... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Cara Syam Organizer Salurkan Bantuan Indonesia untuk Ghouta

Foto: Bocah-bocah di Ghoutah Timur tengah berjalan di sisi puing-puing bangunan yang hancur dibom rezim Assad/ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Menanggapi krisis kemanusian yang terjadi di Ghouta Timur, Suriah, Syam Organizer (SO) menjalin kerjasama dengan lembaga kemanusiaan Turki untuk mendistribusikan bantuan. Menurut Humas SO, Taufiq Hidayat, ada tiga kerjasama yang dijalankan SO dan LSM Turki untuk menyelamatkan korban di Ghouta Timur.

“SO bekerjasama dengan NGO kemanusiaan asal Turki Resalet Al Sham Humanitarian Charity berhasil mendistribusikan bantuan untuk Muslim Ghouta dalam beberapa progam. Pertama, progam winter aid project berupa keperluan musim dingin. Yaitu pakaian hangat, selimut, bahan bakar,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (28/02/2018).

Ada pula program save the children of sham berupa bantuan keperluan pendidikan baik perlengkapan sekolah dan fasilitas pendidikan lainnya. Sementara program terakhir ialah emergency relief. “Program ini berupa pengiriman bantuan dalam bentuk makanan dan juga obat obatan,” jelasnya.

Perlu diketahui, Syam Organizer adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang fokus mendistribusikan bantuan kepada korban bencana kemanusiaan di negri Syam. Terkhusus di Palestina dan Suriah. SO yang bergerak sejak tahun 2013, secara berkala rutin mengirimkan bantuan. Syam Organizer sudah terdaftar pada Menteri Hukum dan HAM AHU-876.AH.01.04 Tahun 2014.

Menurut Taufiq, keinginan warga Suriah terutama Ghouta saat ini ialah bisa kembali merasakan kedamaian layaknya warga negara lainnya. Namun kondisi yang menimpa mereka saat ini jauh dari kata damai.

BACA JUGA  Menag Fachrul Razi, Jerami Terakhir di Punggung Jokowi?

Warga di Ghouta sangat membutuhkan bantuan terutama kebutuhan pokok dan pakaian. “Namun yang paling dibutuhkan hari ini bagi mereka adalah makanan dan obat obatan,” jelasnya.

Dia juga menegaskan bahwa Syam Organizer juga bertekad untuk mengantarkan langsung bantuan dari rakyat Indonesia ke Ghouta Timur. Salain itu, Syam Organizer juga berupaya bekerjasama dengan mitra NGO yang berdomisili di Ghouta.

“Bagaimanapun dan apapun caranya akan kami tempuh untuk menyampaikan amanah batuan rakyat Indonesia. Mohon doa dan dukungan terbaik Anda,” ujarnya.

Terakhir, Taufik menjelaskan bahwa SO tidak mengirim langsung bantuan ke Ghouta. Melainkan pihaknya mentransfer bantuan dalam bentuk dana ke lembaga Resalet Al Sham Humanitarian Charity. Dana itu akan didistribusikan sesuai kebutuhan korban dan datanya akan dilaporkan kembali kepada SO.

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Tragedi Sa’i dan Keadaban Bangsa

KIBLAT.NET – Mendadak viral video yang menampilkan sekelompok jama’ah Umrah dari Indonesia menyanyikan lagu syubanul...

Kamis, 01/03/2018 14:37 0

Amerika

Ritel AS Naikan Batas Usia Beli Senjata Pasca Penembakan di SMA

raksasa ritel AS Walmart memberlakukan langkah itu setelah Dick Sporting Goods menyatakan akan menghentikan penjualan senjata bergaya penyerangan.

Kamis, 01/03/2018 14:22 0

Suriah

Warga Ghouta Timur Tolak Gunakan “Jalur Kemanusiaan” Rusia

“Jalannya terbuka lebar, akan tetapi sampai saat ini, di hari kedua, tak ada satupun yang datang,” kata sumber militer Suriah kepada kantor berita AFP, seperti dinukil Al-Sarq Al-Ausath, Rabu.

Kamis, 01/03/2018 11:45 0

Palestina

Tentara Israel Bunuh Diri di Kompleks Markas Militer

Tentara tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit Rambam di Haifa dengan menggunakan pesawat terbang sebelum akhirnya dokter mengumumkan telah tewas.

Kamis, 01/03/2018 11:19 0

Suriah

PBB: Gencatan Senjata di Ghouta Timur Belum Teraplikasi

korban tewas dan luka-luka masih terjadi di distrik Chifoniya, Gouta Timur, akibat bom gas klorin.

Kamis, 01/03/2018 08:36 0

Suriah

Gerakan Jihadis Baru Terbentuk di Suriah, Ini Seruan Pertamanya

Dewan Syariatnya merupakan para komandan Organsiasi Al-Qaidah yang diutus ke Suriah. Mereka adalah Abu Julaybib Thubas, Abu Khudaijah Al-Urduni, Sami Al-Uraydi, Abu Al-Qassam dan Abu Abdurrahman Al-Makky. Komandan-komandan tinggi lainnya mayoritas pernah bergabung dengan Jabhah Nusrah, sebelum memutuskan memisahkan diri dari Al-Qaidah.

Kamis, 01/03/2018 07:21 0

Arab Saudi

Kecelakaan Tunggal Tewaskan Jemaah Umrah Asal Tangerang

Sepasang jemaah umrah asal Serpong, Tanggerang mengalami kecelakaan tunggal di wilayah Khulaish, 150 km dari Jeddah. Kecelakaan terjadi saat perjalanan dari Madinah menuju Makkah pada pukul 15.20 waktu Arab Saudi.

Rabu, 28/02/2018 17:26 0

Inggris

Riset Membuktikan, Minum Alkohol Merusak DNA dan Picu Kanker

Mereka menemukan lebih banyak detail bagaimana alkohol meningkatkan risiko pengembangan 7 jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus.

Rabu, 28/02/2018 13:52 0

Artikel

Disharmoni Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Industri: Faktor Pendorong Deindustrialisasi

KIBLAT.NET – Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan perdagangan yang banyak menyedot perhatian...

Rabu, 28/02/2018 13:19 0

News

Menlu Inggris Desak Aktor Tragedi Ghouta Harus Bertanggungjawab

KIBLAT.NET, London – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson menegaskan bahwa aktor penyebab tragedi kemanusiaan yang...

Rabu, 28/02/2018 13:07 0

Close