... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI dan Ormas Islam Dukung Saudi Tolak Internasionalisasi Haji

Foto: Pertemuan Dubes Saudi dengan perwakilan MUI dan ormas Islam.

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama ormas Islam yang tergabung dalam MOI mendukung Arab Saudi terkait polemik internasionalisasi dua tanah suci dalam penyelenggaraan haji. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tabligh, Prof. Yunahar Ilyas menyebut bahwa tuntutan internasionalisasi dilatarbelakangi politik.

“Jadi kita tidak ragu sedikitpun, karena memang tidak ada kepentingan apapun dalam internasionalisasi ini, kecuali politik. Ini persoalan politik Timur Tengah. Iran mencoba masuk ke Masjidil haram. Iran ingin menguasai Timur Tengah,” katanya pada Selasa (27/02/2018).

Yunahar menyebut, bahwa dampak buruk adanya internasionalisasi haji yakni akan adanya shalat Jumat empat kali di Ka’bah. Karena empat madzhab melaksanakan shalat dengan caranya sendiri secara bergantian.

Internasionalisasi dua tanah suci sejak dahulu dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini, yang meminta agar pengelolaan Mekkah dan Madinah dikelola oleh Komite Islam Internasional dan tidak lagi di bawah Kerajaan Arab Saudi.

Ketua MUI Jatim, KH. Abdusshomad Buchori mengungkapkan umat Islam tegas menolak internasionalisasi ibadah haji. Ia menyebut, sudah sejak lama bangsa Arab Saudi sangat bagus sebagai pelayan dua tanah cuci.

“Iran ini ingin men-Syiahkan tanah suci. Karena itu, kita ingin meminta kepada MUI lainnya untuk mengeluarkan fatwa sesatnya Syiah. Kami sudah sejak dulu mengeluarkan fatwa sesatnya Syiah ini, dulu pimpinan pusat MUI juga sudah mengeluarkan fatwa sesatnya syiah,” ungkap kyai kharismatik berkultur NU ini.

BACA JUGA  Bantu Pengadaan APD Tenaga Medis, Fraksi PKS Potong Gaji

Ia pun mengajak kepada segenap ormas Islam untuk satu sikap dalam menyatakan sesatnya Syiah dan mendukung Arab Saudi sebagai khadimul haromain (pelayan dua tanah haram).

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al-Shuaibi mengundang MUI dan ormas Islam untuk mendukung penolakan internasionalisasi dua tanah suci. Hadir dalam pertemuan itu Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas. Wasekjen MUI Zaitun Rasmin, Ketum Persis Maman Abdurahman, Ketua Umum PP Badan Koordinasi Mubalig se-Indonesia (Bakomubin) Dr Ali Muchtar Ngabalin, AA Gym, serta Ketua Persatuan Umat Islam (PUI) Nazar Haris.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Riset Membuktikan, Minum Alkohol Merusak DNA dan Picu Kanker

Mereka menemukan lebih banyak detail bagaimana alkohol meningkatkan risiko pengembangan 7 jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus.

Rabu, 28/02/2018 13:52 0

Artikel

Disharmoni Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Industri: Faktor Pendorong Deindustrialisasi

KIBLAT.NET – Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan perdagangan yang banyak menyedot perhatian...

Rabu, 28/02/2018 13:19 0

News

Menlu Inggris Desak Aktor Tragedi Ghouta Harus Bertanggungjawab

KIBLAT.NET, London – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson menegaskan bahwa aktor penyebab tragedi kemanusiaan yang...

Rabu, 28/02/2018 13:07 0

News

Komisi I Minta Pemerintah Proaktif Tangani Krisis Suriah

Ia menilai bahwa ini hal yang layak untuk dicoba. Sebab, bisa saja lewat Indonesia konflik yang berkepanjangan ini dapat didamaikan.

Rabu, 28/02/2018 12:27 0

Opini

Jika Palestina di Hati Pemerintah Indonesia, Suriah di Mana?

Apa yang dialami oleh umat Islam di Palestina, seluruh dunia mengutuk atas penjajahan tersebut. Berbagai kecaman dilontarkan kepada negara-negara yang anti terhadap Israel.

Rabu, 28/02/2018 11:40 0

Afghanistan

Taliban Ajak Amerika Serikat Negosiasi Damai

“Kami menyeru para pejabat AS untuk negosiasi langsung dengan Kantor Biro Politik Imarah Islam khususnya terkait solusi damai bagi Afghanistan,” kata pernyataan Biro Politik Taliban, yang dinukil AFP, Selasa (27/02).

Rabu, 28/02/2018 09:37 0

Suriah

Faksi-faksi di Ghouta Timur Kirim Surat ke PBB

Faksi-faksi tersebut berjanji akan mengeluarkan pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam, Jabhah Nusrah dan Organisasi Al-Qaidah, yang dijadikan alasan rezim menggempur Ghoutah, dalam 15 hari.

Rabu, 28/02/2018 07:48 0

Amerika

Jendral AS: Qatar Masih Jadi Sekutu yang Bisa Dipercaya

"Saya yakin mereka sekutu yang baik sejak dulu,” ungkap Votel dalam sidang Komite Pelayanan Persenjata di Senat, Selasa (27/02).

Rabu, 28/02/2018 06:48 0

Afrika

Bom Mobil Al-Syabaab Meledak Dekat Istana, Korban Paspampres Berjatuhan

Kelompok Al-Syabaab cabang al-Qaidah menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di dekat sebuah hotel dan istana presiden.

Selasa, 27/02/2018 16:05 0

Arab Saudi

Saudi Pecat Kepala Militer dan Lakukan Reshuffle Kabinet, Wanita Diangkat Jadi Wamen

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz telah memecat komandan militer utamanya dan mengganti sebagian anggota kabinetnya dalam sebuah guncangan keamanan dan kementerian pemerintah, sesuai dengan sebuah dekrit (keputusan kerajaan).

Selasa, 27/02/2018 15:28 0

Close