Begini Cara Syam Organizer Salurkan Bantuan Indonesia untuk Ghouta

KIBLAT.NET, Jakarta – Menanggapi krisis kemanusian yang terjadi di Ghouta Timur, Suriah, Syam Organizer (SO) menjalin kerjasama dengan lembaga kemanusiaan Turki untuk mendistribusikan bantuan. Menurut Humas SO, Taufiq Hidayat, ada tiga kerjasama yang dijalankan SO dan LSM Turki untuk menyelamatkan korban di Ghouta Timur.

“SO bekerjasama dengan NGO kemanusiaan asal Turki Resalet Al Sham Humanitarian Charity berhasil mendistribusikan bantuan untuk Muslim Ghouta dalam beberapa progam. Pertama, progam winter aid project berupa keperluan musim dingin. Yaitu pakaian hangat, selimut, bahan bakar,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (28/02/2018).

Ada pula program save the children of sham berupa bantuan keperluan pendidikan baik perlengkapan sekolah dan fasilitas pendidikan lainnya. Sementara program terakhir ialah emergency relief. “Program ini berupa pengiriman bantuan dalam bentuk makanan dan juga obat obatan,” jelasnya.

Perlu diketahui, Syam Organizer adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang fokus mendistribusikan bantuan kepada korban bencana kemanusiaan di negri Syam. Terkhusus di Palestina dan Suriah. SO yang bergerak sejak tahun 2013, secara berkala rutin mengirimkan bantuan. Syam Organizer sudah terdaftar pada Menteri Hukum dan HAM AHU-876.AH.01.04 Tahun 2014.

Menurut Taufiq, keinginan warga Suriah terutama Ghouta saat ini ialah bisa kembali merasakan kedamaian layaknya warga negara lainnya. Namun kondisi yang menimpa mereka saat ini jauh dari kata damai.

Warga di Ghouta sangat membutuhkan bantuan terutama kebutuhan pokok dan pakaian. “Namun yang paling dibutuhkan hari ini bagi mereka adalah makanan dan obat obatan,” jelasnya.

BACA JUGA  Membaca Langkah Biden di Afghanistan

Dia juga menegaskan bahwa Syam Organizer juga bertekad untuk mengantarkan langsung bantuan dari rakyat Indonesia ke Ghouta Timur. Salain itu, Syam Organizer juga berupaya bekerjasama dengan mitra NGO yang berdomisili di Ghouta.

“Bagaimanapun dan apapun caranya akan kami tempuh untuk menyampaikan amanah batuan rakyat Indonesia. Mohon doa dan dukungan terbaik Anda,” ujarnya.

Terakhir, Taufik menjelaskan bahwa SO tidak mengirim langsung bantuan ke Ghouta. Melainkan pihaknya mentransfer bantuan dalam bentuk dana ke lembaga Resalet Al Sham Humanitarian Charity. Dana itu akan didistribusikan sesuai kebutuhan korban dan datanya akan dilaporkan kembali kepada SO.

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat