... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Perang Tipu Daya dan Isu Kepulangan Habib Rizieq

Foto: Habib Rizieq Syihab

KIBLAT.NET – Sejak jauh-jauh hari, beredar informasi yang luas di media bahwa tokoh Front Pembela Islam, Habib Rizieq Syihab akan pulang pada hari ini, 21 Februari 2017. Menjelang hari H, dibentuklah semacam panitia kepulangan Habib Rizieq. Spanduk-spanduk ditebar di tempat strategis. Tabligh akbar digelar di dekat bandara. Segenap aktivis Islam bahkan didorong untuk berangkat menyambut kepulangannya di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Gegap gempita ini pun ditangkap dengan suka cita oleh komponen Muslim ideologis. Mereka ini kemudian bergerak mengikuti instruksi panitia untuk datang menjemput kepulangan Habib Rizieq. Padahal sebelumnya, sudah beredar pula penjelasan dari Habib Rizieq dari tanah pengasingan bahwa kabar kepulangannya masih belum bisa dipastikan.

Baca juga: Inilah Video Penjelasan Habib Rizieq Soal Kepulangannya ke Indonesia

Setelah hari dan waktu yang ditentukan, ternyata semua kabar dan bukti yang mendukung pernyataan Habib Rizieq akan kembali ke tanah air terbantahkan. Massa yang datang jauh-jauh dari daerahnya hanya bisa dibuat kecewa oleh aksi yang dilakukan panitia penjemputan Habib Rizieq.

Slamet Maarif, seseorang yang diklaim sebagai Ketua Persaudaraan Alumni 212 kemudian mengirimkan instruksi kepada seluruh massa umat Islam yang telah hadir ke bandara agar segera kembali ke rumah masing-masing. “Karena Habib Rizieq menunda kepulangannya hari ini,” kata Slamet dalam rekaman suaranya yang beredar di grup wartawan. Padahal satu hari sebelumnya, ia yakin betul bahwa HRS akan segera pulang dan kasus-kasusnya akan segera dipetieskan oleh aparat keamanan.

BACA JUGA  Editorial: Merdeka Bersama Toedjoeh Kata

Baca juga: Update: HRS Batal Pulang ke Indonesia Hari Ini

Setelah isu kepulangan Habib Rizieq terus menerus digulir muncul segudang pertanyaan, apa sebenarnya yang diharapkan oleh orang-orang yang menginginkan agar Habib Rizieq segera pulang? Lalu apa urgensinya bagi Habib Rizieq segera pulang saat ini juga?

Dari forum-forum pembicaraan aktivis Islam, muncul jawaban prematur bahwa isu kepulangan Habib Rizieq ini sengaja dibuat untuk memperdaya aparat keamanan. Desepsi sengaja dibikin untuk menyibukkan para petugas, tapi tak jelas juga apa rencana yang dirancang setelah aparat dibuat sibuk mengurusi isu tersebut.

Satu pertanyaan penting patut jua kita tanyakan. Tepatkah jika kita membuat isu kepulangan Habib Rizieq sebagai langkah desepsi kepada rezim yang selama ini memusuhi beliau?

Saat ini menjadi penting bagi kita untuk memahami apa itu desepsi atau tipu daya. Dalam sebuah riwayat yang terkenal dari sahabat Jabir radiyallahu anhu, Nabi SAW pernah bersabda. “Perang itu tipu daya.” Hadits tersebut diriwayatkan melalui banyak jalur, dan telah teruji kesahihannya, baik oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dalam kitab Fathul Bari, (VI/158) Ibnu Hajar menjelaskan makna tipu daya ini dengan gamblang. Menurutnya: “Asal dari tipu daya adalah menampakkan hal yang berbeda dari sebenarnya. Hadits ini berisi peringatan untuk selalu waspada dalam perang dan anjuran untuk menipu orang kafir, siapa yang tidak menyadari tipudaya besar kemungkinan akan terkena dampak negatifnya.

BACA JUGA  Pria Kulit Putih Bersenjata Meneror Masjid di Norwegia, Seorang Muslim Terluka

Sementara, dalam kitab yang sama, Ibnul Munir berkata: “Makna perang adalah tipu daya artinya: Perang yang cantik dan dilakukan oleh pelaku yang handal adalah yang menggunakan tipu daya, bukan semata saling berhadap-hadapan, sebab perang frontal tinggi resikonya sedangkan tipudaya dapat dilakukan tanpa resiko bahaya.”

