Rusia Selesai Uji Coba Jet Tempur Terbaru SU-57 di Suriah

KIBLAT.NET, Moskow – Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shweigo, mengumumkan keberhasilan pengujian pesawat tempur Rusia generasi kelima Sukhoi 57 di Suriah.

Shweigo mengatakan, seperti dilansir media Rusia pada Kamis (01/03), dua jet tempur Sukhoi generasi kelima SU-57 selesai uji tempur di Suriah. Pesawat moderen ini hanya dua hari di negara itu.

Dia mengaku, bahwa uji coba tersebut berhasil. Saat ini, pesawat tersebut telah dipulangkan ke Rusia.

Pengumuman ini bertepatan dengan pernyataanPresiden Rusia Vladimir Putin bahwa operasi Rusia yang sedang berlangsung di Suriah menunjukkan peningkatan kemampuan pertahanan negaranya. “Dunia sekarang mengetahui nama-nama semua senjata utama kita setelah operasi Suriah,” katanya.

Ahli militer Inggris, Justin Pronk, pekan lalu mengatakan bahwa Rusia telah menguji coba jet-jet tempur jenis baru dalam medan pertempuran sesungguhnya di Suriah. Di antara yang diuji, sistim radar jet tempur khususnya jet SU-57.

Pronk menambahkan, uji coba pesawat itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana armada tempur udaranya menghindari radar AS.

Selain itu, lanjutnya, Moskow ingin mengiklankan produk-produk pertahanan produksinya ke dunia internasional. Hal ini dapat meningkatkan harga dan penjualan alat perang.

Jenderal Rusia Vladimir Shamanov, akhir bulan kemarin, mengatakan bahwa negaranya telah menguji coba 200 jenis senjata di Suriah. Namun tidak disebutkan jenis-jenisnya.

Rusia mengumumkan ikut campur dalam perang Suriah pada akhir 2016, saat banyak kemunduran dialami rezim. Kehadiran Moskow di barisan militer Suriah ini semakin menambah penderitaan rakyat Suriah. Alih-alih ingin menghabisi kelompok teroris, justru Rusia menjadi kekuatan baru yang meneror warga Syam.

Berkat dukungan Rusia, Assad berhasil membebaskan Aleppo. Hari ini, Rusia juga mendukung penuh rezim dalam menciptakan kehancuran di Ghouta Timur.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat