... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rektor UIN Kalijaga Larang Cadar, KAMMI: Ini Bukti Belum Ada Kebebasan

Foto: KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia)

KIBLAT.NET, Solo- Bagian Pengkajian Strategis Komunitas Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) IAIN Surakarta, Wawan Triyono menyayangkan kebijakan rektor UIN Sunan Kalijaga yang melarang mahasiswi bercadar. Karena menurutnya, penggunaan cadar bagi mahasiswa adalah hak kebebasan bagi individu.

“Sangat disayangkan sekali, itu menjadi bukti belumnya adanya kebebasan,” ujarnya kepada kiblat.net di kawasan Tugu Kartasura pada Selasa (06/03/2018).

Seolah-olah, katanya, mereka yang mengenakan cadar kerap dianggap sebagai kaum radikal yang harus diwaspadai. Ia menegaskan bahwa kebijakan itu dikaji lebih lanjut apalagi mengenai radikalisme yang kerap disematkan kepada umat Islam.

“Karena menurut saya radikal di negeri ini tu banyak, tapi kenapa seolah-olah mereka yang menggunakan cadar dan umat Islam selalu yang menjadi kambing hitam. Cap radikal ini sekarang sangat banyak sekali ditujukan kepada orang-orang Islam,” sambugnya.

Sementara itu, ia mengaku tidak pernah melihat adanya kegiatan radikal yang dilakukan oleh muslimah atau mahasiswi yang menggunakan cadar. Bahkan, ia menilai bahwa mahasiswi yang menggunakan cadar adalah mahasiswa yang paling rajin dan taat kepada hukum, baik perkuliahan atau pun negara.

“Malah orang yang menggunakan cadar itu lebih taat kepada hukum, baik perkuliahan atau negara,” katanya.

Dengan demikian, ia meminta kepada rektor UIN Kalijaga untuk mencabut kebijakan tersebut. Karena ia khawatir, jika pelarangan tersebut tidak ditindak dengan tegas dan dibiarkan begitu saja, maka ada kemungkianan akan timbul kebijakan-kebijakan lainya yang akan lebih parah dari kebijakan tersebut.

BACA JUGA  Karakter Pemuda Islam Sebagai Modal Kepemimpinan

“Saya berharap kepada rektor agar mencabut kembali lah kebijakan itu, dan memberikan kebebasan kepada muslimah yang mau bercadar,” ujarnya.

Reporter: Reno Alfian
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Siap Advokasi Korban, Fahira Idris Kecam Kebijakan Pelarangan Cadar

Ketua Komite III DPD RI yang membidangi persoalan pendidikan Fahira Idris menyayangkan kebijakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang melarang mahasiswinya untuk mengenakan cadar di dalam kampus.

Selasa, 06/03/2018 20:08 0

Indonesia

Soal Pemindahan ABB, Keluarga Belum Dapat Kepastian

Abdurrahim Ba'asyir putra Ustadz Abu Bakar Ba'asyir mengungkapkan bahwa wacana Jokowi untuk menjadikan ayahandanya sebagai tahanan rumah belum ada tindak lanjutnya.

Selasa, 06/03/2018 19:38 0

Indonesia

Kyai Ma’ruf Benarkan Pernah Usul Agar Ustadz ABB Diberi Grasi

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin mengakui bahwa pihaknya yang meminta agar Ustadz Abu Bakar Ba'asyir diberikan grasi.

Selasa, 06/03/2018 19:07 0

Indonesia

Wacana Pemindahan Ustadz ABB, Begini Kata Jusuf Kalla

Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengaku belum mengetahui perkembangan terkait adanya rencana pemindahan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir menjadi tahanan rumah atau rutan yang dekat dengan keluarganya. Kendati demikian, menurut JK wacana tersebut adalah kebijakan yang baik.

Selasa, 06/03/2018 17:34 0

Indonesia

Uji Materi UU Ormas, Saksi GNPF Ulama Ditolak MK

M. Kamil Pasha selaku perwakilan dari tim advokasi GNPF Ulama mengatakan tidak ada batas pengumpulan makalah sebagaimana diatur dalam undang-undang. 

Selasa, 06/03/2018 17:15 0

Indonesia

Keluarga Minta Ustadz ABB Jadi Tahanan Rumah, Bukan Dipindah

Perawatan medis yang dibutuhkan Ustadz ABB tidak akan terealisasi di lapas manapun, karena tidak sama seperti di rumah.

Selasa, 06/03/2018 17:00 0

Indonesia

BMKG: 6.000 Gempa Guncang Indonesia Setiap Tahun

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sebuah data bahwa dalam satu tahun, 6000 gempa melanda wilayah di seluruh Indonesia.

Selasa, 06/03/2018 16:35 0

Indonesia

Nasyiatul Aisyiah Tak Setuju Cadar Dikaitkan dengan Radikalisme

Dyah menekankan bahwa negara melindungi setiap warganya untuk menjalankan ibadah sesuai agama. Maka, tidak bisa jika kampus mengeluarkan mahasiswi hanya karena cadar.

Selasa, 06/03/2018 15:15 0

Indonesia

Krisis Afghanistan, Wapres JK: Semua Setuju Perang Lawan Amerika dan Rusia

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendatangi kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 06/03/2018 13:11 0

Indonesia

Kasus ABB, Australia Dinilai Tak Hormati Hukum Indonesia

Farid menegaskan bahwa tuduhan Australia untuk menghalang-halangi wacana Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Ustadz ABB sebagai tahanan rumah.

Selasa, 06/03/2018 12:22 0

Close