... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Riset Membuktikan, Minum Alkohol Merusak DNA dan Picu Kanker

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, London – Minuman alkohol terbukti menghasilkan bahan kimia berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan genetik permanen pada DNA sel induk dan meningkatkan risiko kanker. Demikian hasil penelitian yang dirilis pada Januari lalu.

Menggunakan uji coba tikus di laboratorium, para ilmuwan Inggris menggunakan analisis kromosom dan sekuensing DNA untuk memeriksa kerusakan genetik yang diakibatkan oleh asetaldehida, bahan kimia berbahaya yang dihasilkan saat tubuh memproses alkohol.

Mereka menemukan lebih banyak detail bagaimana alkohol meningkatkan risiko pengembangan 7 jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus. Selain itu tampak bagaimana tubuh berusaha mempertahankan diri dari kerusakan yang diakibatkan oleh alkohol.

“Beberapa kanker berkembang karena kerusakan DNA pada sel punca. Sementara beberapa kerusakan terjadi secara kebetulan, temuan kami menunjukkan bahwa meminum alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan ini,” kata Ketan Patel, seorang profesor di Laboratorium Penelitian Laboratorium Medis Biologi Molekuler, yang memimpin penelitian ini.

Badan Penelitian Internasional untuk Organisasi Kesehatan Dunia mengklasifikasikan alkohol sebagai karsinogen (senyawa penyebab kanker) Kelompok 1. Bukti yang meyakinkan tampak menyebabkan kanker pada manusia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 juga menemukan bahwa alkohol bertanggung jawab atas sekitar 4 persen dari semua kanker di Inggris, dengan sekitar 12.800 kasus per tahun.

Dalam penelitian yang ipublikasikan di jurnal Nature, tim Patel memberi alkohol yang diencerkan kepada tikus, kemudian menganalisis efeknya pada DNA hewan tersebut. Mereka menemukan bahwa asetaldehida dapat mematahkan dan merusak DNA di dalam sel induk darah, yang secara permanen mengubah urutan DNA di dalam sel ini.

“Ini penting, karena saat sel induk sehat menjadi rusak, akan bisa menimbulkan sel kanker,” kata Patel.

Sumber: Reuters
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Disharmoni Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Industri: Faktor Pendorong Deindustrialisasi

KIBLAT.NET – Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan perdagangan yang banyak menyedot perhatian...

Rabu, 28/02/2018 13:19 0

Opini

Jika Palestina di Hati Pemerintah Indonesia, Suriah di Mana?

Apa yang dialami oleh umat Islam di Palestina, seluruh dunia mengutuk atas penjajahan tersebut. Berbagai kecaman dilontarkan kepada negara-negara yang anti terhadap Israel.

Rabu, 28/02/2018 11:40 0

Indonesia

Kreatif, EH Bali Olah Sampah Plastik Jadi Eco-Brick

Eco-brick yang dibuat menyerupai bangku duduk ini bila dipermak lebih cantik lagi bisa dicat dengan warna-warna dan gambar sesuai dengan selera.

Rabu, 28/02/2018 11:18 0

Indonesia

Soal Tragedi Ghouta, Komisi I DPR: PBB Harusnya Malu

“Kami berharap PBB lakukan langkah nyata mengeluarkan resolusi berlakukan gencatan senjata,” sambung pria asal Jogja ini.

Rabu, 28/02/2018 10:46 0

Indonesia

Ada Sa’i Mars Banser, KBRI: Saudi Larang Politisasi Umrah dan Haji

Cuplikan video jemaah umrah asal Indonesia belakangan kembali menjadi perhatian. Pasalnya, sejumlah jemaah melantunkan "Yaa Lal Wathan" saat berlangsungnya Sa'i dari Safa ke Marwa.

Rabu, 28/02/2018 00:09 0

Indonesia

Protes Status Yerusalem, Kyai Ma’ruf Minta Bertemu Donald Trump

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia menjelaskan tujuan kedatangannya ke MUI yakni untuk mengetahui apa yang ada di pikiran KH Ma'ruf Amin.

Selasa, 27/02/2018 23:36 0

Indonesia

Datangi MUI, Dubes AS Soalkan Peran, Fatwa hingga Khutbah

Kedatangannya antara lain menyoroti peran MUI dalam kebijakan pemerintah atau pembuatan UU, hingga membahas materi khutbah.

Selasa, 27/02/2018 23:19 0

Indonesia

Dubes AS Mendadak Datangi MUI, Bahas Apa?

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr secara mendadak mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 27/02/2018 22:08 0

Indonesia

Polri Tangkap Anggota MCA dari 5 Kota

Bareskrim Polri kembali menggelar operasi penangkapan serentak di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Pangkal Pinang, dan Palu

Selasa, 27/02/2018 21:52 0

Indonesia

Ulama Palestina Sebut Serangan ke Ghouta Bagian Konspirasi Yahudi

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed menyebutkan bahwa penyerangan di Ghouta bukan secara tiba-tiba.

Selasa, 27/02/2018 21:37 0

Close
CLOSE
CLOSE