Sulit Tembus Ghouta, Begini Taktik MMS Salurkan Bantuan Indonesia

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Misi Medis Suriah, Fathi Nasrullah Attamimi mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sudah mengumpulkan dana untuk menyalurkan bantuan ke Ghouta. Dalam penggalangan dana tahap pertama ini, sudah terkumpul 20.000 USD.

“Pada tahap pertama, Per-tanggal 1 Maret kami sudah mengalokasikan dana sekira 20.000 USD untuk disalurkan dengan organisasi kemanusiaan di Turki seperti IHH. InsyaAllah beberapa hari lagi disalurkan,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (02/03/2018).

Akan tetapi, permasalahan distribusi menjadi hambatan. Pasalnya, Ghouta merupakan daerah terkepung dan sulit ditembus bagi pihak asing meskipun untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Untuk menyiasati hal itu, NGO Turki menawarkan dua cara agar bantuan dapat langsung dirasakan oleh warga di Ghouta. Pertama, memanfaatkan para relawan kemanusiaan yang telah berada di dalam Ghouta untuk membuat proyek tertentu, misalnya pembagian makanan jadi.

Akan tetapi, penyaluran bantuan ini berlangsung singkat dan langsung dikerjakan seketika itu juga. Sehingga, MMS tidak setuju dengan opsi ini karena akan cepat menghabiskan stok makanan dan tidak bertahan lama.

“Tapi menurut kami, cara seperti ini memiliki kelemahan. Karena sifatnya menghabiskan stok yang ada, bukan menambah stok. Karenanya tawaran melakukan cara ini dari rekan NGO kami pending dulu. Bukan berarti cara ini tidak baik. Namun MMS ingin menggunakan dana titipan umat agar bisa dipakai belanja untuk menambah stok bagi warga Ghouta,” tuturnya.

BACA JUGA  Habib Rizieq dan Menantunya Dipanggil Polisi Atas Tiga Tuduhan

Cara kedua, dengan mengirim langsung bantuan ke Ghouta. Fathi menyebutkan, cara ini cukup sulit sehingga masih menunggu kesempatan. Jika menggunakan cara ini, maka barang akan dibeli dari luar wilayah Ghouta, lalu dibawa dengan hati-hati. Sehingga sifatnya akan menambah stok.

“Kami ingin mengaplikasikan cara ini,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat