UEA Pimpin Misi Anti Al-Qaidah di Shobwah, Yaman

KIBLAT.NET, Shobwah – Uni Emirat Arab (UEA), melalui koalisi Arab pimpinan Arab Saudi di Yaman, Senin (26/02), meluncurkan operasi memerangi Organisasi Al-Qaidah di provinsi Shobwah. Operasi tersebut dinamai dengan sandi “Al-Saif Al-Hasim (Pedang Menentukan)”.

Operasi ini di bawah komando koalisi Arab pimpinan Saudi, seperti dikatakan kantor berita UEA, WAM. UEA mengerahkan pasukan bentukannya yang dikenal Pasukan Elit Shobwaniyah.

Target pertama operasi ini distrik Ash-Sha’id. Sumber setempat mengatakan, pasukan Shobwaniyah menyebar di dalam dan luar desa As-Suq serta mendirikan pos-pos pemeriksaan di jalan-jalan raya. Hal itu untuk mengepung para pejuang Al-Qaidah.

Pasukan dukungan negara Arab itu dilaporkan berhasil merebut lembah Yashbum. Penjagaan ketat diberlakukan di pinggiran kota dan titik-titik penting.

Sebelumnya, pasukan Shobwaniyah dengan didukung pasukan tempur UEA berhasil merebut pusat distrik Ash-Sha’id. Pasukan itu terus bergerak menuju wilayah-wilayah pedesaan yang dikontrol Al-Qaidah.

Perlu diketahui, UEA telah membentuk banyak satuan tempur dari warga lokal di wilayah kontrol pemerintah sah Yaman. Beberapa kali pasukan itu terlibat bentrokan bersenjata dengan pasukan pemerintah. Penyebabnya rebutan wilayah.

UEA juga menempatkan milisi bentukannya di sejumlah pelabuhan penting, jalur minyak. Sejumlah pihak menduga, UEA ingin menguasai jalur minyak Yaman untuk kepentingan pribadi.

Sumber: Dostor.org, aawsat.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat