... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Sinergi Foundation Siap Luncurkan Pendidikan Gratis Berbasis Wakaf

Foto: Kuttab Al Fatih

KIBLAT.NET, Bandung – Sinergi Foundation berkolaborasi dengan Al Fatih Pilar Peradaban akan menyelenggarakan launching “Kuttab Al Fatih Sinergi Foundation” di area Cileunyi Bandung, Sabtu (3/3/2018). Ini merupakan lembaga pendidikan gratis pertama untuk semua kalangan, berbasis wakaf dan dana kebaikan lainnya, yang halal dan tak mengikat.

“Melalui Kuttab Al Fatih – Sinergi Foundation, yang dibangun melalui dana wakaf, SF bercita-cita membangun pendidikan yang tak dibatasi strata sosial. Poin pentingnya, pendidikan ini dilandasi pula oleh landasan utama ajaran Islam, yakni Al Quran dan Sunnah,” tutur CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Ia mengingatkan, sejarah gemilang peradaban Islam selalu berakar dari keadilan dan kesetaraan di ranah pendidikan. Tak peduli kasta, rupa, warna, ataupun suku bangsa, kata Ima, semua berhak mengenyam pendidikan terbaik, dan salah satunya melalui kuttab. Ini terbukti berhasil di masa salafus salih.

Kuttab sendiri adalah tempat utama di dunia Islam untuk mengajari anak-anak. Ima berkisah, keberadaan Kuttab begitu agung dalam kehidupan masyarakat Islam, khususnya dikarenakan Kuttab adalah tempat anak-anak belajar Al Quran dan tempat mengajarkan betapa mulianya ilmu dalam syariat Islam.

“Dahulu kuttab mengukir lahirnya karya-karya ilmiah yang abadi sampai hari ini. Dahulu kuttab disebutkan dengan detail di tanah Haramain (Mekkah dan Madinah). Dahulu kuttab melahirkan ulama-ulama yang menjadi rujukan lembaga-lembaga Islam zaman ini,” kata Ima.

Dalam sejarah, lanjutnya, catatan tentang kuttab masih tersimpan dengan rapi, rujukan dan aplikasi lapangan tersusun dengan sempurna. Kriteria Pengelola dan Pengembangan lembaga terkonsep dengan baik. Bahkan kurikulumnya pun disebutkan tanpa ada yang tertutupi. Sebab itu, Ima yakin, jika konsep ini kembali diterapkan, kejayaan Islam adalah keniscayaan.

Kegiatan digelar di Kawasan Wakaf Pendidikan Sinergi Foundation, Masjid Ansharullah, Jl. Cibiru Beet, Rt 003 Rw 015, Desa Cileunyi Wetan Kec Cileunyi, Bandung 40622. Acara ini sekaligus pula menghadirkan pakar sejarah Islam sekaligus inisiator Kuttab Al Fatih di Indonesia, Ustadz Budi Ashari, Lc. dan ketua dewan pembina Sinergi Foundation dan Ketua MUI Bandung, Prof. Dr. KH Miftah Faridl

Sumber: Newsroom Sinergi Foundation

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

PPI Tim-Tengka Akan Gelar Simposium Bisnis Islam di Pakistan

Acara tahunan tersebut mengambil tema “Membumikan Nilai Islam Dalam Praktek Bisnis Modern di Indonesia”.

Jum'at, 02/03/2018 12:10 0

Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tak Mengatasi Kesenjangan dan Kemiskinan

Direktur Kebijakan Makro Prudential Bank Indonesia (BI) Dadang Muljawan menyebut Indonesia punya tantangan untuk mengatasi kesenjangan, kemiskinan dan pembangunan indeks sumber daya manusia,

Jum'at, 02/03/2018 11:51 0

Video Kajian

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta

Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ghouta. Saat ini, muslim Ghouta Timur, Damaskus, Suriah sedang berada dalam penderitaan akibat serangan bom dan peluru. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mereka? Simak rinciannya berikut, di sini!

Jum'at, 02/03/2018 11:35 0

Indonesia

Kemendag Bidik Pasar Nontradisional untuk Perluas Pasar Ekspor

Saat ini lebih dari 50% tujuan ekspor Indonesia masih didominasi negara tujuan ekspor tradisional yaitu di kawasan Amerika Utara, Eropa, dan Asia Timur. Untuk itu Kemendag akan terus berupaya menembus pasar nontradisional seperti kawasan Afrika, Timur Tengah, Eurasia, Amerika Latin, dan Asia Selatan.

Jum'at, 02/03/2018 10:33 0

Rusia

Rusia: AS Dirikan 20 Pangkalan Militer di Suriah

Amerika Serikat mendukung milisi Kurdi PYD di Suriah dalam pertempuran di Raqqa dan Deir Al-Zour. Sebaran pasukan AS di Suriah pun semakin melebar.

Jum'at, 02/03/2018 09:15 0

Indonesia

Pakar Hukum: Penyanyi Mars Banser saat Sa’i Langgar Tiga Pasal

Pelanggaran pertama, jelasnya, menghina agama pada pasal satu UU GMPS 1945. Hal itu karena meraka adalah orang-orang yang paham soal agama. Mereka paham bacaan sa’I itu seperti apa dan sudah jelas.

Jum'at, 02/03/2018 08:30 0

Rusia

Rusia Selesai Uji Coba Jet Tempur Terbaru SU-57 di Suriah

Dia mengaku, bahwa uji coba tersebut berhasil. Saat ini, pesawat tersebut telah dipulangkan ke Rusia.

Jum'at, 02/03/2018 07:54 1

Foto

Melihat Ghouta Timur dari Udara

Sejauh mata memandang hanya kehancuran. Jalan-jalan tertutup puing-puing bangunan yang roboh akibat bom udara. Banyak rongsokan mobil berserakan di jalan-jalan.

Jum'at, 02/03/2018 07:03 0

Indonesia

BI: BBM Dimahalkan Agar Orang-orang Kembali Jalan Kaki

"Pak Jokowi ingin rakyatnya tidak manja dengan subsidi, sehingga sengaja BBM dimahalkan agar orang-orang kembali berjalan kaki," kata Dadang.

Jum'at, 02/03/2018 05:27 0

Analisis

Sa’i Nyeleneh di Tanah Suci: Politisasi Umrah atau Kebodohan yang Disengaja?

Kita tidak bisa membayangkan jika, ke depan nanti jamaah umrah atau haji dari Indonesia melantunkan syair Indonesia Raya atau lagu Iwak Peyek dengan dalih cinta tanah air.

Kamis, 01/03/2018 20:34 0

Close