... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerakan Jihadis Baru Terbentuk di Suriah, Ini Seruan Pertamanya

KIBLAT.NET, Idlib – Sedikitnya tujuh kelompok militer di provinsi Idlib membentuk gerakan baru bernama “Hurrasud Din (Penjaga Agama)” pada Rabu (28/02). Para komandan inti gerakan ini dikenal perwakilan Organisasi Al-Qaidah di Suriah, yang sebelumnya bergabung Jabhah Nusrah (saat ini berevoluasi menjadi Hai’ah Tahrir Al-Syam).

Gerakan baru ini diketahui setelah merilis pernyataan menyeru faksi-faksi yang bertikai menghentikan pertempuran. Pernyataan itu diunggah di Channel Telegram, seperti dinukil portal enabbaladi.net, Rabu.

Gerakan jihadis tersebut menyeru Hai’ah Tahrir Al-Syam dan Jabhah Tahrir Suriah (persatuan gerakan Ahrar Al-Syam dan Nurudin Zanky) menghentikan pertempuran segera dan fokus menolong Ghouta Timur.

“Umat Islam telah mengalami banyak tragedi di era ini, dan tragedi paling mengerikan di Ghouta Damaskus hari ini. Bagaimana kita bisa hidup tenang sementara saudara kita di Ghouta dijadikan sebagai kelinci percobaan berbagai jenis bom dan rudal paling mematikan di zaman kita?” tegas pernyataan itu.

Aktivis Suriah mengatakan, faksi-faksi yang tergabung dalam gerakan baru ini adalah Jaisyul Malahim, Jaisyul Sahil, Jaisyul Badiyah, Saraya Al-Shail, Sariyah Kabul dan Jundusy Syari’ah serta mantan anggota Jundul Aqsha. Panglima kelompok jihadis ini merupakan mantan komandan Ha’’ah Tahrir Al-Syam, Abu Hamam Al-Syami.

Sementara itu, Dewan Syariatnya merupakan para komandan Organsiasi Al-Qaidah yang diutus ke Suriah. Mereka adalah Abu Julaybib Thubas, Abu Khudaijah Al-Urduni, Sami Al-Uraydi, Abu Al-Qassam dan Abu Abdurrahman Al-Makky. Komandan-komandan tinggi lainnya mayoritas pernah bergabung dengan Jabhah Nusrah, yang saat itu masih menjadi cabang resmi Al-Qaidah.

Belum diketahui tujuan militer dari kekuatan baru anti rezim Assad ini. Pernyataan perdana mereka hanya membicarakan pentingnya menolong Ghouta Timur dan menghentikan perselisihan.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari terakhir Idlib menyaksikan ketegangan hingga pertempuran antara Hai’ah Tahrir Al-Syam dan Jabhah Tahrir Suriah, yang merupakan gabungan Ahrara Al-Syam dan Nurudin Zanky. Ketegangan yang sebenarnya sudah berlangsung lama ini memuncak menyusul insiden kematian seorang komandan HTS di pos pemeriksaan Nurudin Zanky. Sejak insiden itu, Zanky dan Ahrar bersatu untuk menghindari serangan balasan Tahrir Al-Syam.

Sejumlah upaya mendamaikan telah dilakukan ulama independen. Namun masih belum menunjukkan adanya titik temu antara kedua kelompok.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Aa Gym Seru Bangsa Indonesia Bantu Ghouta Timur

"Lakukan apa yang bisa dilakukan, bantulah mereka dengan donasi, ya paling tidak dengan doa," ungkapnya saat ditemui Kiblat.net usai bertemu Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi di Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Kamis, 01/03/2018 06:01 0

Indonesia

Saksi Fakta: Info Komunisme di PDI-P Dapat Dipertanggungjawabkan

Saksi fakta yang dihadirkan oleh tim penasihat hukum Alfian Tanjung, Ahmad Sukatmajaya mengatakan bahwa semua data yang diungkapkan oleh Alfian Tanjung sangat sesuai dengan apa yang terjadi hari ini.

Rabu, 28/02/2018 19:59 0

Indonesia

Komentari Sa’i Mars Banser, Dubes Saudi Singgung Kelompok Syiah

Osama juga mengungkit, hal serupa juga pernah dilakukan oleh pengikut Syiah saat beribadah di Baitullah Mekkah beberapa waktu lalu.

Rabu, 28/02/2018 19:20 0

Indonesia

Pengalaman Yunahar di Suriah: Negeri Indah, Pemimpinnya Bengis

Ketum PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas menceritakan pengalamannya berkunjung ke Suriah di tahun 2011 menjelang pecahnya konflik.

Rabu, 28/02/2018 18:53 0

Indonesia

Rekrut Petugas Haji 2018, Kemenag Terapkan Sistem CAT

Rekrutmen akan dilakukan baik untuk petugas kloter yang menyertai jemaah maupun petugas non kloter yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Rabu, 28/02/2018 17:38 0

Indonesia

MUI dan Ormas Islam Dukung Saudi Tolak Internasionalisasi Haji

Internasionalisasi dua tanah suci sejak dahulu dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini.

Rabu, 28/02/2018 17:10 0

Indonesia

MUI Desak Pemerintah Indonesia Selamatkan Ghouta

Wakil Ketua Umum MUI Prof Yunahar Ilyas mengatakan, peran Indonesia sangat dibutuhkan dan tidak cukup hanya sebatas pernyataan saja.

Rabu, 28/02/2018 16:35 0

Indonesia

Bukti Dinilai Tak Obyektif, MUI Minta MA Tolak PK Ahok

Wakil Ketua Umum MUI, Yunahar Ilyas mengatakan, terpidana Ahok memang berhak mengajukan PK atas vonis yang ia terima.

Rabu, 28/02/2018 16:11 0

Indonesia

Dubes Saudi: Internasionalisasi Haji Sama Saja Deklarasi Perang

Arab Saudi mengapresiasi umat Islam Indonesia yang secara tegas menolak internasionalisasi dua tanah suci; Mekkah dan Madinah terkait penyelenggaraan haji. 

Rabu, 28/02/2018 16:05 0

Indonesia

MUI: Solusi Suriah Adalah Lengsernya Bashar Assad

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengemukakan, dalang di balik krisis yang berlangsung tujuh tahun itu adalah Rusia dan Amerika Serikat.

Rabu, 28/02/2018 15:07 0

Close
CLOSE
CLOSE