... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tanah Longsor Bencana Paling Mematikan di Awal 2018

Foto: Bencana tanah longsor

KIBLAT.NET, Jakarta – Data bencana yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap tanah lonsor sebagai bencana paling mematikan, dengan jumlah korban jiwa paling banyak dibandingkan bencana lain.

Menurut rilis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dampak yang ditimbulkan oleh seluruh bencana di awal tahun 2018 adalah sebanyak 72 korban jiwa. Jumlah itu merupakan akumulasi dalam kurun waktu 2 bulan, terhitung dari Januari hingga akhir Februari 2018.

“Dari korban 72 jiwa meninggal dan hilang, bencana longsor adalah jenis bencana yang banyak jumlah korbannya. Tercatat 45 jiwa meninggal dunia dan hilang akibat longsor. Sedangkan banjir 18 jiwa, puting beliung 6 jiwa, banjir dan longsor 2 jiwa, dan gempabumi 1 jiwa,” ungkap Sutopo melalui rilis tertulis yang diterima Kiblat pada Jumat (02/03/2018).

Longsor, kata Sutopo, menjadi bencana yang paling mematikan sejak tahun 2014 hingga sekarang. Sekitar 40,9 juta jiwa masyarakat Indonesia saat ini tinggal di daerah rawan longsor sedang hingga tinggi. Mereka tinggal di pegunungan, perbukitan dan lereng-lereng yang curam dengan kemampuan mitigasinya masih minim. Saat musim hujan seperti saat ini longsor marak terjadi. Sering longsornya kecil, namun karena di bawah terdapat rumah maka terjadi korban jiwa.

Karakter longsor memang penuh ketidakpastian. Sutopo menjelaskan bencana itu sulit dideteksi dan diprediksi secara pasti kapan akan terjadi. Meski tanah sudah bergerak, merekah hingga lebar mencapai 50 centimeter dengan panjang ratusan meter, namun tidak segera terjadi longsor.

BACA JUGA  Terkait Kebakaran Hutan, Pemerintah Dinilai Bermain-main Statistik

“Masyarakat awalnya sudah mengungsi. Namun karena longsor tidak segera terjadi, bahkan hingga berbulan-bulan akhirnya masyarakat kembali ke rumah untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari,” terangnya.

BNPB mengimbau masyarakat Indonesia agar lebih berhati-hati. Sutopo berpesan kepada masyarakat untuk mengenali lingkungan sekitarnya dan tidak lengah. Sebab, bencana dapat terjadi kapan saja.

“Masyarakat diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi banjir, longsor dan puting beliung. Potensi hujan selama Maret 2018 masih akan tetap tinggi,” tukas Sutopo.

Reporter: Afriza DS
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Gempuran Udara di Ghouta Timur Belum Berhenti

Gencatan senjata tak menghentikan serangan udara ke Ghouta Timur. Dua orang tewas akibat serangan jet tempur Rusia

Sabtu, 03/03/2018 08:35 0

Turki

Turki: Amerika Tak Bisa Mendikte Perang Kontra-Terorisme Kami

Turki tengah melancarkan Operasi Olive Branch di Afrin, Suriah barat laut, melawan kelompok kurdi YPG/ PKK juga ISIS di wilayah perbatasan. Terkait hal ini, Turki menyebut negara-negara Barat bersikap munafik.

Jum'at, 02/03/2018 18:30 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya!

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya! Ada beberapa hal yang dapat menuntun kita, agar selamat dan lulus dari ujian Allah. Simak khutbah berikut sampai akhir untuk mengetahuinya, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 16:11 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Siap Luncurkan Pendidikan Gratis Berbasis Wakaf

Sinergi Foundation berkolaborasi dengan Al Fatih Pilar Peradaban akan melaunching “Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation”

Jum'at, 02/03/2018 13:02 0

Pakistan

PPI Tim-Tengka Akan Gelar Simposium Bisnis Islam di Pakistan

Acara tahunan tersebut mengambil tema “Membumikan Nilai Islam Dalam Praktek Bisnis Modern di Indonesia”.

Jum'at, 02/03/2018 12:10 0

Video Kajian

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta. Saat ini, muslim Ghouta Timur, Damaskus, Suriah sedang berada dalam penderitaan akibat serangan bom dan peluru. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mereka? Simak rinciannya berikut, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 11:35 0

Rusia

Rusia: AS Dirikan 20 Pangkalan Militer di Suriah

Amerika Serikat mendukung milisi Kurdi PYD di Suriah dalam pertempuran di Raqqa dan Deir Al-Zour. Sebaran pasukan AS di Suriah pun semakin melebar.

Jum'at, 02/03/2018 09:15 0

Rusia

Rusia Selesai Uji Coba Jet Tempur Terbaru SU-57 di Suriah

Dia mengaku, bahwa uji coba tersebut berhasil. Saat ini, pesawat tersebut telah dipulangkan ke Rusia.

Jum'at, 02/03/2018 07:54 1

Foto

Melihat Ghouta Timur dari Udara

Sejauh mata memandang hanya kehancuran. Jalan-jalan tertutup puing-puing bangunan yang roboh akibat bom udara. Banyak rongsokan mobil berserakan di jalan-jalan.

Jum'at, 02/03/2018 07:03 0

Analisis

Sa’i Nyeleneh di Tanah Suci: Politisasi Umrah atau Kebodohan yang Disengaja?

Kita tidak bisa membayangkan jika, ke depan nanti jamaah umrah atau haji dari Indonesia melantunkan syair Indonesia Raya atau lagu Iwak Peyek dengan dalih cinta tanah air.

Kamis, 01/03/2018 20:34 0

Close