... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pentagon Umumkan Libur Perang Lawan ISIS, Kenapa?

Foto: Pasukan Amerika Serikat

KIBLAT.NET, Damaskus – Meskipun nampaknya tidak mungkin bagi AS untuk mengubah rencana & strategi militernya di Suriah, pada hari Senin (05/03/2018) Pentagon mengumumkan untuk menghentikan sementara operasi militer dalam kampanye perang melawan ISIS di Suriah. Alasannya, karena pasukan Kurdi YPG sedang sibuk berperang melawan Turki.

Selama ini strategi yang diterapkan Amerika dalam perang melawan ISIS di Suriah adalah “mencari aman”. Di banyak medan pertempuran, AS hanya ambil bagian dalam serangan udara dan dukungan artileri yang menargetkan daerah operasi tempur. Di waktu yang sama, milisi-milisi Kurdi YPG didorong untuk terjun langsung menghadapi musuh di darat sampai mereka berhasil menguasai wilayah.

Di bulan Januari, Turki menginvasi bagian utara Suriah dan menyerang Kurdi YPG di distrik Afrin. Saat itu Ankara pun bersumpah akan terus menyerbu wilayah YPG lainnya yang dimulai dari Manbij dan terus bergerak ke arah timur. Di pihak lain, pasukan milisi Kurdi YPG beserta sekutu-sekutu mereka hanya fokus mempertahankan wilayah di setiap operasi militer.

Situasi itu membuat AS tidak lagi punya opsi untuk meyakinkan YPG mengirim milisi-milisi mereka ke kota-kota gurun di bagian timur & tenggara Suriah yang ada ISISnya. Walaupun untuk saat ini, hal itu bukan masalah besar karena memang wilayah kekuasaan ISIS sudah semakin menyusut.

Eskalasi militer & invasi Turki yang terus meluas menyebabkan Kurdi YPG menjadi tidak efektif lagi bagi strategi AS di Suriah. Implikasi lainnya, pengerahan pasukan AS di Suriah menjadi kurang menemukan urgensinya. Semakin sedikit milisi YPG yang bisa “dimanfaatkan” untuk mempertahankan wilayah kosong bekas kekuasaan ISIS yang sangat luas di Deir Ezzor. Maka cara paling mudah bagi Pentagon adalah mengumumkan “libur” perang melawan ISIS.(Syaf)

BACA JUGA  CBA: Dana Pemulihan Belum Cair, Korban Gempa Lombok Kena PHP Pemerintah

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Nasyiatul Aisyiah Tak Setuju Cadar Dikaitkan dengan Radikalisme

Dyah menekankan bahwa negara melindungi setiap warganya untuk menjalankan ibadah sesuai agama. Maka, tidak bisa jika kampus mengeluarkan mahasiswi hanya karena cadar.

Selasa, 06/03/2018 15:15 0

Indonesia

Krisis Afghanistan, Wapres JK: Semua Setuju Perang Lawan Amerika dan Rusia

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendatangi kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 06/03/2018 13:11 0

Indonesia

Kasus ABB, Australia Dinilai Tak Hormati Hukum Indonesia

Farid menegaskan bahwa tuduhan Australia untuk menghalang-halangi wacana Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Ustadz ABB sebagai tahanan rumah.

Selasa, 06/03/2018 12:22 0

Indonesia

TPM Duga Pemindahan Ustadz ABB ke Lapas Jateng Karena Protes Australia

Farid menegaskan bahwa Ustadz ABB tidak terlibat dalam Bom Bali atau aksi bom lain yang menyangkut luar negeri. Ia meminta agar peristiwa itu tidak disangkutpautkan dengan Ustadz ABB.

Selasa, 06/03/2018 12:00 0

Indonesia

Polri Bantah Akun Twitter @Cak_Luth Milik Anggota MCA

Fadil menyebut bagaimana orang yang sudah ditahan polisi masih bisa bermain internet. "Gimana orang dalam penjara itu main (sosmed), bukan milik dia itu akun," ungkapnya lagi.

Selasa, 06/03/2018 10:51 0

Indonesia

Australia Tekan Indonesia Tak Beri Keringanan kepada ABB

“Kami berharap keadilan terhadap terpidana terorisme Baayir diteruskan dan dilakukan sepenuhnya, ia sudah seharusnya tidak diizinkan untuk menghasut orang lain melakukan serangan lainya di masa depan terhadap warga sipil yang tak bersalah,” ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Australia, Sabtu lalu, seperti dilansir dari Republika.

Selasa, 06/03/2018 08:59 0

Indonesia

Oki Setiana Dewi Minta Artis Dilibatkan dalam Aksi-aksi Bela Palestina

dari kalangan artis sudah banyak yang berhijrah dan mempunyai ghiroh yang luar biasa sehingga dapat dilibatkan dalam kunjungan ke pengungsian Palestina.

Selasa, 06/03/2018 08:20 0

Indonesia

Polisi Sebut Isu Penyerangan Ulama Hoaks, Ini Kata Fadli Zon

Pemerintah dinilai blunder dalam melemparkan statement menyikapi suatu isu. Terutama yang masih hangat, isu penyerangan ulama. Wakil Ketua DPR RI bahkan menilai kerja aparat keamanan dengan statement itu memunculkan asumsi tidak baik (apriori) di masyarakat.

Senin, 05/03/2018 20:55 0

Indonesia

BMKG: Self Asistance Perlu Ditingkatkan dalam Hadapi Bencana

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendukung sepenuhnya upaya mitigasi (tindakan mengurangi dampak bencana) demi menciptakan masyarakat terampil, cekatan dan terlatih dalam menolong dirinya sendiri saat terjadi bencana.

Senin, 05/03/2018 19:58 0

Indonesia

Polisi Diminta Adil Tangkap Penyebar Hoaks

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini menegaskan bahwa masyarakat harus berhenti untuk memberikan dan menyebarkan kabar hoaks. Menurutnya, hoaks bisa menimbulkan instabilitas negara.

Senin, 05/03/2018 19:31 0

Close