... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Inilah 7 Tempat yang Dicintai Nabi Muhammad SAW

Foto: Suasana di salah-satu sudut Masjid Nabawi, Madinah Al-Munawarah pada 24 Agustus 2017 (foto: Tony Syarqi)

KIBLAT.NET – Masjid menjadi tempat favorit bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di sana beliau memanjatkan doa, baik bag diri maupun umatnya. Selain itu, ada sejumlah tempat lain yang disukai Rasulullah. Berikut ulasannya:

Satu: Masjidil Haram di Mekkah Al-Mukarramah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan bahwa sebuah doa di Masjidil Haram bernilai 100.000 doa di masjid lainnya. Beliau juga bersabda, “Demi Allah. Engkau (Mekkah) adalah sebaik-baik (tanah) bumi, dan bumi Allah yang paling dicintai-Nya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu).” (HR. Tirmidzi)

Dua: Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawwarah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda, “Ya Allah! Jadikan kami mencintai Madinah sama seperti kita mencintai Mekkah atau bahkan lebih.” (HR. Bukhari)

Tiga: Masjid Al-Aqsa di Yerusalem

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam memimpin semua nabi dalam shalat di Masjid Al-Aqsa pada malam perjalanan yang menakjubkan dari Isra’ menuju Mi’raj.

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

Empat: Masjid Quba di Madinah

Ini adalah masjid pertama yang dibangun dalam Islam oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah.” (HR. Ibnu Majah dan lainnya)

3. Gunung Uhud di Madinah

Saat berdiri di Gunung Uhud bersama para sahabatnya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Gunung ini mencintai kita dan kita mencintainya pula.” (HR. Bukhari)

4. Al-Baqi, Tempat Pemakaman di Madinah

Al-Baqi adalah tempat pemakaman sekitar 10.000 sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau biasa mengunjungi makam mereka dan berdoa untuk orang-orang yang dikuburkan di dalamnya. Di antara doa beliau adalah:

“Semoga selamat wahai orang beriman. Apa yang telah dijanjikan telah datang kepada Anda.”

” Ya Allah, maafkan penduduk Baqi ‘Al-Gharqad.”

5. Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Antara rumah dan mimbar saya ada taman kebun surga, dan mimbar saya ada di tangki air mancur saya (yaitu Al-Kautsar).” (HR. Tirmidzi)

Sumber: Al-Arabiya, Al-Manhaj
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Milisi YPG Berjuang untuk PKK, Bukan Kurdi Suriah

Seorang politisi Kurdi mengatakan bahwa milisi YPG mewakili kepentingan PKK, bukan orang Kurdi Suriah.

Ahad, 18/02/2018 09:20 0

Palestina

Hamas: Rakyat Palestina Tolak Rencana “Perdamaian” AS

Moussa Abu Marzouk mengatakan bahwa rakyat Palestina tidak pernah bersatu dalam proyek apapun, kecuali "perlawanan".

Ahad, 18/02/2018 08:48 0

Afghanistan

Musim Dingin, Taliban Gencarkan Operasi-operasi Pembebasan

Serangan-serangan masif dan mematikan tiada henti terus dilancarkan Mujahidin Imarah Islam (Taliban) terhadap pasukan penjajah asing beserta antek-antek sekutu lokal mereka di seluruh Afghanistan.

Ahad, 18/02/2018 08:13 0

Indonesia

Inilah Video Penjelasan Habib Rizieq Soal Kepulangannya ke Indonesia

Imam Besar Front Fembela Islam Habib Riziq Syihab belakangan ini gencar diisukan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 21 Februari 2018.

Sabtu, 17/02/2018 19:32 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Goyahnya Tata Dunia Liberal

Kini, revolusi melawan tatanan internasional liberal yang dibentuk pasca Perang Dunia II mulai berlangsung. Mulai dari kelompok fundamentalis Islam, kelompok etno nasionalis yang melawan Uni Eropa, hingga munculnya demokrasi illiberal di Eropa Timur.

Sabtu, 17/02/2018 17:46 0

Artikel

Di Balik Propaganda “Internasionalisasi Dua Tanah Suci” ala Iran

unia saat ini diguncangkan oleh propaganda internasionalisasi dua Tanah Suci yakni Makkah dan Madinah. Propaganda internasionalisasi Makkah dan Madinah ini bukanlah hal yang baru. Pada dekade 80-an propoganda pernah dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini.

Sabtu, 17/02/2018 17:26 1

Indonesia

Ganjal Ekspor Mobil Indonesia, Vietnam Terbitkan Regulasi Baru

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan menyampaikan Indonesia tengah menyiapkan strategi...

Sabtu, 17/02/2018 17:02 0

Indonesia

Kata Polisi, Hanya Keluarga Kandung yang Berhak Ajukan Autopsi MJ

Lalu, perihal bukti klaim Polri yang menyatakan bahwa Jenazah MJ tidak ada luka atau akibat dari kekerasan, Setyo tidak bisa menunjukkan bukti seperti foto atau rekaman video yang menggambarkan jenazah MJ.

Sabtu, 17/02/2018 15:23 0

Indonesia

Duh, Densus 88 Hanya Berikan Uang Sogok Rp40 Juta untuk Keluarga MJ

Pakar terorisme Mustofa B Nahrawardaya, mengatakan ada dugaan pemberian uang dari aparat kepada keluarga almarhum MJ, korban tembak mati Densus 88 di luar pengadilan.

Sabtu, 17/02/2018 14:19 0

Indonesia

Polisi Benarkan Jefri Sudah Tak Bernyawa saat Tiba di Klinik

Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Kombes M Iqbal mengatakan bahwa tersangka tindak pidana terorisme Indramayu, Muhammad Jefri, sudah meninggal sebelum sampai di klinik untuk mendapat perawatan medis.

Sabtu, 17/02/2018 14:14 0

Close