dengan mengumpulkan dana sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan bersama,” katanya.

Tak harus nominal besar, papar Ustaz Miftah, bisa dengan mengumpulkan uang sebesar Rp10 ribu per bulan. “Nantinya setelah terkumpul, bisa untuk membeli lahan atas nama wakaf kemudian diproduktifkan, yang hasilnya bisa digunakan untuk kemaslahatan masyarakat.” terangnya.

Ia menilai gerakan ini amat mungkin digalakkan di masyarakat. Ini bisa diaplikasikan, kata Ustaz Miftah, jika masyarakat saling bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Karenanya tidak boleh sendiri-sendiri. Ini seperti yang dinyatakan Allah, inna allaaha yuhibbu alladziina yuqaatiluuna fii sabiilihi shaffan ka-annahum bunyaanun marshuushun, Allah itu mencintai orang-orang yang berjuang itu dengan organisasi yang rapi, tidak sendiri-sendiri,” ia mengutip surah As Shaf ayat 4.

Gerakan ini, menurutnya, bisa bersinergi dengan pemerintah. Jika minimalnya 30 juta masyarakat Indonesia berwakaf Rp10 ribu perorang, maka sudah terhimpun sebesar Rp300 miliar, dan bisa disalurkan untuk banyak maslahat. Sebab itu, dalam hal ini, ia memandang perlunya seluruh umat bersatu menggerakkan wakaf.

BACA JUGA  Perilaku One Night Stand di Kalangan Millenial Jadi Tantangan Para Pendakwah

Ustadz Miftah memaparkan, bersinergi dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah, menjaga kesatuan umat Islam, meningkatkan kualitas pendidikan, bahkan dalam konteks wakaf ini bisa menaikkan ekonomi umat.

Ia pun menegaskan pentingnya wakaf. Ustadz Miftah menuturkan, ketika meninggal nanti, wakaf adalah investasi. “Di alam kubur, shalat tidak bisa, dzikir tidak bisa, dakwah tidak bisa, tapi masih ada wakaf sebagai investasi abadi yang mengalirkan pahala meski kita telah tiada di dunia. Maka itu, wakaf harus menjadi program hidup kita,” tandasnya.

Dalam helatan Launching Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation, Prof KH Miftah Faridl sendiri turut menandatangani MoU antara Sinergi Foundation dan yayasan Al Fatih Pilar Peradaban. Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation adalah lembaga pendidikan gratis pertama untuk semua kalangan yang berbasis wakaf.

Sumber: News Room Sinergi Foundation
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Ghouta dan Doa-doa Kita

Tujuh tahun doa kaum muslimin untuk kehancuran Bashar Assad, tapi kondisi makin kacau dan rezim Suriah makin kuat. Apa yang salah?

Rabu, 07/03/2018 14:00 0

Suriah

Ini Daftar Kejahatan Perang Rezim Suriah dan Rusia di Ghouta Timur

Rezim Assad telah melakukan kejahatan perang dengan menggunakan senjata kimia dan menolak untuk mengevakuasi warga di Ghouta timur.

Rabu, 07/03/2018 13:41 0

Rusia

Dephan Rusia: Seluruh Korban Antonov 26 Tentara Aktif

Dephan Rusia mengungkapkan bahwa seluruh korban tewas adalah anggota militer aktif Rusia. Mereka terdiri dari 26 penumpang dan 6 awak pesawat. Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

Rabu, 07/03/2018 09:35 0

Rusia

Pesawat Pengangkut Antonov-26 Rusia Jatuh di Suriah, 32 Tewas

Kementerian pertahanan membentuk sebuah komisi penyelidikan untuk mengidentifikasi penyebab jatuhnya pesawat.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Rektor UIN Kalijaga Larang Cadar, KAMMI: Ini Bukti Belum Ada Kebebasan

Bagian Pengkajian Strategis Komunitas Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) IAIN Surakarta, Wawan Triyono menyayangkan kebijakan rektor UIN Sunan Kalijaga yang melarang mahasiswi bercadar. Karena menurutnya, penggunaan cadar bagi mahasiswa adalah hak kebebasan bagi individu.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Larang Mahasiswi Bercadar, UIN Kalijaga Ikuti Keinginan Kemenag

Menurut Yudian, alasan dibuatnya surat edaran tersebut karena Kementrian Agama ingin menyebarkan Islam yang moderat

Selasa, 06/03/2018 21:24 0

News

KH. Ma’ruf Amin: Cadar Secara Islam Boleh, Kenapa UIN Kalijaga Melarang?

Pelarangan cadar di UIN Sunan Kalijaga turut menjadi sorotan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin. Ia menegaskan bahwa secara Islam, cadar diperbolehkan.

Selasa, 06/03/2018 19:11 0

Suriah

Konvoi Bantuan PBB Tinggalkan Ghouta Sebelum Bongkar Muatan

Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan tim. Rombongan balik saat sembilan truk dalam proses bongkar muatan.

Selasa, 06/03/2018 18:10 0

Syam

Pentagon Umumkan Libur Perang Lawan ISIS, Kenapa?

Meskipun nampaknya tidak mungkin bagi AS untuk mengubah rencana & strategi militernya di Suriah, pada hari Senin (05/03/2018) Pentagon mengumumkan untuk menghentikan sementara operasi militer dalam kampanye perang melawan ISIS di Suriah.

Selasa, 06/03/2018 16:03 0

Amerika

Survei: Keluarga Militer AS Alami Kesulitan Finansial

Survei menunjukkan bahwa 60 persen responden mengatakan tidak memiliki cukup tabungan untuk menutupi biaya hidup selama tiga bulan.

Selasa, 06/03/2018 14:34 0

Close