Penjelasan dari dua ulama ini mengisyaratkan dua makna yang mudah dipahami. Pertama, tipu daya dilakukan dengan tujuan menyasar musuh. Bukan kawan sendiri. Hal ini juga bisa dipahami sebaliknya, bahwa musuh-musuh dalam perang punya niat yang sangat besar untuk melakukan desepsi sehingga kita harus mewaspadai tipu daya musuh.

Baca halaman selanjutnya: Sementara dalam pengertian...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Perang Tipu Daya dan Isu Kepulangan Habib Rizieq”

  1. adibudi

    Hehehe…bandingkan dengan Ustad Abu Bakar Ba’asyir, beliau lah ulama sholih, gak usah habib habib an, imam besar, tholabus syuhroh penyakit kita saat ini.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Mencekam, Begini Kondisi Warga Suriah di Ghouta Timur

Di tengah derasnya serangan rezim Assad, warga di Ghouta Timur menyatakan bahwa rezim Assad belum berhenti menggempur wilayah tersebut.

Rabu, 21/02/2018 14:29 0

Indonesia

Amien Rais: Di Balik Kasus Penyerangan Ulama Ada Siluman

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais mempertanyakan kinerja Polri dalam mengusut dalang di balik kasus penyerangan terhadap ulama.

Rabu, 21/02/2018 13:31 0

Video Kajian

Konsep Unggul, Tapi Umat Kalah, Mengapa?

KIBLAT.NET – Konsep Unggul, Tapi Umat Kalah, Mengapa? Bila dibandingkan, menurut penjelasan Ustadz Farid, umat...

Rabu, 21/02/2018 13:17 0

Indonesia

Kasus Penyerangan Ulama Tak Kunjung Tuntas, API Jabar Ultimatum Kapolri

Aliansi Pergerakan Islam (API) Jawa Barat mendesak Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mundur jika tidak bisa menuntaskan kasus penyerangan terhadap ulama yang semakin marak.

Rabu, 21/02/2018 12:17 0

Indonesia

Ini yang Dilakukan TPM Tindaklanjuti Kasus Kematian Jefri

Ardilla, istri almarhum Muhammad Jefri meminta bantuan Tim Pengacara Muslim (TPM) untuk mengusut tuntas kematian suaminya yang dinilai janggal.

Rabu, 21/02/2018 11:57 0

Indonesia

100 Lebih Ahli Hukum Akan Berkumpul Bela Habib Rizieq

Advokat GNPF Ulama, Nasrullah Nasution mengungkapkan, ada lebih dari 100 orang pakar hukum yang akan membela Habib Rizieq Syihab.

Rabu, 21/02/2018 11:09 0

Suriah

Milisi Bashar Assad Gak Jadi Masuk Afrin

Kelompok milisi pro rezim Assad yang dikabarkan akan memasuki Afrin mundur sebelum mencapai kota tersebut.

Rabu, 21/02/2018 10:13 0

Indonesia

Update: HRS Batal Pulang ke Indonesia Hari Ini

"Saya ingin menyampaikan amanat sambutan dari Habib Rizieq Syihab yang direkam di Arab Saudi," ungkap Sobri Lubis kepada ratusan massa.

Rabu, 21/02/2018 08:58 0

Indonesia

Dua Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Bersiaga di Soetta

"Sebanyak 2000 personel gabungan TNI, Polri Aviation Security (Avsec) Angkasa Pura II, mas," kata Kepala Sub Bagian Humas Polresta Bandara Soekarno Hatta, Ipda Prayogo saat dikonfirmasi, Rabu (21/2/2018) pagi.

Rabu, 21/02/2018 08:27 0

Suriah

UNICEF: Ghautah Timur Jadi Ladang Bencana Kemanusiaan

"Tidak adakah yang akan memberi keadilan terhadap anak-anak yang terbunuh, ibu mereka, ayah mereka dan orang yang mereka cintai," paparnya pada Selasa (20/02).

Rabu, 21/02/2018 08:07 0

Close