... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Kalimantan Utara, Warga Keberatan Ada Toko Gunakan Simbol 212

KIBLAT.NET, Malinau – Warga Kabupaten Malinau Kalimantan Utara menolak keberadaan toko oli yang diberi simbol 212 yang terletak di Jalan AMD No 81 Kecamatan Malinau Kota.

Salah seorang warga yang menolak ialah Steven Luhung. Ia menyatakan tidak menerima adanya simbol 212 karena dapat memicu perpecahan antar umat beragama di daerahnya.

Seperti dilansir dari Antaranews, plang toko bernama Toko Oli 212 ini dipasang Jumat, 2 Maret 2018 dengan ukuran besar di depan toko milik seorang pemuda bernama Rizki (22 tahun).

Setelah diketahui sejumlah warga setempat, mereka melakukan protes melalui media sosial Facebook. Mereka mengklaim keberadaan simbol tersebut dapat menimbulkan isu SARA di Kabupaten Malinau yang berujung pada kekisruhan.

Warga pun meminta polisi untuk mengusut maksud pemberian simbol pada toko 212 itu. “Kami tidak melakukan protes dengan aksi, kami sudah serahkan kepada aparat kepolisian untuk mengusut apa maksud pemberian simbol 212 pada tokonya,” kata Steven.

Steven bahkan menuding Rizki pernah menggunakan logo ISIS di rumahnya namun tidak diproses hukum oleh aparat kepolisian.

Menanggapi hal itu, Rizki yang beralamat di Jalan AMD Nomor 81 RT16 Kecamatan Malinau Kota mengatakan tidak ada niat untuk mengusung unsur SARA dengan pemasangan baliho yang mencantumkan toko oli 212 itu.

Ia menegaskan pula sama sekali tidak ada unsur politik atas nama tokonya itu kecuali kebanggaannya terhadap aksi 212 yang dilakukan umat Islam pada 2016. Rizki mengutarakan proses dilakukan warga setempat karena angka 1 diganti dengan gambar Monas.

BACA JUGA  Aneh, Mahfud MD Ngaku Dihubungi Napi Korupsi Lewat Whatsapp

“Warga di sini protes sama baliho yang saya pasang karena mengganti angka satu dengan gambar Monas,” kata dia.

Pemuda ini juga membantah soal tudingan pernah berurusan dengan Polisi di Kabupaten Malinau karena ditemukan logo ISIS di rumahnya. Padahal, kata dia yang mengenakan baju berlogo ISIS ialah tetangganya yang menyewa rumah di sebelah rumahnya. Pria tersebut didapati memakai baju berlogo kalimat tauhid dan itu bukanlah dirinya.

Lebih lanjut, baliho toko miliknya memang baru dipasang pada Jumat lalu sebagai alat promosi. Sebelumnya, toko miliknya itu menggunakan nama yang sama yakni Toko Oli 212 dan tidak pernah dipersoalkan warga setempat.

 

Sumber: Antaranews
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Di Kalimantan Utara, Warga Keberatan Ada Toko Gunakan Simbol 212”

  1. Fariz

    Yh mempersoalkan 212 malah yg sebenarnya meresahkan Dan memecah belah umat…harus diwaspadai..org2 seperti in yg berterimakasih bhinneka padahal dia yg tdk menerima bhinneka (perbedaan)

  2. Ari

    Ada yg kepanasan dg logo islam

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Belum Puas, Rezim Assad Bombardir 10 Distrik di Ghouta Timur

Sedikitnya 10 warga sipil telah tewas dalam beberapa serangan yang dilancarkan pasukan rezim di Ghouta Timur baru-baru ini.

Rabu, 07/03/2018 14:27 0

Opini

Ghouta dan Doa-doa Kita

Tujuh tahun doa kaum muslimin untuk kehancuran Bashar Assad, tapi kondisi makin kacau dan rezim Suriah makin kuat. Apa yang salah?

Rabu, 07/03/2018 14:00 0

Suriah

Ini Daftar Kejahatan Perang Rezim Suriah dan Rusia di Ghouta Timur

Rezim Assad telah melakukan kejahatan perang dengan menggunakan senjata kimia dan menolak untuk mengevakuasi warga di Ghouta timur.

Rabu, 07/03/2018 13:41 0

Rusia

Dephan Rusia: Seluruh Korban Antonov 26 Tentara Aktif

Dephan Rusia mengungkapkan bahwa seluruh korban tewas adalah anggota militer aktif Rusia. Mereka terdiri dari 26 penumpang dan 6 awak pesawat. Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

Rabu, 07/03/2018 09:35 0

Rusia

Pesawat Pengangkut Antonov-26 Rusia Jatuh di Suriah, 32 Tewas

Kementerian pertahanan membentuk sebuah komisi penyelidikan untuk mengidentifikasi penyebab jatuhnya pesawat.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Rektor UIN Kalijaga Larang Cadar, KAMMI: Ini Bukti Belum Ada Kebebasan

Bagian Pengkajian Strategis Komunitas Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) IAIN Surakarta, Wawan Triyono menyayangkan kebijakan rektor UIN Sunan Kalijaga yang melarang mahasiswi bercadar. Karena menurutnya, penggunaan cadar bagi mahasiswa adalah hak kebebasan bagi individu.

Selasa, 06/03/2018 21:46 0

News

Larang Mahasiswi Bercadar, UIN Kalijaga Ikuti Keinginan Kemenag

Menurut Yudian, alasan dibuatnya surat edaran tersebut karena Kementrian Agama ingin menyebarkan Islam yang moderat

Selasa, 06/03/2018 21:24 0

News

KH. Ma’ruf Amin: Cadar Secara Islam Boleh, Kenapa UIN Kalijaga Melarang?

Pelarangan cadar di UIN Sunan Kalijaga turut menjadi sorotan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin. Ia menegaskan bahwa secara Islam, cadar diperbolehkan.

Selasa, 06/03/2018 19:11 0

Suriah

Konvoi Bantuan PBB Tinggalkan Ghouta Sebelum Bongkar Muatan

Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan tim. Rombongan balik saat sembilan truk dalam proses bongkar muatan.

Selasa, 06/03/2018 18:10 0

Syam

Pentagon Umumkan Libur Perang Lawan ISIS, Kenapa?

Meskipun nampaknya tidak mungkin bagi AS untuk mengubah rencana & strategi militernya di Suriah, pada hari Senin (05/03/2018) Pentagon mengumumkan untuk menghentikan sementara operasi militer dalam kampanye perang melawan ISIS di Suriah.

Selasa, 06/03/2018 16:03 0

Close