... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Usai Bertempur, Taliban Gelar Selebrasi Kemenangan di Kandahar

Foto: Usai Pertempuran, Taliban Gelar Pasukan & Selebrasi Kemenangan di Kandahar

KIBLAT.NET, Kandahar – Dalam rilis video terbarunya, Imarah Islam (Taliban) mendokumentasikan aksi amaliyat “serangan malam” ke sebuah basis militer Afghan di provinsi Kandahar. Basis militer tersebut berada di distrik Khakrez yang sejak setahun terakhir situasinya terus memanas menyusul serangan Mujahidin ke pos-pos militer yang menyebar di pinggiran kota dan berujung jatuhnya pusat kota/distrik ke tangan Taliban.

Video bertajuk “Dari Garis Depan Pertempuran di Khakrez” itu dirilis pada hari Rabu (28/02/2018) melalui situs resmi Voice of Jihad. Dalam narasinya, Taliban menggambarkan Khakrez sebagai salah satu distrik paling strategis di bagian utara provinsi Kandahar. Di distrik ini pula, tercatat berbagai kemajuan Mujahidin dan keberhasilan operasi militer mereka seperti menguasai basis-basis utama militer musuh, pos-pos checkpoint tentara, termasuk pusat distrik selama periode tahun ini dan tahun sebelumnya.

Sebagian besar video menampilkan bagian detil serangan malam ke sebuah pos militer musuh. Divisi media Taliban merekam aksi amaliyat mereka menggunakan peralatan night vision. Salah seorang pejuang Taliban terlihat mengenakan helm armor yang terintegrasi dengan sistem teropong malam atau night vision. Inilah gambaran perang modern di abad-21. Usai baku tembak sengit yang juga menggunakan berbagai jenis eksplosif, pasukan Taliban merangsek masuk ke dalam basis musuh yang sudah mereka kuasai.

Di hari berikutnya, pejuang-pejuang Taliban menyebar dan bertempur ke sejumlah front yang lain sementara sebagian masih menduduki markas musuh tanpa rasa khawatir akan serangan udara Koalisi. Di siang hari yang terang, Taliban memamerkan deretan ghanimah di antaranya puluhan Kalashnikov & amunisi, beberapa unit RPG & Mortir, dan sejumlah SUV pickup milik Kepolisian Nasional (ANP) dan Lokal (ALP).

BACA JUGA  Kabul Barter Dua Warga Asing dengan Tiga Pemimpin Senior Taliban

Di segmen awal video, terlihat pasukan Taliban berkonvoi dan melakukan gelar pasukan di jalanan distrik Khakrez di bawah sinar matahari menjelang akhir musim dingin. Berbagai jenis kendaraan termasuk pickup, mobil, dan motor berjalan secara parade dengan membawa al-Liwaa atau bendera putih bertuliskan Laa Ilaaha Illallah ke berbagai sudut kota Khakrez. Sekali lagi, tanpa rasa takut ancaman serangan udara Afghan maupun Koalisi.

Video yang mendokumentasikan pertempuran di Khakrez ini merupakan salah satu upaya “psywar” atau perang propaganda oleh Taliban yang berkali-kali berhasil mempecundangi pasukan keamanan Afghan proksi Amerika. Selama beberapa tahun terakhir, Imarah Islam (Taliban) meraih kemajuan signifikan secara militer di seluruh wilayah Afghanistan.

Di tengah tren kemajuan militer ini, Kantor Biro Politik Taliban di akhir Februari kemarin mengirim pesan seruan kepada AS untuk melakukan negosiasi damai. Banyak pihak meragukan AS akan merespon tawaran Taliban tersebut mengingat hasil-hasil pertempuran telah membuat posisi tawar Amerika melemah.

Ditambah sejumlah ironi lainnya bahwa sementara Presiden Trump masih menunggu untuk bisa mewujudkan parade militer negaranya karena sejumlah pertimbangan termasuk soal biaya, Taliban bisa setiap saat dengan bebas melakukan parade militer & gelar pasukan sebagai wujud selebrasi kemenangan saat membebaskan suatu kota.(Syaf)

Sumber: The Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Usai Bertempur, Taliban Gelar Selebrasi Kemenangan di Kandahar”

  1. Muhammad Adi Nugroho

    ketika memakai helm, ada clickan di dalamnya: click kanan, click kiri: apakah orang islam bisa memakainya? bukan orang islam tetapi orang yang meminjamkan helm tersebut yang memenangkan pertempuran dirinya.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

RBC Sinergi Foundation Buka Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir Bandung

Sudah beberapa hari ini wilayah Bandung dan sekitarnya diguyur hujan deras. Bahkan beberapa lokasi di kabupaten Bandung mulai terendam banjir hingga setinggi lebih dari 1 meter seperti di Kampung Citeureup, RW 02, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Kamis, 01/03/2018 18:31 0

Indonesia

Serentak, Ini 22 Kota Lokasi Aksi Solidaritas untuk Ghouta

Syam Organizer (SO) berencana menggelar aksi solidaritas sebagai bentuk kepedulian kepada umat Islam di Ghouta yang sedang dibantai. Hal itu diungkapkan oleh Humas SO, Taufik Hidayat.

Kamis, 01/03/2018 17:43 0

Indonesia

Mantan Ketum Persis Tangisi Tragedi di Ghouta

Prof. Dr. Maman Abdurrahman, mantan Ketua Umum PP Persis sedih melihat kondisi di Ghouta Timur saat ini. Perlakuan rezim Suriah dan Rusia terhadap rakyat Suriah disebut sebagai kejahatan perang.

Kamis, 01/03/2018 17:00 0

Indonesia

Mars Banser saat Sai, Menag Minta Patuhi Petunjuk Manasik

Pro kontra berkembang terkait boleh tidaknya hal itu dilakukan. Pemerintah Saudi bahkan meminta klarifikasi terkait hal ini kepada Kedubes Indonesia di Arab Saudi.

Kamis, 01/03/2018 16:33 0

Indonesia

Begini Cara Syam Organizer Salurkan Bantuan Indonesia untuk Ghouta

Menanggapi krisis kemanusian yang terjadi di Ghouta Timur, Suriah, Syam Organizer (SO) menjalin kerjasama dengan lembaga kemanusiaan Turki untuk mendistribusikan bantuan.

Kamis, 01/03/2018 16:07 0

Indonesia

KAMMI Serukan Penggalangan Solidaritas Kemanusiaan untuk Rakyat Suriah

KAMMI menyebut rezim pemerintah Bassar al Asad telah melakukan genosida sistemis

Kamis, 01/03/2018 16:06 0

Opini

Tragedi Sa’i dan Keadaban Bangsa

KIBLAT.NET – Mendadak viral video yang menampilkan sekelompok jama’ah Umrah dari Indonesia menyanyikan lagu syubanul...

Kamis, 01/03/2018 14:37 0

Indonesia

Krisis Ghouta Timur, Pemerintah Indonesia Diminta Tegur Bashar Assad

Pemerintah Indonesia diminta melakukan pembicaraan dengan OKI menyikapi krisis kemanusiaan di Ghouta Timur

Kamis, 01/03/2018 13:47 0

Indonesia

Luncurkan Buku, Dahnil Anzar: Politik Kita Dipenuhi Nalar Rente

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak meluncurkan buku berjudul Nalar Politik Rente

Kamis, 01/03/2018 12:46 0

Indonesia

Kekerasan Seksual Anak Merebak, KPAI Minta Guru Jadi Pelindung di Sekolah

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merilis fakta mengejutkan tentang kekerasan seksual terhadap anak.

Kamis, 01/03/2018 12:12 0

Close