... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menlu Inggris Desak Aktor Tragedi Ghouta Harus Bertanggungjawab

Foto: Menlu Inggris, Boris Johnson

KIBLAT.NET, London – Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson menegaskan bahwa aktor penyebab tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Suriah di Ghouta timur harus bertanggungjawab sepenuhnya. Minggu lalu, akibat dari bom kimia yang dijatuhkan oleh Bashar Assad beserta sekutunya telah menyebabkan sejumlah warga sipil terbunuh.

“Siapa pun yang menggunakan senjata kimia di Suriah, (harus) dimintai pertanggungjawabannya,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari Anadolu, Selasa (27/02/2018).

Ucapan Johnson ini muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan mendesak mengenai situasi terakhir di Ghouta Timur. Lebih dari 500 orang telah terbunuh dalam pemboman oleh rezim Suriah.

Menurut badan pertahanan sipil White Helmet, setidaknya 21 orang telah terbunuh di Ghouta Timur sejak Dewan Keamanan PBB mengeluarkan sebuah resolusi pada hari Sabtu lalu. Yang mana dalam hal itu PBB meminta gencatan senjata 30 hari di seluruh wilayah Suriah untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

“Pesawat tempur rezim Assad masih dilaporkan menjadi sasaran yang mencolok di daerah Ghouta pada hari Senin dan PBB tidak dapat memberikan bantuan apapun. Bantuan kemanusiaan diblokir, “jelasnya.

Johnson melanjutkan, kesengsaraan lain yang menimpa penduduk sipil Suriah yaitu ratusan ribu warga sipil kelaparan di Ghouta Timur. Padahal jarak gudang makanan milik PBB di Damaskus hanya beberapa mil.

“Rezim Assad harus mengizinkan PBB untuk memberikan pasokan tersebut sesuai dengan Resolusi 2401, dan kami menantikan Rusia dan Iran untuk memastikan hal ini terjadi sesuai dengan janji mereka sendiri,” katanya

BACA JUGA  Pentagon Bantah Wacana Penambahan 14.000 Pasukan di Timur Tengah

“Pasukan Assad sekarang membombardir daerah Ghouta Timur, di mana 393.000 orang hidup dalam pengepungan, menanggung apa yang menjadi taktik tanda tangan rezim tersebut, di mana warga sipil kelaparan dan dituntut untuk tunduk,” tukas Johnson.

Sumber: Anadolu
Penulis: Afriza

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Jika Palestina di Hati Pemerintah Indonesia, Suriah di Mana?

Apa yang dialami oleh umat Islam di Palestina, seluruh dunia mengutuk atas penjajahan tersebut. Berbagai kecaman dilontarkan kepada negara-negara yang anti terhadap Israel.

Rabu, 28/02/2018 11:40 0

Indonesia

Kreatif, EH Bali Olah Sampah Plastik Jadi Eco-Brick

Eco-brick yang dibuat menyerupai bangku duduk ini bila dipermak lebih cantik lagi bisa dicat dengan warna-warna dan gambar sesuai dengan selera.

Rabu, 28/02/2018 11:18 0

Indonesia

Soal Tragedi Ghouta, Komisi I DPR: PBB Harusnya Malu

“Kami berharap PBB lakukan langkah nyata mengeluarkan resolusi berlakukan gencatan senjata,” sambung pria asal Jogja ini.

Rabu, 28/02/2018 10:46 0

Indonesia

Ada Sa’i Mars Banser, KBRI: Saudi Larang Politisasi Umrah dan Haji

Cuplikan video jemaah umrah asal Indonesia belakangan kembali menjadi perhatian. Pasalnya, sejumlah jemaah melantunkan "Yaa Lal Wathan" saat berlangsungnya Sa'i dari Safa ke Marwa.

Rabu, 28/02/2018 00:09 0

Indonesia

Protes Status Yerusalem, Kyai Ma’ruf Minta Bertemu Donald Trump

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia menjelaskan tujuan kedatangannya ke MUI yakni untuk mengetahui apa yang ada di pikiran KH Ma'ruf Amin.

Selasa, 27/02/2018 23:36 0

Indonesia

Datangi MUI, Dubes AS Soalkan Peran, Fatwa hingga Khutbah

Kedatangannya antara lain menyoroti peran MUI dalam kebijakan pemerintah atau pembuatan UU, hingga membahas materi khutbah.

Selasa, 27/02/2018 23:19 0

Indonesia

Dubes AS Mendadak Datangi MUI, Bahas Apa?

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr secara mendadak mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 27/02/2018 22:08 0

Indonesia

Polri Tangkap Anggota MCA dari 5 Kota

Bareskrim Polri kembali menggelar operasi penangkapan serentak di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Pangkal Pinang, dan Palu

Selasa, 27/02/2018 21:52 0

Indonesia

Ulama Palestina Sebut Serangan ke Ghouta Bagian Konspirasi Yahudi

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed menyebutkan bahwa penyerangan di Ghouta bukan secara tiba-tiba.

Selasa, 27/02/2018 21:37 0

Indonesia

Di Balik Misi Israel Kuasai Masjid Al Aqsa

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed mengungkapkan alasan Israel sangat berhasrat untuk menghancurkan Masjid Al-Aqsa.

Selasa, 27/02/2018 19:46 1

Close