... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tingkatkan Kualitas Santri, FP2I Banyumas Gelar Lomba Lintas Pesantren

KIBLAT.NET, Purbalingga – Dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik pondok pesantren, Forum Pemerhati Pendidikan Islam (FP2I) Banyumas pada Kamis (22/02/2018) menggelar perlombaan dengan tema ‘Lomba Lintas Pesantren’. Lombah ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Islam Nurul huda, Purbalingga, Jawa tengah.

Peserta lomba dari berbagai almamater, di antaranya Ponpes Nurul Huda, Al-Manshuroh, Al-Muaddib, Nurul Ummah, Al-Husna dan Khoiru Ummah.

Ustadz Muhammad Fatih, Ketua FP2I Banyumas, mengatakan bahwa tujuan diadakannya lomba semacam ini intinya untuk menggali potensi yang dimiliki oleh para santri. Sehingga ke dapannya diharapkan mampu memberi inspirasi baru bagi santri yang lain.

“Kegiatan ini adalah sebagai salah satu evaluasi bagi masing-masing pesantren. Dengan adanya lomba semacam ini, nantinya pesantren-pesatren tahu mana kelebihannya dan kekurangannya. Dengan adanya evaluasi seperti ini nantinya dapat terwujud hajat pendidikan, pengaderan dan dakwah kaum Muslimin semakin baik,” ungkapnya di Ponpes Nurul Huda, Purbalingga pada Kamis (22/02/2018).

Akan tetapi, Staf pengajar Ponpes Nurul Huda ini menandaskan tidak menutup kemungkinan terjadinya saling merasa ungguh antara satu pesantren dan pesantren yang lain selama perlombaan. Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasi dan memahamkan kepada pesantren yang ikut lomba bahwa ini bukan ajang mencari musuh.

“Kita sampaikan kepada para asatidz serta santrinya bahwa sesama pesantren itu bukanlah musuh,” tegasnya.

Fatih menambahkan bahwa lomba-lomba semacam ini akan terus digalakkan. Harapan besar dari gelaran seperti ini memberikan sumbangsih kepada dakwah Islam karena didukung SDM yang mumpuni.

BACA JUGA  Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

Untuk diketahui, dalam Lomba Lintas pesantren tersebut terdapat beberapa macam perlombaan diantaranya Tahfidz Qur’an, PBB, Tata boga, Cerdas Cermat Keislaman (CCK), Drama berbahasa arab, Pidato 4 bahasa, Qiroatul Kutub (membaca kitab), hafalan Hadist dan diakhiri dengan Outbond. Acara ini juga nantinya akan berlangsung selama 2 hari, dimulai pada hari Kamis 22 Februari hingga Sabtu (24/02/2018) mendatang.

Reporter: Afriza DS
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Tim Advokasi Keluarga MJ Dihadang , Maneger Nasution: Itu Premanisme

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution menyesalkan penghadangan yang diterima Tim Pembela kemanusiaan (TPK) saat hendak mengadvokasi istri Muhammad Jefri. Ia menegaskan bahwa setiap orang punya hak untuk masuk ke setiap daerah selama di teritori Indonesia.

Kamis, 22/02/2018 21:26 0

Kiblatorial

Editorial: (Densus) Belajar dari Kasus Siyono

Dari kasus MJ di atas, rupanya terlihat ada perubahan strategi yang dilakukan oleh Densus 88 dalam penanganan korban penyiksaan. Bukan strategi interogasi dengan penyiksaan yang dikendurkan, namun pengetatan dalam pengawalan korban. Korban yang telah hilang nyawanya ini jangan sampai bersuara keras lagi seperti mayat Siyono yang masih nyaring bunyinya.

Kamis, 22/02/2018 14:27 1

Suriah

Pasukan Assad di Ghouta Timur Bukan Memerangi Teroris, Tapi Warga Sipil

Rezim Assad sengaja menargetkan infrastruktur dan rumah sakit sipil. Akses kemanusiaan ke wilayah tersebut juga dihalangi untuk memaksa pejuang oposisi menyerah.

Kamis, 22/02/2018 14:05 0

Afrika

AS Tetapkan Ansharul Islam di Sahel Afrika sebagai Organisasi Teroris

Ansharul Islam dibentuk pada tahun 2016 di kawasan hutan Mondoro, Mali, oleh Boureima Dicko, seorang imam setempat yang juga dikenal dengan nama Ibrahim Dicko.

Kamis, 22/02/2018 13:43 0

Suara Pembaca

Solidaritas Muslim Salurkan Donasi untuk Keluarga Anggota FPI Klaten 

Donasi diserahkan melalui keluarga Sulis di rumah orangtuanya di Klaten Jawa Tengah yang dibersamai oleh Ketua FPI Klaten.

Kamis, 22/02/2018 11:31 0

Suriah

Rusia Pasok Suriah Senjata Sebelum Pembantaian Ghautah Timur Dimulai

Harian online Suriah, Zaman Al-Wasl, pada Rabu (21/02) melaporkan bahwa Moskow mengirim senjata dan bom udara kepada militer Assad sehari sebelum penyerangan intens di Ghauta Timur.

Kamis, 22/02/2018 09:50 1

Suriah

Warga Ghautah: Kami Menunggu Antrian Mati

“Kami menunggu antrian mati,” ujarnya kepada Reuters. Dia menambahkan bahwa itulah ungkapan yang bisa kami katan.

Kamis, 22/02/2018 09:27 0

Eropa

Uni Eropa Ancang-ancang Hadapi Ancaman Sanksi AS

Uni Eropa memperingatkan, Selasa (20/02), akan mengambil “langkah-langkah yang tepat” untuk melindungi kepentingannya apabila AS menerapkan sanksi, dengan menetapkan tarif tinggi bagi ekportir Eropa. Hal itu dinyatakan UE menyusul rencana Trump yang akan menerapkan kebijakan proteksionisme perdagangan.

Kamis, 22/02/2018 08:25 0

Suriah

PBB Desak Stop Pembantaian di Ghautah Timur

"Yang ingin saya tekankan terhadap semua pihak yang terlibat adalah untuk segera menangguhkan semua kegiatan perang di Ghautha Timur," katanya pada Rabu (21/02).

Kamis, 22/02/2018 08:14 0

News

Penyidik Polri Jadi Saksi Fakta, Pengacara Alfian Tanjung Heran

Saksi fakta yang dihadirkan adalah Davit Permana. Davit merupakan penyidik yang memeriksa Alfian Tanjung pertama kali. Sontak tim penasihat hukum Alfian Tanjung keberatan. Karena seharusnya penyidik menjadi pihak yang independen dan tidak menjadi saksi fakta yang memberatkan terdakwa.

Rabu, 21/02/2018 21:00 0

Close