... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kyai Ma’ruf Amin Berharap Baznas Hanya Gunakan Fatwa MUI

Foto: Pendistribusian Zakat Baznas Melalui Laz di MUI.tgl: 19/02/2018 (Foto: Sandi/Kemenag )

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin menyampaikan pesan khusus kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Pesan ini disampaikan KH Ma’ruf saat memberikan sambutan pada acara Pendistribusian Zakat Baznas Melalui LAZ.

Seperti dikutip dari laman resmi Kemenag,  KH Ma’ruf meminta tiga hal yang bisa dilakukan BAZNAS dalam rangka mengoptimalisasi potensi zakat. Pertama, BAZNAS sebagai lembaga yang ditugaskan negara untuk mengurus zakat harus menjalankan kelembagaan zakat secara baik.

“Penting bagi BAZNAS untuk mengatur kelembagaan sehingga sinkron dengan lembaga lain seperti Lembaga Amil Zakat (LAZ) milik ormas Islam,” kata KH. Ma’ruf Amin di Kantor MUI, Senin (19/02/2018).

“Kita ingin kelembagaan zakat bisa diatur sedemikian rupa sehingga efektif tidak terjadi benturan dan berjalan dengan baik,” sambungnya..

Sehubungan itu, KH Ma’ruf Amin meminta BAZNAS melakukan perbaikan manajemen dan personalia, utamanya di daerah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan tes kelayakan pengurus BAZNAS di daerah.

“Pengurus BAZNAS pusat pembentukannya melalui proses yang sangat bagus. Cuman belum tahu pengurus BAZNAS di daerah,” katanya.

Pesan kedua, BAZNAS diharapkan hanya menggunakan Fatwa MUI. KH Ma’ruf berharap tidak ada fatwa yang diperbolehkan selain dari MUI. Hal ini tidak lepas dari posisi MUI sebagai representasi (perwakilan) ormas ormas Islam di Indonesia.

“Sehingga, fatwa MUI adalah fatwa yang disetujui semua (perwakilan) ormas Islam yang tergabung di MUI. Selain faktor keterwakilan, fatwa MUI juga dirumuskan oleh anggota MUI yang kompeten di bidangnya,” tutur KH Ma’ruf Amin.

BACA JUGA  BJ Habibie Wafat, Ulama dan Tokoh Sampaikan Duka Cita

Pesan ketiga, MUI menghendaki adanya kapitalisasi zakat sebagai kekuatan umat. Saat ini, kapitalisasi zakat baru mencapai 3% dan itu masih bisa dikembangkan lagi. Dengan wacana penghimpunan zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim, KH Ma’ruf yakin kapitalisasi zakat akan semakin berkembang.

“Negara sudah menempatkan zakat sebagai sumberdaya keuangan sosial (social financial resources) yang diberikan sukarela oleh umat,” kata KH. Ma’ruf Amin.

“Ormas Islam sekarang mulai sadar dan menata bahwa dia punya potensi berupa umat. Potensi itu bisa dikapitallsasi,” tandasnya.

BAZNAS telah menggandeng Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang berbasis ormas Islam untuk menyalurkan dan mendayagunakan dana zakat. Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo memandang kemitraan dengan LAZ sangat strategis mengingat organ mereka sampai ke tingkat ranting di pedesaan.

Pada tahap awal, kerjasama ini dilakukan dengan lima LAZ Ormas, yaitu: NU, Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Baitul Maal Hidayatulah, dan Persis. Untuk kerja sama dengan 5 ormas Islam ini, Baznas telah mengalokasikan dana sekitar Rp5 miliar.

Sumber: Kemenag
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Al-Qaidah Ajak Rakyat Mesir Lengserkan Abdel Fattah El-Sisi

Dalam rilis keduanya pekan ini, pejuang-pejuang Islamis Mesir menampilkan pernyataan pemimpin Al-Qaidah Dr. Aiman Adz-Dzawahiri yang mendesak rakyat Mesir untuk melengserkan El-Sisi

Senin, 19/02/2018 16:36 0

Video Kajian

Manusia Lebik Buruk daripada Hewan, Kok Bisa?

KIBLAT.NET – Manusia Lebik Buruk daripada Hewan, Kok Bisa? Manusia mulia karena dibekali dengan akal...

Senin, 19/02/2018 11:46 0

Info Event

Hadirilah! Kajian “Hidup Ala Rasulullah” Bersama Ust. Haikal Hassan di Bogor

Hadirilah! Kajian "Hidup Ala Rasulullah" Bersama Ust. Haikal Hassan di Masjid Ar-Rahman, JL. Banbarung Raya No.1 Tegal Gundil Bogor Utara, Kota Bogor. Terbuka untuk umum (ikhwan dan akhwat). 

Senin, 19/02/2018 11:46 0

Afrika

Warga Tunisia Gelar Demo Besar, Tolak Penjajahan Israel

KIBLAT.NET, Tunis – Warga Tunisia menggelar aksi protes menentang pendudukan Israel terhadap Palestina. Protes itu...

Senin, 19/02/2018 11:26 0

Suriah

Ahrar Al-Syam dan Nurudin Zanky Melebur Jadi JTS

Gerakan Ahrar Al-Syam Al-Islamiyah dan Nurudin Zanky, Ahad (18/02), mengumumkan melebur menjadi satu kekuatan gerakan oposisi Suriah. Dua gerakan oposisi Suriah ini bersatu di bawah nama Jabhah Tahrir Suriah (Front Pembebasan Suriah).

Senin, 19/02/2018 08:17 0

Suriah

Kurdi YPG Izinkan Militer Suriah Masuk Afrin untuk Bantu Hadapi Turki

Milisi Kurdi YPG dan rezim Suriah baru-baru ini menjalin kesepakatan terkait operasi militer di Kota Afrin, yang saat ini menyaksikan pertempuran sengit antara YPG dan militer Turki yang didukung oleh oposisi Suriah.

Senin, 19/02/2018 06:43 0

News

Maneger Nasution: Sulit Memahami Teror ‘Orang Gila’ Murni Kriminal

Maneger juga menyebutkan, dengan banyaknya tokoh agama yang diteror oleh 'orang gila' menimbulkan opini di publik bahwa peristiwa ini sengaja diciptakan. Sebab, peristiwa tersebut berlangsung secara terus-menerus.

Ahad, 18/02/2018 21:58 0

Palestina

Jet Israel Serang Gaza Pasca Ledakan di Perbatasan

Setelah empat tentaranya terluka akibat bom rakitan yang meledak di daerah perbatasan, Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza. Jet-jet tempur Israel mengempur Jalur Gaza pada Sabtu (17/02/2018).

Ahad, 18/02/2018 20:33 0

Tazkiyah

Inilah 7 Tempat yang Dicintai Nabi Muhammad SAW

Di tempat-tempat mulia inilah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam memanjatkan doa. 

Ahad, 18/02/2018 10:57 0

Suriah

Milisi YPG Berjuang untuk PKK, Bukan Kurdi Suriah

Seorang politisi Kurdi mengatakan bahwa milisi YPG mewakili kepentingan PKK, bukan orang Kurdi Suriah.

Ahad, 18/02/2018 09:20 0

Close