... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sulit Tembus Ghouta, Begini Taktik MMS Salurkan Bantuan Indonesia

Foto: Kondisi di Ghouta Timur [foto: CNN]

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Misi Medis Suriah, Fathi Nasrullah Attamimi mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sudah mengumpulkan dana untuk menyalurkan bantuan ke Ghouta. Dalam penggalangan dana tahap pertama ini, sudah terkumpul 20.000 USD.

“Pada tahap pertama, Per-tanggal 1 Maret kami sudah mengalokasikan dana sekira 20.000 USD untuk disalurkan dengan organisasi kemanusiaan di Turki seperti IHH. InsyaAllah beberapa hari lagi disalurkan,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (02/03/2018).

Akan tetapi, permasalahan distribusi menjadi hambatan. Pasalnya, Ghouta merupakan daerah terkepung dan sulit ditembus bagi pihak asing meskipun untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Untuk menyiasati hal itu, NGO Turki menawarkan dua cara agar bantuan dapat langsung dirasakan oleh warga di Ghouta. Pertama, memanfaatkan para relawan kemanusiaan yang telah berada di dalam Ghouta untuk membuat proyek tertentu, misalnya pembagian makanan jadi.

Akan tetapi, penyaluran bantuan ini berlangsung singkat dan langsung dikerjakan seketika itu juga. Sehingga, MMS tidak setuju dengan opsi ini karena akan cepat menghabiskan stok makanan dan tidak bertahan lama.

“Tapi menurut kami, cara seperti ini memiliki kelemahan. Karena sifatnya menghabiskan stok yang ada, bukan menambah stok. Karenanya tawaran melakukan cara ini dari rekan NGO kami pending dulu. Bukan berarti cara ini tidak baik. Namun MMS ingin menggunakan dana titipan umat agar bisa dipakai belanja untuk menambah stok bagi warga Ghouta,” tuturnya.

BACA JUGA  Surya Paloh Tepis Rumor Keretakan Hubungan dengan Megawati

Cara kedua, dengan mengirim langsung bantuan ke Ghouta. Fathi menyebutkan, cara ini cukup sulit sehingga masih menunggu kesempatan. Jika menggunakan cara ini, maka barang akan dibeli dari luar wilayah Ghouta, lalu dibawa dengan hati-hati. Sehingga sifatnya akan menambah stok.

“Kami ingin mengaplikasikan cara ini,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya!

Khutbah Jumat: Agar Lulus dari Ujian Hidup, Ini Solusinya! Ada beberapa hal yang dapat menuntun kita, agar selamat dan lulus dari ujian Allah. Simak khutbah berikut sampai akhir untuk mengetahuinya, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 16:11 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Siap Luncurkan Pendidikan Gratis Berbasis Wakaf

Sinergi Foundation berkolaborasi dengan Al Fatih Pilar Peradaban akan melaunching “Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation”

Jum'at, 02/03/2018 13:02 0

Pakistan

PPI Tim-Tengka Akan Gelar Simposium Bisnis Islam di Pakistan

Acara tahunan tersebut mengambil tema “Membumikan Nilai Islam Dalam Praktek Bisnis Modern di Indonesia”.

Jum'at, 02/03/2018 12:10 0

Video Kajian

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta. Saat ini, muslim Ghouta Timur, Damaskus, Suriah sedang berada dalam penderitaan akibat serangan bom dan peluru. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mereka? Simak rinciannya berikut, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 11:35 0

Rusia

Rusia: AS Dirikan 20 Pangkalan Militer di Suriah

Amerika Serikat mendukung milisi Kurdi PYD di Suriah dalam pertempuran di Raqqa dan Deir Al-Zour. Sebaran pasukan AS di Suriah pun semakin melebar.

Jum'at, 02/03/2018 09:15 0

Rusia

Rusia Selesai Uji Coba Jet Tempur Terbaru SU-57 di Suriah

Dia mengaku, bahwa uji coba tersebut berhasil. Saat ini, pesawat tersebut telah dipulangkan ke Rusia.

Jum'at, 02/03/2018 07:54 1

Foto

Melihat Ghouta Timur dari Udara

Sejauh mata memandang hanya kehancuran. Jalan-jalan tertutup puing-puing bangunan yang roboh akibat bom udara. Banyak rongsokan mobil berserakan di jalan-jalan.

Jum'at, 02/03/2018 07:03 0

Analisis

Sa’i Nyeleneh di Tanah Suci: Politisasi Umrah atau Kebodohan yang Disengaja?

Kita tidak bisa membayangkan jika, ke depan nanti jamaah umrah atau haji dari Indonesia melantunkan syair Indonesia Raya atau lagu Iwak Peyek dengan dalih cinta tanah air.

Kamis, 01/03/2018 20:34 0

Afghanistan

Usai Bertempur, Taliban Gelar Selebrasi Kemenangan di Kandahar

Dalam rilis video terbarunya, Imarah Islam (Taliban) mendokumentasikan aksi amaliyat “serangan malam” ke sebuah basis militer Afghan di provinsi Kandahar.

Kamis, 01/03/2018 19:02 1

Belanda

Pengadilan Belanda Kurangi Hukuman Terpidana Penyerang Masjid

Hukuman itu dikurangi karena pengadilan menganggap bahwa tindakan melempar bom molotov tidak membahayakan orang-orang di dalam dan di luar masjid.

Kamis, 01/03/2018 16:24 0

Close