... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tertipu Agen Tiket, Kepulangan Jemaah Umrah Tertunda

Foto: Tertipu Agen Tiket, Jemaah Umrah Tertunda Pulang

KIBLAT.NET, Jeddah – Jemaah umrah asal Bandung terpaksa menunda kepulangannya ke Indonesia. Sayangnya, mereka harus bertahan lebih lama lagi di hotel transit dekat masjid Qishash Jeddah dengan biaya dari kantong sendiri.

Tergambar wajah cemas diantara para jemaah tersebut karena dirundung rasa khawatir, dan keluarga serta sanak saudara mulai banyak yang menanyakan kabar dan kapan mereka pulang. Beruntung owner travel yang memberangkatkan mereka dengan setia mendampingi dan mengusahakan tiket pulang hingga menggunakan dana pribadi diluar biaya operasional.

Ada sebelas (11) orang yang diberangkatkan umrah oleh PT Barokah Indogroup. Hingga tim investigasi Kantor Teknis Urusan Haji (TUH) KJRI mendapat tugas dari Konsul Haji Ahmad Dumyathi Bashori untuk mengunjungi mereka pada Rabu (14/02/2018), tinggal 5 orang yang sedang berusaha mencari solusi untuk bisa kembali ke kampung halaman.

“Enam orang lainnya sudah mendapatkan tiket dan sudah di bandara,” ujar Abdurrahman yang ditugaskan perusahaan travel tersebut sebagai muthowif (pembimbing ibadah, red).

“Insya Allah dua orang lagi akan menyusul berangkat pulang juga,” kata Ina Nurhalita(49) pemilik travel umroh ini. “Yang tiga orang lagi kita masih mengusahakan pembiayaan untuk pembelian tiket, sebagian uang sudah ditransfer dari Indonesia,” lanjut pemilik travel yang sudah beroperasi sejak 2011 lalu.

Pada kesempatan yang sama, Ina juga menyampaikan bahwa baru kali ini travelnya mengalami masalah pada pemulangan jemaahnya. Perusahaannya sudah memberangkatkann Jemaah umrah rata-rata 150-an orang dalam sebulan.

BACA JUGA  Kemenag: Perusahaan Marketplace Dilarang Berangkatkan Jamaah

“Biasanya, untuk pembelian tiket, kita mempercayakan kepada agen resmi maskapai penerbangan. Kali ini kami mencoba mengusahakan tiket dari jalur lain yang menurut informasi harganya lebih terjangkau, tapi yang terjadi diluar dari yang kami rencanakan. Kami sudah mentransfer uang sejumlah Rp.167.500.000 kepada Bambang (agen tiket, red), tetapi tidak ada kabar pasti kapan pemberangkatannya. Kemudian kami menghubungi Santi, dan menjanjikan tiket dengan Air Asia seharga 7 jutaan,” ujar Ina.

”Akan tetapi dana yang kami siapkan malah digunakan untuk memberangkatkan jemaah lain, dan kemudian dia (Santi dan Bambang, red) sulit dihubungi. Mungkin sudah di blokir nomer saya,” lanjutnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemilik travel tersebut untuk memulangkan jemaahnya. “Kami sudah mengusahakan yang terbaik untuk jemaah kami supaya bisa segera pulang. Kami sudah menjual perhiasan untuk menutupi kekurangan biaya hidup di sini dan pembelian tiket”, ujarnya dengan berlinang airmata.

Sementara pemilik travel mengusahakan pemulangan jamaahnya dengan segala keterbatasan ketika berada di luar negeri, waktu tinggal di hotel transit pun sudah habis, dengan batas pembiayaan ekstra. Tim investigasi kemudian mengkoordinasikan dengan pimpinan TUH KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Bashori, dan Staf Teknis Haji (STH) 3 Akhmad Jauhari mengarahkan untuk segera mengevakuasi ke wisma haji. Ekspresi lega pun terpancar pada jemaah umroh, begitu juga pemilik travel yang berterimakasih kepada TUH KJRI Jeddah yang turut membantu dan mencarikan solusi. “Kami berterima kasih kepada KUH yang proaktif membantu jemaah kami mencari solusi,” pungkasnya.

BACA JUGA  Muhammadiyah: Kalau Majelis Taklim Harus Didaftar, Lama-lama Seperti Gereja

Sumber: Kantor Urusan Haji
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Inilah 7 Tempat yang Dicintai Nabi Muhammad SAW

Di tempat-tempat mulia inilah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam memanjatkan doa. 

Ahad, 18/02/2018 10:57 0

Suriah

Milisi YPG Berjuang untuk PKK, Bukan Kurdi Suriah

Seorang politisi Kurdi mengatakan bahwa milisi YPG mewakili kepentingan PKK, bukan orang Kurdi Suriah.

Ahad, 18/02/2018 09:20 0

Palestina

Hamas: Rakyat Palestina Tolak Rencana “Perdamaian” AS

Moussa Abu Marzouk mengatakan bahwa rakyat Palestina tidak pernah bersatu dalam proyek apapun, kecuali "perlawanan".

Ahad, 18/02/2018 08:48 0

Afghanistan

Musim Dingin, Taliban Gencarkan Operasi-operasi Pembebasan

Serangan-serangan masif dan mematikan tiada henti terus dilancarkan Mujahidin Imarah Islam (Taliban) terhadap pasukan penjajah asing beserta antek-antek sekutu lokal mereka di seluruh Afghanistan.

Ahad, 18/02/2018 08:13 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Goyahnya Tata Dunia Liberal

Kini, revolusi melawan tatanan internasional liberal yang dibentuk pasca Perang Dunia II mulai berlangsung. Mulai dari kelompok fundamentalis Islam, kelompok etno nasionalis yang melawan Uni Eropa, hingga munculnya demokrasi illiberal di Eropa Timur.

Sabtu, 17/02/2018 17:46 0

Artikel

Di Balik Propaganda “Internasionalisasi Dua Tanah Suci” ala Iran

unia saat ini diguncangkan oleh propaganda internasionalisasi dua Tanah Suci yakni Makkah dan Madinah. Propaganda internasionalisasi Makkah dan Madinah ini bukanlah hal yang baru. Pada dekade 80-an propoganda pernah dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini.

Sabtu, 17/02/2018 17:26 1

Eropa

Masuk Islam, Alasan Politisi Jerman Ini Bikin Tercengang

Politisi dari Partai Alternative for Germany (AfD) mengejutkan rekan-rekannya dengan keputusannya masuk Islam. Arthur Wagner juga menjadi berita utama di seluruh dunia setelah diketahui ia menjadi muallaf.

Sabtu, 17/02/2018 12:40 0

Myanmar

Di Twitter, Ronaldo Suarakan Dukungan untuk Rohingya

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo berbagi gambar di Twitter sebagai dukungan untuk anak-anak Rohingya.

Sabtu, 17/02/2018 12:06 0

Myanmar

Laporan Terbaru, Ratusan Desa Rohingya di Rakhine Hancur Total

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat kerena kekerasan oleh militer dan gerombolan Buddha Myanmar.

Sabtu, 17/02/2018 11:38 0

Myanmar

Ajak Bantu Etnis Rohingya, Ronaldo Didoakan dapat Hidayah

"Satu dunia dimana kita semua mencintai anak-anak kita. Mohon bantu #Rohingya #Refugee," kata Ronaldo

Sabtu, 17/02/2018 11:00 0

Close