... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penyidik Polri Jadi Saksi Fakta, Pengacara Alfian Tanjung Heran

Foto: Suasana persidangan Alfian Tanjung

KIBLAT.NET, Jakarta- Persidangan pengamat Komunisme, Alfian Tanjung kembali digelar pada hari ini, Rabu (21/02/2018). Kali ini jaksa penuntut umum menghadirkan lima saksi. Empat saksi ahli dan satu saksi fakta.

Saksi fakta yang dihadirkan adalah Davit Permana. Davit merupakan penyidik yang memeriksa Alfian Tanjung pertama kali. Sontak tim penasihat hukum Alfian Tanjung keberatan. Karena seharusnya penyidik menjadi pihak yang independen dan tidak menjadi saksi fakta yang memberatkan terdakwa.

“Dia (penyidik.red) kok bisa jadi saksi. Dia posisinya sebagai apa di sidang ini?,” kata Muhammad Al-Katiri.

Meski demikian, Majelis Hakim tetap memperbolehkan Davit menjadi saksi setelah dia menekankan posisinya dalam persidangan. “Di persidangan merupakan saksi dan bukan sebagai penyidik,” tekan Davit.

Dalam kesaksiannya, Davit membenarkan pengakuan bahwa Alfian Tanjung bahwa cuitannya di sosial media Twitter berdasarkan kata-kata Ribka Tjibtaning Proletariati yang menyatakan bahwa terdapat 20 juta kader PKI yang mendukung PDIP.

Akan tetapi ketika ditanya oleh tim penasihat hukum apakah Ribka Tjibtaning juga dipanggil untuk diperiksa, Davit menjawab bahwa dirinya tidak memanggil Ribka.

“Kami tidak memanggil,” kata Davit.

Hal ini menurut tim penasihat hukum Alfian Tanjung, berarti Davit sebagai penyidik mengabaikan bukti dan kurang mendalami keterangan yang disampaikan Alfian Tanjung dan hanya berdasarkan data dari pelapor.

Davit beralasan bahwa dirinya hanyalah penyidik pembantu dan tidak mendapatkan instruksi untuk memperdalam penyidikan dengan memanggil Ribka.

BACA JUGA  Marak Penistaan Syiar Islam, IUMS: Mana Suara Kelompok Pembela Kebebasan

“Tidak ada (perintah untuk memanggil Ribka.red),” ujar Davit dalam persidangan.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fahira Idris Ingatkan Infrastruktur Jangan untuk ‘Jualan’ Keberhasilan

Maraknya kecelakaan konstruksi belakangan ini, menjadi sorotan sekaligus catatan buruk pemerintah. Pasalnya, kecelakaan dalam pengerjaan infrastruktur kerap menimbulkan korban jiwa dan merugikan publik.

Rabu, 21/02/2018 20:06 0

Indonesia

Mabes Polri Janji Ungkap Kasus Rekayasa Orang Gila Serang Ulama 2 Minggu Lagi

Kabareskrim Mabes Polri berjanji mengungkap kasus serangan ulama oleh orang gila dalam dua minggu

Rabu, 21/02/2018 19:04 0

Analisis

Perang Tipu Daya dan Isu Kepulangan Habib Rizieq

Penjelasan Sun Tzu, lagi-lagi membuat kita terpaksa mengerti bahwa sasaran tipu daya itu adalah lawan, bukan kawan kita sendiri. Sehingga untuk merencanakan sebuah gerakan desepsi perlu sebuah skenario yang utuh dan perencanaan yang matang.

Rabu, 21/02/2018 16:13 1

Indonesia

Amien Rais: Di Balik Kasus Penyerangan Ulama Ada Siluman

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais mempertanyakan kinerja Polri dalam mengusut dalang di balik kasus penyerangan terhadap ulama.

Rabu, 21/02/2018 13:31 0

Video Kajian

Konsep Unggul, Tapi Umat Kalah, Mengapa?

KIBLAT.NET – Konsep Unggul, Tapi Umat Kalah, Mengapa? Bila dibandingkan, menurut penjelasan Ustadz Farid, umat...

Rabu, 21/02/2018 13:17 0

Indonesia

Kasus Penyerangan Ulama Tak Kunjung Tuntas, API Jabar Ultimatum Kapolri

Aliansi Pergerakan Islam (API) Jawa Barat mendesak Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mundur jika tidak bisa menuntaskan kasus penyerangan terhadap ulama yang semakin marak.

Rabu, 21/02/2018 12:17 0

Indonesia

Ini yang Dilakukan TPM Tindaklanjuti Kasus Kematian Jefri

Ardilla, istri almarhum Muhammad Jefri meminta bantuan Tim Pengacara Muslim (TPM) untuk mengusut tuntas kematian suaminya yang dinilai janggal.

Rabu, 21/02/2018 11:57 0

Indonesia

100 Lebih Ahli Hukum Akan Berkumpul Bela Habib Rizieq

Advokat GNPF Ulama, Nasrullah Nasution mengungkapkan, ada lebih dari 100 orang pakar hukum yang akan membela Habib Rizieq Syihab.

Rabu, 21/02/2018 11:09 0

Indonesia

Update: HRS Batal Pulang ke Indonesia Hari Ini

"Saya ingin menyampaikan amanat sambutan dari Habib Rizieq Syihab yang direkam di Arab Saudi," ungkap Sobri Lubis kepada ratusan massa.

Rabu, 21/02/2018 08:58 0

Indonesia

Dua Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Bersiaga di Soetta

"Sebanyak 2000 personel gabungan TNI, Polri Aviation Security (Avsec) Angkasa Pura II, mas," kata Kepala Sub Bagian Humas Polresta Bandara Soekarno Hatta, Ipda Prayogo saat dikonfirmasi, Rabu (21/2/2018) pagi.

Rabu, 21/02/2018 08:27 0

Close