... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kecelakaan Tunggal Tewaskan Jemaah Umrah Asal Tangerang

Foto: Korban berinisial APK (66 tahun) kelahiran Bandung saat ditemui utusan KJRI di Jeddah

KIBLAT.NET, Jeddah – Sepasang jemaah umrah asal Serpong, Tangerang mengalami kecelakaan tunggal di wilayah Khulaish, 150 km dari Jeddah. Kecelakaan terjadi saat perjalanan dari Madinah menuju Makkah pada pukul 15.20 waktu Arab Saudi.

Korban berinisial APK (66 tahun) kelahiran Bandung sebagai suami dan istri berinisial IFA (66 tahun) kelahiran Sukabumi. Naas, kecelakaan tunggal itu menewaskan istri.

Mengutip laporan dari laman Kantorurusanhaji.com, kedua korban saat kecelakaan menumpangi mobil taxi ilegal, sedan tipe Corolla bewarna putih model 2016 dengan no polisi 9842 XHJ. Munurut keterangan APK, supir mendadak membanting setir ke arah kanan untuk menghindari bus dari arah berlawanan. Akan tetapi, dengan kecepatan 130km/jam, supir kehilangan kendali sehingga mobil terguling.

Pihak KJRI di Jeddah pada Senin (26/02/2018) membantu proses penanganan sepasang suami istri tersebut. Dua staf Teknis Haji I KJRI Jeddah, Ahmad Dumyathi Bashori menugaskan tim investigasi untuk mengunjungi korban yang tengah dirawat di RS Khulaish.

Kepada utusan KJRI Jeddah APK mengaku sabar dan ikhlas karena kehilangan istrinya. Diiringi isak tangis, ia menuturkan, saat mobil terguling istrinya seketika menyebut nama Allah SWT. Sayangnya, tubuh si istri terpental keluar dan meninggal di lokasi.

“Iyah pak, insyaaAllah, saya sabar dan ikhlas serta ridho lillahi ta’ala. Istri saya diambil sama Allah dalam keadaan niat umrah dan menggunakan kain putih (busana umrah). Yang saya ingat dari kejadian ini istri saya teriak ‘Allah, Allah’ sehingga istri saya terpental keluar dari mobil. Saya masih terjepit karena duduk di depan dan istri saya duduk di belakang. Yang keluar pertama kali dari mobil adalah supir yang membantu istri saya. Kemudian setelah saya terlepas dari himpitan mobil, baru datangi dan mentalqinkan istri saya karena nafasnya sesak,” ujar APK sambil menangis.

BACA JUGA  Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Menunggu Izin Saudi

Utusan KJRI yang mendengar cerita itu tak lupa menghibur APK. Para utusan berharap agar APK dapat diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini.

APK dan istrinya telah hampir 10 tahun bekerja di Kuwait sebagai tenaga ahli di bidang geologi dan perminyakan. Hampir setiap tahun sejak 1995, pasangan suami-istri selalu menjalani ibadah umrah.

Masa pensiunnya akan jatuh pada Maret 2018. Menjelang kembali ke Tanah Air, ia kembali mengajak istrinya untuk melakukan ibadah umrah. Namun akibat insiden tersebut, almarhumah terpaksa dimakamkan di Syar’iyah Makkah setelah dimandikan di pemandian Al Muhajirin di Mekkah kemudian dishalatkan di Mekkah Al Mukarramah.

“Kami kenal baik dengan Bapak APK saat di Kuwait karena beliau sesepuh WNI disana dan sering berkumpul di masjid Indonesia Al Hasanah. Kebaikan beliau beserta istri subhanAllah bisa dirasakan oleh WNI di Kuwait,” ucap Ahmad yang pernah tinggal di Kuwait sebelum ke Arab Saudi.

Atas kejadian ini, KJRI menghimbau agar jemaah yang menjalankan umrah dan haji tetap waspada dan tidak menggunakan taksi ilegal. Karena sering melampaui batas maksimal kecepatan yang berlaku di Arab Saudi.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI dan Ormas Islam Dukung Saudi Tolak Internasionalisasi Haji

Internasionalisasi dua tanah suci sejak dahulu dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini.

Rabu, 28/02/2018 17:10 0

Indonesia

MUI Desak Pemerintah Indonesia Selamatkan Ghouta

Wakil Ketua Umum MUI Prof Yunahar Ilyas mengatakan, peran Indonesia sangat dibutuhkan dan tidak cukup hanya sebatas pernyataan saja.

Rabu, 28/02/2018 16:35 0

Indonesia

Bukti Dinilai Tak Obyektif, MUI Minta MA Tolak PK Ahok

Wakil Ketua Umum MUI, Yunahar Ilyas mengatakan, terpidana Ahok memang berhak mengajukan PK atas vonis yang ia terima.

Rabu, 28/02/2018 16:11 0

Indonesia

Dubes Saudi: Internasionalisasi Haji Sama Saja Deklarasi Perang

Arab Saudi mengapresiasi umat Islam Indonesia yang secara tegas menolak internasionalisasi dua tanah suci; Mekkah dan Madinah terkait penyelenggaraan haji. 

Rabu, 28/02/2018 16:05 0

Indonesia

MUI: Solusi Suriah Adalah Lengsernya Bashar Assad

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengemukakan, dalang di balik krisis yang berlangsung tujuh tahun itu adalah Rusia dan Amerika Serikat.

Rabu, 28/02/2018 15:07 0

Artikel

Disharmoni Kebijakan Perdagangan dan Kebijakan Industri: Faktor Pendorong Deindustrialisasi

KIBLAT.NET – Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan perdagangan yang banyak menyedot perhatian...

Rabu, 28/02/2018 13:19 0

Opini

Jika Palestina di Hati Pemerintah Indonesia, Suriah di Mana?

Apa yang dialami oleh umat Islam di Palestina, seluruh dunia mengutuk atas penjajahan tersebut. Berbagai kecaman dilontarkan kepada negara-negara yang anti terhadap Israel.

Rabu, 28/02/2018 11:40 0

Indonesia

Kreatif, EH Bali Olah Sampah Plastik Jadi Eco-Brick

Eco-brick yang dibuat menyerupai bangku duduk ini bila dipermak lebih cantik lagi bisa dicat dengan warna-warna dan gambar sesuai dengan selera.

Rabu, 28/02/2018 11:18 0

Indonesia

Soal Tragedi Ghouta, Komisi I DPR: PBB Harusnya Malu

“Kami berharap PBB lakukan langkah nyata mengeluarkan resolusi berlakukan gencatan senjata,” sambung pria asal Jogja ini.

Rabu, 28/02/2018 10:46 0

Indonesia

Ada Sa’i Mars Banser, KBRI: Saudi Larang Politisasi Umrah dan Haji

Cuplikan video jemaah umrah asal Indonesia belakangan kembali menjadi perhatian. Pasalnya, sejumlah jemaah melantunkan "Yaa Lal Wathan" saat berlangsungnya Sa'i dari Safa ke Marwa.

Rabu, 28/02/2018 00:09 0

Close
CLOSE
CLOSE