KAMMI Serukan Penggalangan Solidaritas Kemanusiaan untuk Rakyat Suriah

KIBLAT.NET, Jakarta – Krisis kemanusiaan yang saat ini tengah melanda Ghouta Timur, Suriah turut menjadi perhatian Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Organisasi mahasiswa itu menyerukan penggalangan solaritas kemanusiaan untuk rakyat Suriah.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengutuk keras pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat di Suriah. KAMMI menyebut rezim pemerintah Bassar al Asad telah melakukan genosida sistemis.

“Menyerukan seluruh elemen yang terlibat dalam pusaran konflik untuk melakukan gencatan senjata dalam waktu dekat semata-mata atas nama kemanusiaan,” ungkap Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Ibadurrahman melalui rilis tertulisnya, Kamis (01/03/2018).

KAMMI juga mendesak pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menginisiasi Gerakan Solidaritas Internasional untuk Perdamaian Suriah. Ibadurrahman menambahkan gerakan yang dimaksud berupa dialog antar umat (interfaith dialogue) melalui forum internasional sebagaimana yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia kepada Afghanistan dan krisis di Palestina.

Dia juga mendesak pemerintah Indonesia untuk terus mengupayakan penyaluran bantuan kemanusiaan ke Suriah. Bantuan bisa dilakukan melalui lembaga-lembaga kamanusiaan di Indonesia.

“Menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berempati dan melakukan doa serta penggalangan solidaritas kemanusiaan untuk rakyat Suriah,” tukas Ibadurrahman.

Ghouta Timur, Suriah saat ini menjadi sorotan dunia karena rezim Bashar Assad dan sekutunya tengah menggencarkan serangan ke wilayah itu. Ratusan orang, termasuk anak-anak dan wanita, terbunuh setelah dibombardir pasukan rezim, termasuk dengan menggunakan gas beracun.

BACA JUGA  HRS Pulang, Denny Siregar Jadikan Sujud Syukur Bahan Candaan

Reporter: Afriza
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat