... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KH. Ma’ruf Amin: Cadar Secara Islam Boleh, Kenapa UIN Kalijaga Melarang?

Foto: Ketua MUI, KH. Ma'ruf Amin

KIBLAT.NET, Jakarta- Pelarangan cadar di UIN Sunan Kalijaga turut menjadi sorotan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin. Ia menegaskan bahwa secara Islam, cadar diperbolehkan.

“Tentu harus kita mendengar kenapa cadar itu dilarang. Cadar secara Islam boleh, jadi karena aspek apa sehingga UIN Kalijaga itu melarang,” katanya kepada Kiblat.net di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (06/03/2018).

Ia juga mengatakan bahwa alasan pelarangan cadar ini harus jelas dan masuk akal. Bahkan, harus jelas pula kemaslahatan dari peraturan tersebut.

“Itu yang harus kita tahu bahwa bercadar itu bagus menurut Islam, menutupi wajahnya. Tapi ada gangguan apa, kita harus tahu,” tuturnya.

Rais Aam PBNU ini mencontohkan seperti perawat di rumah sakit. Menurutnya, di rumah sakit sempat ribut karena lengan baju harus diangkat keatas. Ternyata, kata dia, supaya dalam memberi pelayanan tidak mengganggu.

“Dan supaya tidak ada bakteri yang menempel. Nah, ini berarti ada alasannya. Maka alasannya melarang cadar masuk akal nggak. Kalau nggak, nggak usah dilarang,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kyai Ma’ruf Benarkan Pernah Usul Agar Ustadz ABB Diberi Grasi

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin mengakui bahwa pihaknya yang meminta agar Ustadz Abu Bakar Ba'asyir diberikan grasi.

Selasa, 06/03/2018 19:07 0

Indonesia

Wacana Pemindahan Ustadz ABB, Begini Kata Jusuf Kalla

Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengaku belum mengetahui perkembangan terkait adanya rencana pemindahan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir menjadi tahanan rumah atau rutan yang dekat dengan keluarganya. Kendati demikian, menurut JK wacana tersebut adalah kebijakan yang baik.

Selasa, 06/03/2018 17:34 0

Indonesia

Uji Materi UU Ormas, Saksi GNPF Ulama Ditolak MK

M. Kamil Pasha selaku perwakilan dari tim advokasi GNPF Ulama mengatakan tidak ada batas pengumpulan makalah sebagaimana diatur dalam undang-undang. 

Selasa, 06/03/2018 17:15 0

Indonesia

Keluarga Minta Ustadz ABB Jadi Tahanan Rumah, Bukan Dipindah

Perawatan medis yang dibutuhkan Ustadz ABB tidak akan terealisasi di lapas manapun, karena tidak sama seperti di rumah.

Selasa, 06/03/2018 17:00 0

Indonesia

BMKG: 6.000 Gempa Guncang Indonesia Setiap Tahun

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sebuah data bahwa dalam satu tahun, 6000 gempa melanda wilayah di seluruh Indonesia.

Selasa, 06/03/2018 16:35 0

Indonesia

Nasyiatul Aisyiah Tak Setuju Cadar Dikaitkan dengan Radikalisme

Dyah menekankan bahwa negara melindungi setiap warganya untuk menjalankan ibadah sesuai agama. Maka, tidak bisa jika kampus mengeluarkan mahasiswi hanya karena cadar.

Selasa, 06/03/2018 15:15 0

Indonesia

Krisis Afghanistan, Wapres JK: Semua Setuju Perang Lawan Amerika dan Rusia

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendatangi kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 06/03/2018 13:11 0

Indonesia

Kasus ABB, Australia Dinilai Tak Hormati Hukum Indonesia

Farid menegaskan bahwa tuduhan Australia untuk menghalang-halangi wacana Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Ustadz ABB sebagai tahanan rumah.

Selasa, 06/03/2018 12:22 0

Indonesia

TPM Duga Pemindahan Ustadz ABB ke Lapas Jateng Karena Protes Australia

Farid menegaskan bahwa Ustadz ABB tidak terlibat dalam Bom Bali atau aksi bom lain yang menyangkut luar negeri. Ia meminta agar peristiwa itu tidak disangkutpautkan dengan Ustadz ABB.

Selasa, 06/03/2018 12:00 0

Indonesia

Polri Bantah Akun Twitter @Cak_Luth Milik Anggota MCA

Fadil menyebut bagaimana orang yang sudah ditahan polisi masih bisa bermain internet. "Gimana orang dalam penjara itu main (sosmed), bukan milik dia itu akun," ungkapnya lagi.

Selasa, 06/03/2018 10:51 0

Close