... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Propam Nilai Densus 88 Tak Langgar Prosedur terkait Tewasnya MJ

Foto: Rumah duka Muhammad Jefri di Desa Kapuran, Pasarmadang, Kota Agung, Tanggamus, Lampung

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Kombes Pol Agung Wicaksono mengatakan bahwa ia sengaja dihadirkan oleh Divisi Humas Mabes Polri dalam jumpa pers terkait meninggalnya tersangka pidana terorisme, Muhammad Jefri (MJ). MJ meniggal beberapa jam setelah ditangkap Densus 88. Keluarga melihat ada ketidakwajaran atas kematian bapak satu anak itu.

Agung mengatakan pihaknya telah memeriksa anggota Densus 88 yang menangkap dan membawa MJ. Menurut dia, hasil pemeriksaan menunjukkan tidak ada prosedur maupun standar operasi yang dilanggar Densus 88.

“Kami sudah melaksanakan klarifikasi dengan hasil bahwa anggota Densus 88 Polri dalam pelaksanaan tugas penangkapan tersangka teroris di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada tanggal 7 Februari sudah sesuai dengan prosedur, SOP penyidikan,” kata Agung dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jefri sempat dibawa ke klinik di Indramayu sebelum meninggal. Setelah meninggal, jenazahnya dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk diotopsi. Hasilnya, kata Agung, Jefri meninggal karena serangan jantung.

“Meninggalnya tersangka teroris Muhammad Jefri pasca dilakukan penangkapan oleh anggota Densus akibat serangan jantung dan tidak ada tanda-tanda kekerasan,” kata Agung.

Agung juga menyatakan bahwa tidak ditemukan pelanggaran disiplin maupun kode etik profesi Polri dalam penangkapan Jefri. Usai ditangkap, Jefri dibawa tim Densus 88 untuk menunjukkan lokasi persembunyian. Namun, di perjalanan, Jefri mengeluh sesak nafas. Jefri langsung dibawa ke klinik terdekat di Indramayu dan meninggal dunia.

BACA JUGA  Romo Syafii: Darurat Sipil Bentuk Ketidakpedulian Pemerintah Terhadap Rakyat

Dalam kasus meninggalnya MJ, Komnas HAM telah menurunkan anggota untuk melakukan investigasi ke Indramayu, untuk kemudian menyelidiki apakah ada pelanggaran HAM dan kesalahan prosedur yang dilakukan polisi dalam melakukan penangkapan terhadap MJ.

Kasus kematian MJ beberapa jam setelah ditangkap Densus ini menyimpan banyak misteri. Sebagaimana investigasi yang dilakukan Kiblat.net, MJ diketahui tewas sebelum tiba di klinik. Hanya tiga pihak keluarga yang diperkenankan melihat jasad MJ, dan itu pun saat masih di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Sesampainya di rumah duka di Kabupaten Tanggamus, tak boleh ada yang membuka kain kafan MJ.

Proses pemakaman pun terbilang singkat. Pukul lima pagi tiba, pukul tujuh semua selesai. Tak banyak tetangga yang ikut melayat. Menurut adik MJ, banyak pelayat yang tak dikenal warga setempat. Diduga mereka aparat yang berpakain sipil.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

[Video] Aksi Heroik Relawan, Selamatkan Bayi Korban Rezim Suriah

Suara tangis kian terdengar, si bayi tampak kesakitan. Seakan tak pedulikan halangan, pria berkacamata itu tarus lari, mendekapkan bayi berbalut kain itu ke dadanya.

Selasa, 20/02/2018 18:10 0

Opini

Verifikasi Partai dan Ironi Ongkos Tinggi Demokrasi

Halaman media beberapa hari terakhir diwarnai dengan riuh rendah hasil verifikasi dan penetapan nomor urut partai peserta Pemilihan Umum 2019. Sebanyak 14 partai dinyatakan lolos untuk berpartisipasi dalam gelaran pemilu tahun depan.

Selasa, 20/02/2018 17:30 0

Iran

Ricuh Protes Kelompok Sufi di Teheran, 3 Polisi Tewas

Kepolisian Iran menyatakan bahwa tiga anggotanya tewas akibat bentrok yang terjadi dengan anggota Gonabadi, kelompok Sufi yang dianggap menjadi ancaman bagi pemerintah Syiah Iran.

Selasa, 20/02/2018 16:59 0

Arab Saudi

Jurnalis Kritik Adzan dengan Pengeras Suara, Saudi Gelar Penyelidikan

Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi mengumumkan telah melakukan penyelidikan terhadap Mohammed al-Suhaimi, seorang jurnalis yang mengkritik adzan dengan pengeras suara.

Selasa, 20/02/2018 14:51 0

Irak

Iraq Adili 11 Wanita Asing Anggota ISIS, Satu Divonis Mati

Sejumlah sumber di Iraq berbicara, adanya ratusan wanita dan anak-anak anggota keluarga pejuang ISIS bekewarganegaraan Eropa, Asia dan Arab. Mereka ditahan di penjara Departemen Keadilan di Baghdad.

Selasa, 20/02/2018 13:18 0

Artikel

Menilik Bangkitnya Jihad Umat Islam dalam Perang Salib

Pada awal abad ke-12, pesukan salib tidak hanya berhasil mengambil alih kota suci Yerusalem. Tetapi juga petak-petak besar dari wilayah Syam milik umat Islam. Situs tersuci ketiga Islam, Masjid Al-Aqsha, berada di tangan pasukan salib.

Selasa, 20/02/2018 10:48 0

Irak

Serangan ISIS Kembali Tewaskan Puluhan Pasukan Iraq

Serangan kali ini dilaporkan menewaskan sedikitnya 30 orang, seperti dilaporkan Al-Jazeera pada Senin (19/02).

Selasa, 20/02/2018 09:06 0

Turki

Turki Akan Hadapi Setiap Pasukan yang Bantu YPG di Afrin

“Tak ada yang bisa menghentikan pasukan Turki,” tegasnya.

Selasa, 20/02/2018 08:34 0

Suriah

Milisi Loyalis Rezim Assad Bersiap Masuk Afrin

SANA menekankan bahwa pasukan ini untuk mendukung milisi YPG menghadapi agresi militer Turki.

Selasa, 20/02/2018 07:10 0

Pakistan

Lashkar-e-Taiba dan Jaish-e-Muhammad Serang Pasukan India

Kedua serangan menargetkan fasilitas militer India. Dilaporkan, 6 personil keamanan tewas dan seorang warga menjadi korban collateral damage.

Selasa, 20/02/2018 06:09 0

Close