... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Desak Pemerintah Indonesia Selamatkan Ghouta

Foto: Ghouta Timur

KIBLAT.NET, Jakarta – Serangan brutal rezim Bashar Al-Assad di Ghouta Timur, Suriah menjadi perhatian dunia. Akan tetapi, Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan pernyataan sikap dalam menanggapi penderitaan rakyat Suriah.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai meminta Indonesia untuk berperan dalam menyelesaikan konflik Suriah. Wakil Ketua Umum MUI Prof Yunahar Ilyas mengatakan, peran Indonesia sangat dibutuhkan dan tidak cukup hanya sebatas pernyataan saja.

MUI menilai Jokowi perlu mengambil peran untuk menyelesaikan konflik di sana. Sebab, di kalangan internasional Indonesia dikenal memiliki posisi netral dalam menyikapi konflik Suriah. Tidak berpihak pada oposisi maupun pada rezim Suriah.

“Sebenarnya peran Indonesia mendamaikan lebih mudah diterima, paling tidak mengajak negara-negara besar untuk menghentikan peperangan. Turki sebenarnya bisa, tapi Turki kini sudah terlibat ikut oposisi dan menambah parah dengan keberadaan Kurdi serta ISIS. Indonesia bisa berperan walau jarak yang jauh,” ujarnya kepada Kiblat.net di gedung MUI pusat, Jakarta pada Selasa (27/02/2018).

Selain itu, Yunahar juga mengajak rakyat Indonesia untuk membantu rakyat Suriah. Bantuan dapat berupa kebutuhan pokok, uang atau doa sekalipun. Yunahar berharap, doa rakyat Indonesia untuk Suriah dapat diijabahi dan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Kita bisa mengambil peran baik peran diplomatik pemerintah maupun bantuan logistik dan doa umat untuk saudara-saudara kita di Suriah. Nah kalau bantu dengan datang ke sana, apalagi ada yang berperan masalah tambah rusak bikin repot,” himbaunya.

BACA JUGA  Menag Fachrul Razi Positif Covid-19

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Riset Membuktikan, Minum Alkohol Merusak DNA dan Picu Kanker

Mereka menemukan lebih banyak detail bagaimana alkohol meningkatkan risiko pengembangan 7 jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus.

Rabu, 28/02/2018 13:52 0

Artikel

Disharmoni Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Industri: Faktor Pendorong Deindustrialisasi

KIBLAT.NET – Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan perdagangan yang banyak menyedot perhatian...

Rabu, 28/02/2018 13:19 0

News

Menlu Inggris Desak Aktor Tragedi Ghouta Harus Bertanggungjawab

KIBLAT.NET, London – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson menegaskan bahwa aktor penyebab tragedi kemanusiaan yang...

Rabu, 28/02/2018 13:07 0

News

Komisi I Minta Pemerintah Proaktif Tangani Krisis Suriah

Ia menilai bahwa ini hal yang layak untuk dicoba. Sebab, bisa saja lewat Indonesia konflik yang berkepanjangan ini dapat didamaikan.

Rabu, 28/02/2018 12:27 0

Opini

Jika Palestina di Hati Pemerintah Indonesia, Suriah di Mana?

Apa yang dialami oleh umat Islam di Palestina, seluruh dunia mengutuk atas penjajahan tersebut. Berbagai kecaman dilontarkan kepada negara-negara yang anti terhadap Israel.

Rabu, 28/02/2018 11:40 0

Afghanistan

Taliban Ajak Amerika Serikat Negosiasi Damai

“Kami menyeru para pejabat AS untuk negosiasi langsung dengan Kantor Biro Politik Imarah Islam khususnya terkait solusi damai bagi Afghanistan,” kata pernyataan Biro Politik Taliban, yang dinukil AFP, Selasa (27/02).

Rabu, 28/02/2018 09:37 0

Suriah

Faksi-faksi di Ghouta Timur Kirim Surat ke PBB

Faksi-faksi tersebut berjanji akan mengeluarkan pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam, Jabhah Nusrah dan Organisasi Al-Qaidah, yang dijadikan alasan rezim menggempur Ghoutah, dalam 15 hari.

Rabu, 28/02/2018 07:48 0

Amerika

Jendral AS: Qatar Masih Jadi Sekutu yang Bisa Dipercaya

"Saya yakin mereka sekutu yang baik sejak dulu,” ungkap Votel dalam sidang Komite Pelayanan Persenjata di Senat, Selasa (27/02).

Rabu, 28/02/2018 06:48 0

Afrika

Bom Mobil Al-Syabaab Meledak Dekat Istana, Korban Paspampres Berjatuhan

Kelompok Al-Syabaab cabang al-Qaidah menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di dekat sebuah hotel dan istana presiden.

Selasa, 27/02/2018 16:05 0

Arab Saudi

Saudi Pecat Kepala Militer dan Lakukan Reshuffle Kabinet, Wanita Diangkat Jadi Wamen

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz telah memecat komandan militer utamanya dan mengganti sebagian anggota kabinetnya dalam sebuah guncangan keamanan dan kementerian pemerintah, sesuai dengan sebuah dekrit (keputusan kerajaan).

Selasa, 27/02/2018 15:28 0

Close