... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Faksi-faksi di Ghouta Timur Kirim Surat ke PBB

Foto: Peta Kontrol Faksi di Ghouta Timur. Merah: Wilayah Ahrar, Hijau: Wilayah Jaisyul Islam, Biru: Wilayah Faylaq Ar-Rahman, Hitam (di dalam warna hijau): wilayah HTS

KIBLAT.NET, Damaskus – Faksi-faksi oposisi bersenjata di Ghouta Timur mengirim sebuah surat kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk minta bantuan menekan rezim mengurangi serangan ke wilayanya. Dalam surat itu, mereka berjanji mengeluarkan faksi yang dijadikan alasan rezim terus membombardir wilayah yang dihuni 400 ribu jiwa itu.

Dalam surat yang dikirim pada Selasa (27/02) itu, faksi-faksi tersebut berjanji akan mengeluarkan pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam, Jabhah Nusrah dan Organisasi Al-Qaidah, yang dijadikan alasan rezim menggempur Ghoutah, dalam 15 hari.

Faksi-faksi tersebut juga berjanji untuk mempermudah misi PBB dalam mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan medis. Hal ini sebgai bagian dari resolusi PBB nomor 2401 tentang gencatan senjata selama 30 hari di Suriah.

Pernyataan tersebut dikeluarkan atas nama Jaisyul Islam, Faylaq Ar-Rahman dan Ahrar Al-Syam. Ketiga faksi ini merupakan faksi yang paling mendominasi di Ghoutah Timur.

Pernyataan tersebut muncul sesaat setelah Rusia mengumumkan gencatan senjata harian di Ghouta Timur. Gencatan Rusia itu berlangsung selama enam jam dalam sehari.

Pada bagiannya, Dewan Provinsi Pedesan Damaskus yang memengang pemerintahan di wilayah oposisi mengatakan bahwa gencatan senjata Rusia melingkari Resolusi PBB No. 2401, yang menyepakati gencatan senjata satu bulan dan pendistribusia bantuan kemanusiaan.

Dewan Provinsi juga mendesak PBB segera mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke Ghouta, mererapkan keputusan Dewan Keamanan PBB serta menempatkan pengawas internasional untuk memantau gencatan.

BACA JUGA  Iran Perkuat Sistem Pertahanan Udara Suriah

Dewan tersebut juga memperingatkan banyak korban yang butuh perawatan segera di Ghouta. Selain itu, ratusan ribu warga juga terancam kehabisan makanan poko.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ada Sa’i Mars Banser, KBRI: Saudi Larang Politisasi Umrah dan Haji

Cuplikan video jemaah umrah asal Indonesia belakangan kembali menjadi perhatian. Pasalnya, sejumlah jemaah melantunkan "Yaa Lal Wathan" saat berlangsungnya Sa'i dari Safa ke Marwa.

Rabu, 28/02/2018 00:09 0

Indonesia

Protes Status Yerusalem, Kyai Ma’ruf Minta Bertemu Donald Trump

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia menjelaskan tujuan kedatangannya ke MUI yakni untuk mengetahui apa yang ada di pikiran KH Ma'ruf Amin.

Selasa, 27/02/2018 23:36 0

Indonesia

Datangi MUI, Dubes AS Soalkan Peran, Fatwa hingga Khutbah

Kedatangannya antara lain menyoroti peran MUI dalam kebijakan pemerintah atau pembuatan UU, hingga membahas materi khutbah.

Selasa, 27/02/2018 23:19 0

Indonesia

Dubes AS Mendadak Datangi MUI, Bahas Apa?

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr secara mendadak mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selasa, 27/02/2018 22:08 0

Indonesia

Polri Tangkap Anggota MCA dari 5 Kota

Bareskrim Polri kembali menggelar operasi penangkapan serentak di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Pangkal Pinang, dan Palu

Selasa, 27/02/2018 21:52 0

Indonesia

Ulama Palestina Sebut Serangan ke Ghouta Bagian Konspirasi Yahudi

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed menyebutkan bahwa penyerangan di Ghouta bukan secara tiba-tiba.

Selasa, 27/02/2018 21:37 0

Indonesia

Di Balik Misi Israel Kuasai Masjid Al Aqsa

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed mengungkapkan alasan Israel sangat berhasrat untuk menghancurkan Masjid Al-Aqsa.

Selasa, 27/02/2018 19:46 1

Indonesia

Syaikh Sameer: Kita Memerangi Yahudi karena Mereka Musuh

Anggota Ikatan Ulama Internasional Komite Al-Quds, Syaikh Sameer Saeed menyebutkan bahwa ada beberapa alasan mengapa umat Islam di Palestina memerangi Yahudi Israel. Salah satunya adalah untuk mempertahankan tanah Palestina itu sendiri.

Selasa, 27/02/2018 19:37 0

Indonesia

ACT Harap Pemerintah Indonesia Sikapi Krisis Ghouta

Wakil Presiden Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tangap (ACT), N. Imam Akbari meminta kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyikapi krisis yang terjadi di Ghouta, Suriah.

Selasa, 27/02/2018 19:27 1

Indonesia

Tak Punya Definisi Baku, Terorisme Telah Memakan Banyak Korban

Sampai saat ini tak ada definisi kata terorisme yang baku. Namun, korban terus berjatuhan. Tak hanya itu, stigma teroris terus melekat pada mereka.

Selasa, 27/02/2018 17:02 0

Close