... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gempuran Udara di Ghouta Timur Belum Berhenti

Foto: Ghouta Timur hancur setelah digempur berbulan-bulan rezim Assad

KIBLAT.NET, Damaskus – Serangan udara terus terjadi pada Jumat (02/03) meski telah diberlakukan gencatan senjata harian di Ghouta Timur. Akibatnya, korban tewas kembali berjatuhan.

Al-Jazeera melaporkan dari korespondennya di Ghouta Timur bahwa dua orang tewas dan sejumlah lainnya luka-luka akibat serangan tersebut. Pesawat tempur rezim menargetkan kota Duma dan Zamalka pada Jumat.

Serangan di Duma terjadi di tiga lokasi permukiman penduduk. Militer Suriah menggunakan jet tempur dalam gempuran ini. Di tempat lain, helikopter menjatuhkan birmil di kota Shifoniyah di distrik Al-Marij.

Sehari sebelumnya, sedikitnya 19 orang juga dilaporkan tewas akibat serangan udara di jam-jam diperlakukannya gencatan Rusia.

Gencatan di Ghouta Timur berlaku setiap hari mulai pukul sembilan hingga pukul dua siang waktu setempat. Penghentian serangan ini bertujuan untuk memberi jalan bagi warga Ghouta Timur yang ingin keluar melalui jalur yang disedikan Rusia melalui kamp Al-Wafidin di utara Ghouta.

Gencatan lima jam sehari itu telah berlangsung selama empat hari. Namun warga Ghouta masih enggan meninggalkan kampung halaman mereka meski porak-poranda.

Rezim dan Rusia menuduh pejuang Suriah menghalangi warga keluar Ghouta Timur dengan menargetkan jalur perlintasan yang disediakan Rusia. Tuduhan itu dibantah. Pejuang mengatakan bahwa gempuran yang tak berhenti membuat warga tak berani keluar dari tempat berlindung.

Al-Jazeera mengatakan, gencatan senjata yang diberlakukan di Ghouta Timur cukup signifikan mengurangi jumlah korban tewas. Namun bukan berarti korban tidak jatuh setiap hari. Mesin-mesin pembunuh rezim dan Rusia masih terus mengancam nyawa warga.

BACA JUGA  Idlib Berdarah, Seribu Lebih Orang Tewas dalam Empat Bulan

Analisis foto yang dilakukan sebuah badan PBB melihatkan kehancuran yang disebabkan oleh pemboman baru-baru ini di Ghouta Timur mencapai sekitar dua pertiga wilayah tersebut. Gambar tersebut meliputi area seluas 62 kilometer persegi dan setengah kilometer. Analisis itu juga menunjukkan bahwa bangunan-bangunan yang ada hancur total atau rusak parah.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Sulit Tembus Ghouta, Begini Taktik MMS Salurkan Bantuan Indonesia

Ketua Umum Misi Medis Suriah, Fathi Nasrullah Attamimi mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sudah mengumpulkan dana untuk menyalurkan bantuan ke Ghouta. Dalam penggalangan dana tahap pertama ini, sudah terkumpul 20.000 USD.

Jum'at, 02/03/2018 18:16 0

Indonesia

Divonis 1 Tahun 6 Bulan, Jonru Teriakkan Takbir

Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru divonis 1 tahun enam bulan penjara dan denda Rp50 juta oleh mejelis hakim pengadilan Negeri Jakarta Timur. Vonis dibacakan oleh hakim ketua Antonio Simbolon.

Jum'at, 02/03/2018 17:39 0

Indonesia

Tuntut Keadilan untuk PBB, PA 212 Geruduk KPU

Aminudin melanjutkan, tidak lolosnya Partai Bulan Bintang dalam pemilu 2019 adalah hal yang tak masuk akal.

Jum'at, 02/03/2018 17:00 0

Indonesia

Masuk Ruang Sidang, Jonru Langsung Pekikkan ‘Allahu Akbar’ 

Takbir Jonru sontak membuat ruang sidang yang tadinya hening menjadi riuh para hadirin menyambut seruan tersebut. 

Jum'at, 02/03/2018 16:40 0

Indonesia

Tahun ini, Verifikasi dan Cetak Visa Haji Dilakukan Kemenag

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali memastikan proses verifikasi dan cetak visa haji pada tahun ini akan dilakukan oleh Kementerian Agama.

Jum'at, 02/03/2018 16:14 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya!

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya! Ada beberapa hal yang dapat menuntun kita, agar selamat dan lulus dari ujian Allah. Simak khutbah berikut sampai akhir untuk mengetahuinya, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 16:11 0

Indonesia

Posting Gambar Eksekusi ISIS, Politisi Anti-Islam Perancis Diadili

Hal itu terjadi setelah dirinya berselisih dengan seorang jurnalis yang telah membandingkan partainya dengan kelompok teroris.

Jum'at, 02/03/2018 15:22 0

Indonesia

Jokowi Ingin Jadikan Ustadz ABB Tahanan Rumah, Keluarga: Kami Belum Dihubungi

Ustadz Iim itu menuturkan bahwa keluarga masih menunggu waktu pelaksanaan keputusan itu. Ia pun berharap hal itu bisa lebih cepat dilaksanakan.

Jum'at, 02/03/2018 14:35 1

Indonesia

Kerjasama dengan NGO Turki, SNH Advocacy Adakan ‘Konvoi Hati Nurani’ ke Suriah

Konvoi tersebut rencananya akan dimulai dari ibu kota Turki, Istanbul hingga finish di kota yang berbatasan langsung dengan Suriah.

Jum'at, 02/03/2018 13:33 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Siap Luncurkan Pendidikan Gratis Berbasis Wakaf

Sinergi Foundation berkolaborasi dengan Al Fatih Pilar Peradaban akan melaunching “Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation”

Jum'at, 02/03/2018 13:02 0

Close