Lagi, Israel Tembak Mati Warga Palestina

KIBLAT.NET, Gaza – Lantaran khawatir memasuki wilayahnya, pasukan Israel menembak mati seorang petani di perbatasan Gaza dengan Israel. “Seorang petani Palestina berusia 59 tahun tewas setelah ditembak oleh pasukan Israel di Gaza pada hari Sabtu,”kata Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza sebagaimana dikutip dari Haaretz, Ahad (04/03/2018).

Menurut laporan Palestina, pria tersebut bernama Muhammad Atah Abu Jama. Ia ditembak saat bekerja di lahan pertanian yang dia miliki di sebelah timur Khan Younis. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa dia terluka parah dan selanjutnya dievakuasi ke rumah sakit. Kondisinya kemudian memburuk dan dokter mengumumkan dia meninggal.

Menurut tentara Israel, orang tersebut memasuki zona penyangga yang dibatasi dan mendekati pagar perbatasan Gaza dengan Israel. Dia ditembak setelah pasukan militer khawatir dia akan berusaha menyeberang.

Kendati demikian, Saksi mata yang dikutip dalam laporan Palestina mengatakan bahwa petani itu sendiri serta tidak nampak adanya upaya sang korban untuk menyeberang ke wilayah yang dilarang. Dia ditembak oleh tentara yang ditempatkan di sebuah pos pengamatan.

Untuk diketahui, Pada Jumat lalu telah terjadi bentrokan di beberapa lokasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan 16 orang luka ringan akibat tembakan langsung. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu seorang pria Palestina juga ditembak mati oleh pasukan Angkatan Laut Israel setelah kapal tersebut berlayar melewati zona terlarang di sebelah utara Jalur Gaza.

BACA JUGA  Pria Palestina Ini Dipenjara Israel Selama 39 Tahun

Menurut juru bicara Israel Defence Force (IDF), kapal tersebut yang membawa tiga orang tidak menanggapi seruan yang ada. Akhirnya militer Israel melepaskan tembakan. Dua orang lainnya di kapal ditahan untuk diinterogasi.

Sumber: Haaretz.com
Redaktur: Afriza DS

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat